Tips Sehat Arus Balik Selama Dalam Perjalanan

819 views

Lebaran telah berlalu, para pemudik berangsur balik kembali. berikut beberapa tips yang dapat membantu para mudikers agar selalu fit selama dalam perjalanan.

1. Tentunya Anda cukup lelah sesudah menjalani arus mudik, dan langsung berlebaran di kampung halaman. Ingat bahwa situasi arus balik juga mungkin akan hampir sama beratnya dengan arus mudik. Karena itu persiapkan diri dengan baik.

Istirahat dan tidur yang cukup, diperlukan sebelum mengemudi. Bagi para penumpang juga perlu badan cukup segar untuk menempuh perjalananan yang sampai ber jam-jam.

2. Kembali siapkan juga makanan dan minuman untuk selama di perjalanan. Kalau toh akan membeli di jalan, maka perhatikan kebersihan penjualnya.

Ingatlah bahwa diare dan sakit perut, merupakan salah satu keluhan dari para pemudik tahun ini beberapa hari yang lalu.

3. Penyakit ISPA merupakan salah satu penyakit utama pada arus mudik tahun ini. Karena itu kalau ada kerumunan banyak orang (di pelabuhan atau stasiun misalnya), kalau sedang batuk/pilek, maka tutuplah mulut ketika batuk (dengan saputangan, atau lengan baju, dan lainnya). Juga sedapat mungkin jangan tertular dari mereka yang sedang batuk pilek.

4. Waktu mau berangkat arus mudik, maka kendaraan biasanya sudah di cek, baik di bengkel ataupun di cek sendiri. Karena itu untuk arus balik ini juga sama jauhnya, maka sebelum berangkat arus balik maka ceklah kelaikan kendaraan Anda, agar aman di jalan.

Ingat, kecelakaan lalu lintas dapat terjadi karena 4 hal, yaitu pertama, karena pengemudi yang lelah, mengantuk, tidak mematuhi rambu lalu lintas.

Kedua, karena kendaraan, kondisi tidak baik. Ketiga, karena situasi jalan, dan keempat karena keadaan cuaca.

5. Pola makan selama berlebaran di kampung halaman bisa jadi tidak terlalu baik, bisa terlalu banyak lemak, atau terlalu banyak makan, dan lainnya.

Oleh karena itu sekembalinya ke rumah, sambil langsung bekerja, maka diingatkan tiga pesan berikut. Pertama, pola makan seyogyanya kembali diatur agar sehat dan seimbang.

Kedua, lakukan olah raga secara teratur. Ketiga, bila perlu lakukan cek kesehatan/laboratorium, untuk melihat kemungkinan dampak kelelahan mudik dan balik, serta pola makan beberapa hari ini yang tidak terkontrol dengan baik.


loading...

Tags:
Wanwan Max

Hanyalah orang biasa (bukan luar biasa), pendiam (tapi banyak omong), suka hal-hal yang menarik (ya iya lah, kalo gak menarik gak mungkin suka dong…), dan asik juga kalo diajak ngobrol (kalo udah kenal sih….) apalagi diajak makan-makan bareng… Hehehe… (tapi dibayarin)