7 Cara Ampuh Atasi Pikiran Negatif

1192 views

Kebalikan dari pikiran positif, pikiran negatif akan membuatmu merasa depresi. Padahal, belum tentu kenyataannya demikian. Seringnya, hal inilah yang akan menjadi awal pemicu setiap permasalahan yang terjadi. Bukan hanya tidak dapat melihat sisi baik dari suatu kejadian, perasaan pun ikut bertambah buruk, dan performa ikut mengecewakan. Buruknya efek yang bisa dihasilkan oleh sebuah pikiran negatif, berikut ini cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi setiap pikiran negatif yang muncul :

Hadapi Kenyataan

Kesadaran akan kenyataan seringkali ditampik dalam pikiran. Keadaan berkaca pada masa lalu mengenai tragedi buruk yang pernah terjadi, termasuk membayangkan masa depan dengan kemungkinan tidak indah hanya akan membuatmu cemas. Untuk mengatasinya, kamu hanya perlu menyadari, menghadapi dan menjalani kenyataan yang terjadi saat ini, lalu melakukan yang terbaik untuk menemukan sousinya.

Dorong dan Bangun Dirimu Sendiri

Semangat terbaik yang bisa kamu dapatkan adalah dorongan dari dalam dirimu sendiri. Apapun motifnya, temukan cara-cara yang bisa membuatmu menghasilkan aura positif untuk dirimu. Misalnya saja, dengan terus menanamkan keyakinan yang membuatmu merasa kuat dan mampu menjalani sesuatu.

Menerima Kenyataan dan Terus Berusaha

Menerima kenyataan adalah cara ampuh mengatasi pikiran negatif. Jangan mengeluh atau menyesal atas apa yang terjadi, karena hanya membuatmu bertambah buruk. Usahakan untuk memperbaiki keadaan, serta menelusuri apa yang membuatmu berpikiran negatif. Setelahnya kamu bisa memetik pelajaran, dan mampu kembali maju.

Fokus Pada Hal Positif

Ketika berpikiran negatif, kamu tidak akan jauh dari perasaan cemas, takut, serta banyak kemungkinan buruk lainnya. Alhasil, kamu hanya fokus pada keadaan yang tidak dapat kamu jangkau, dan cenderung tidak mensyukuri keadaanmu saat ini. Hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengubah pikiran negatif tersebut. Misalnya dengan membuat catatan khusus berisi hal-hal positif, kejadian-kejadian indah yang berhubungan dengan orang-orang tersayang, dan segala sesuatu yang dapat mengalihkan pikiranmu setiap kali membacanya.

Baca Juga :  Inilah 7 Model Tas Paling Unik Sepanjang Tahun 2016

Lawan Kecemasan

Lawan pemikiran negatif yang muncul dengan menghadapi kecemasan dan ketakutanmu. Tampik segala kemungkinan dalam pikiranmu dengan bersabar menunggu kebenarannya. Melawan kecemasan dengan cara ini membuatmu tidak gegabah dan terburu-buru memutuskan sesuatu yang nantinya malah berakibat fatal.

Cari Kesibukan

Setiap kali muncul pikiran negatif, alihkan pikiranmu dengan mengisinya melalui berbagai kesibukan. Usahakan kamu dapat menyelesaikan segala jenis kesibukanmu dengan baik. Selain terhindar dari pikiran negatif, banyak manfaat lain yang bisa kamu ambil nantinya.

Ubah Cara Pandang

Hal yang paling menyesatkan adalah ketika kamu membentuk dirimu melalui pikiran. Pikiran yang buruk bisa mengubahmu menjadi orang yang lebih buruk, sekalipun tidak demikian. Ubah sudut pandangmu dalam memandang sesuatu, lihat dari kemungkinan paling baik yang bisa kamu perkirakan. Biarpun sulit, hal seperti ini membantumu lebih kuat dengan menjadikan pikiran negatif sebagai tantangan terbesarmu.


loading...

Wanwan Max
Hanyalah orang biasa (bukan luar biasa), pendiam (tapi banyak omong), suka hal-hal yang menarik (ya iya lah, kalo gak menarik gak mungkin suka dong...), dan asik juga kalo diajak ngobrol (kalo udah kenal sih....) apalagi diajak makan-makan bareng... Hehehe... (tapi dibayarin)

Jangan Lewatkan...