7 Fakta Unik Benua Antartika yang Tak Banyak Diketahui Orang

Mendengar kata Antartika apa yang ada di pikiran anda? Es? Beku? Tidak ada kehidupan? Ya, Antartika memanglah benua yang hampir semuanya permukaannya ditutupi oleh es. Manusia tidak akan mampu bertahan di tempat ini lama-lama kecuali berada di dalam ruangan. Selain es dan beku apa lagi yang anda tahu tentang Antartika?

Baca juga: Sebutan 6 Benua Berdasarkan Warna dan Alasannya

Benua yang berada di kutub selatan ini memang banyak misteri. Bahkan beberapa hal unik sering ditemukan hingga membuat banyak orang terperangah tidak percaya. Inilah tujuh keunikan Benua Antartika yang tak banyak diketahui orang. Mari kita simak sama-sama!

1. Benua Antartika Adalah Gurun

Benua Antartika

Kita selalu beranggapan jika gurun adalah sesuatu yang berhubungan dengan panas. Banyak pasir yang beterbangan hingga tempat hewan seperti unta hidup. Di dunia ini, nyaris semua gurun memanglah kering seperti itu. Sebut saja Gurun Gobi, dan Gurun Sahara. Tapi, di Antartika, gurun adalah padang kering yang dingin.

Meski merupakan gurun, tapi hampir semua bagian dari gurun ini berisi air segar. Air yang masih bersih dan belum terkontaminasi apa-apa. Ilmuwan bahkan menyebutkan jika 70% air segar dan bersih terdapat di benua yang dinginnya bisa membuat orang membeku.

2. Antartika Adalah Benua Paling Dingin, Berangin, Tinggi, dan Super Kering

salju Antartika

Suhu paling tinggi di Antartika yang pernah dicatat dalam sejarah adalah 17 derajat Celcius. Itu pun terjadi di tahun 2015 ini dan diperkirakan akibat pemanasan global. Selebihnya suhu di tempat ini selalu minus puluhan derajat Celcius. Bisa dibayangkan betapa dinginnya.

Benua ini juga memiliki angin yang sangat kencang. Beberapa bagian bahkan tak bisa diselidiki karena angin yang besar merusak banyak sekali peralatan. Selain itu beberapa permukaan dari benua merupakan pegunungan dataran tinggi. Lembah yang terjebak di tengahnya menjadi sangat kering hingga tidak memungkinkan adanya makhluk hidup untuk bertahan.

3. Udara Super Dingin Bisa Memecahkan Besi dan Meledakkan Air

Antartika Dingin

Dalam hari-hari normal, suhu di Antartika mencapai – 50 derajat Celcius. Suhu yang dinginnya sangat ekstrem ini mampu membuat sebuah besi pecah dan hancur. Proses ini mampu berjalan dengan cepat hingga banyak alat yang dibawa ke sana mengalami kerusakan. Biasanya ilmuwan akan mengganti secara berkala peralatan yang digunakan di sana untuk menghindari kecelakaan.

Suhu yang sangat ekstrem ini juga mampu membuat air membeku dengan cepat. Bahkan meledak dan menghasilkan kristal es yang sangat keras. Jika manusia di lempar ke padang di Antartika, dalam waktu yang sangat singkat ia akan membeku. Bahkan darah dan seluruh isi tubuhnya bisa menjadi es.

4. Hanya 2% Benua yang Mampu Diselidiki Manusia

Penguin Antartika

Benua Antartika memiliki luas sebesar 14 juta kilometer persegi. Dari luas yang sangat besar ini hanya 2% yang mampu dijangkau oleh manusia. Sisanya masih dibiarkan karena tak ada kekuatan yang mampu menjangkaunya. Bahkan Amerika yang sangat maju pun tak mampu membuat ilmuwannya menguak misteri di benua super beku ini.

Diperkirakan masih banyak hal baru yang ada di Antartika. Bisa jadi ada kehidupan lain di tengah benua yang masih belum tersentuh manusia. Saat ini ilmuwan masih kesulitan dengan udara yang super dingin serta kekuatan angin yang mampu menerbangkan apa saja. Jika Antartika mampu dieksplorasi hingga 100%, mungkin manusia akan mendapatkan sesuatu yang unik.

5. Tempat Paling Berbahaya di Dunia

Orang Antartika

Kekuatan alam yang sangat hebat di Antartika membuat benua ini jadi mematikan. Tidak ada rumah sakit atau orang yang akan menolong anda jika tersesat atau terluka di sini. Pada tahun 1911 ada beberapa orang yang mampu menjelajah dan mendaki Antartika dengan kakinya, namun pada akhirnya mereka tewas saat pulang. Udara dingin membuat tubuh mereka tak mampu bertahan.

Sampai saat ini tidak ada orang yang menetap di sana. Atau bisa dikatakan benua ini 0 penduduk. Meski demikian beberapa peneliti silih berganti mengamati keunikan Antartika. Hal-hal baru masih bayak yang tersembunyi dan menunggu untuk segera dikuak.

6. Benua Tak Berpenghuni Tapi Dibuat Rebutan

Benua Antartika

Secara jelas benua ini tak dimiliki oleh siapa saja. Namun sampai hari ini sudah ada tujuh negara di dunia yang memberi klaim akan kepemilikan beberapa bagian benua. Negara yang membuat klaim akan benua ini adalah Australia, Norwegia, Selandia Baru, Prancis, Chili, Argentina, dan Inggris. Perhatikan gambar di bawah ini!

Ada beberapa bagian besar benua yang belum mendapatkan klaim. Mungkin sebentar lagi ada negara yang mengakuinya. Atau dibiarkan begitu saja karena bagian yang tak diklaim itu adalah zona yang sangat berbahaya. Klaim ini dilakukan untuk memudahkan negara ini melakukan penelitian atau suatu saat menambang sesuatu yang ada di bawah es tebal.

7. Antartika Penuh Radiasi Meski Menyimpan Es Super Banyak

Es Antartika

Saat musim panas tiba, meski di Antartika tak panas, benua ini dipenuhi sinar matahari. Bahkan ilmuwan mengatakan jika radiasi yang diberikan matahari cukup besar. Mengalahkan radiasi sinar matahari yang ada di khatulistiwa. Jika anda berada di luar ruangan, cahaya matahari langsung membakar dan membuat kita rentan terkena kanker kulit.

Meski memiliki radiasi yang tinggi. Di tempat ini menyimpan 90% es dunia. Artinya jika sampai benua ini mencair perlahan-lahan permukaan air laut di dunia akan meningkat dengan tajam. Lalu bencana akan terjadi di berbagai negara. Kita harus menjaga bumi ini agar jangan sampai es di Antartika mencair.

Itulah tujuh fakta unik dari benua Antartika yang tak banyak diketahui orang. Benua ini penuh dengan misteri yang belum terkuak. Semoga ke depannya, satu persatu keunikan Antartika akan mulai dibuka, dan benua super dingin ini mampu ditinggali meski butuh perjuangan yang berat.


loading...

Tags:
Yoga Saputra
Aku biasa aja sih, hanya anak orang biasa yang suka sama hal-hal yang luar biasa !