Tips Sederhana Mudah Bangun Untuk Sahur

1644 views

Telat sahur, belum persiapan, ternyata udah imsak, karena tidak sahur badan menjadi lebih lemas dari biasanya. Kejadian seperti ini pasti tidak sedikit yang mengalami setiap memasuki bulan puasa. Bagi sebagian orang yang memiliki jam biologis sangat tidak teratur, bangun jam 3 pagi untuk makan sahur tentu saja menjadi suatu hal yang sangat sulit untuk dilakukan.

Agar tetap bisa menunaikan ibadah puasa sebulan penuh dengan bangun sahur yang berkualitas ikuti beberapa tips berguna dari Magelang Online. Tips ini sangat mudah untuk dilakukan dan pasti akan sangat membantu bagi yang susah sekali untuk bangun sahur.

1. Tidur Lebih Awal

Bulan Ramadhan tahun ini memang bertepatan dengan pesta akbar sepakbola yaitu Piala Dunia 2014. Bagi maniak bola sanga rugi sekali kalau melewatkan 1 pertandingan saja. Tetapi jika bangun sahur menjadi hal yang pasti lebih penting daripada sepakbola karena berpengaruh terhadap kesehatan tubuh maka ada baiknya tetap mengatur jam tidur. Tidur lebih awal akan sangat membantu untuk lebih muda bangun sahur. Jika memang pertandingan bola ternyata sangat penting ada baiknya tidur lebih awal dan menonton pertandingan ulangnya. Hindari begadang karena ketika mendekati waktu sarung makan rasa kantuk akan semakin menjadi-jadi.

2. Sugesti Diri Sendiri

Sebelum tidur coba katakan dalam batin diri sendiri untuk harus bangun pada jam sahur. Hal ini untuk memerintahkan pikiran bawah sadar agar membangunkan tubuh pada jam tersebut.

3. Letakkan Alarm Jauh Dari jangkauan

Alarm pada HP atau jam beker terkadang kurang ampuh untuk membangunkan. Tentu saja karena setiap alarm ini berbunyi makan kebanyakan yang dilakukan adalah mematikan alarm sambil tetap merem lalu melanjutkan untuk tidur. Cara paling ampuh untuk mengatasi ini adalah letakkan alarm jauh dari jangkauan tangan. Ketika alarm berada jauh dari jangkauan tangan makan mau tidak mau harus berdiri untuk mematikan alarm tersebut.

3. Minta Dibangunkan

Tips bangun sahur ini bisa dikatakan sebagai cara paling ampuh namun juga riskan. Kenapa demikian karena jika yang membangunkan adalah orang yang terbiasa bangun pagi maka tidak masalah karena pasti dia akan bangun untuk sahur. Namun bagaimana jika yang diminta bantuan untuk membangunkan ternyata sama-sama susah untuk bangun. Lebih baik minta tolong ke orang tua bagi yang masih tinggal jadi satu dengan keluarga.

4. Hindari Makanan Berat Sebelum Tidur

Tidur dengan perut kenyang hanya akan mempersulit ritual bangun sahur. Hindari makanan-makanan berat yang mengandung banyak karbohidrat sebelum tidur dan minum banyak air. Lakukan relaksasi dan peregangan sebelum tidur untuk membantu bangun sahur lebih segar.

5. Langung Berdiri Ketika Mendengar Alarm

Langsung mengambil sikap berdiri ketika mendengar alarm ternyata ampuh mengatasi susah bangun. Trik ini sedikit susah dilakukan diawalnya. Namun akan sangat berguna terutama untuk bangun sahur.

6. Niat Puasa Sebelum Tidur

Tidak ada yang mengalahkan kemauan untuk beribadah yang dimulai dengan bangun sahur. Niatkan dalam batin untuk berpuasa di esok hari dengan terlebih dahulu makan sahur. Tekankan dan pikirkan hingga tertidur maka tanpa disadari tubuh akan bangun tepat pada waktu sahur,

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan bagi yang sangat susah untuk bangun sahur. Tips-tips diatas sudah dilakukan banyak orang setiap harinya dan pasti akan sangat berguna bila kalian terapkan juga setiap hari.

Selamat menjalankan ibadah puasa.


loading...

Tags:
Wanwan Max
Hanyalah orang biasa (bukan luar biasa), pendiam (tapi banyak omong), suka hal-hal yang menarik (ya iya lah, kalo gak menarik gak mungkin suka dong...), dan asik juga kalo diajak ngobrol (kalo udah kenal sih....) apalagi diajak makan-makan bareng... Hehehe... (tapi dibayarin)