Tips Mudik Aman Menggunakan Sepeda Motor

794 views

Hari Raya Idul Fitri kian dekat, tradisi yang hanya ada di Indonesia yaitu Mudik pastinya menjadi agenda rutinitas bagi masyarakat tanah air. Inilah menjadi ciri khas yang membedakan masyarakat Indonesia dengan negara lain ketika hari kemenangan tiba.

Jumlah pemudik dari tahun ke tahun semakin meningkat, bahkan diperkirakan pemudik dari ibu kota Jakarta tahun ini dapat mencapai 8,3 juta orang. Dari sekian banyak pemudik tercatat pemudik yang menggunakan sepeda motor lah yang lebih mendominasi selain kendaraan pribadi seperti mobil. Hal ini mengakibatkan sepeda motor dan kendaraan pribadi seperti mobil nantinya akan menjadi prioritas utama ketika mudik berlangsung.

Bagi anda yang menggunakan sepeda motor untuk mudik pastinya keamanan dan kenyamanan saat mudik menjadi prioritas utama, agar aman saat melakukan mudik sebenarnya terdapat 2 hal yang sangat penting ketika anda bermudik yaitu fisik pemudik dan kondisi kendaraan. Dari kedua faktor ini wajib anda perhatikan ketika akan melakukan mudik.

Selain itu terdapat beberapa tips mudik yang aman menggunakan sepeda motor yang wajib anda perhatikan, Nah berikut ini adalah Tips Mudik Aman Menggunakan Sepeda Motor:

  • Persiapkan fisik anda dengan sebaik-baiknya, jika merasa kondisi badan kurang baik sebaiknya jangan memaksakan untuk melakukan mudik karena akan sangat berbahaya ketika menyetir dengan kondisi badan yang tidak prima.
  • Periksa dan persiapkan sepeda motor anda dengan baik dan teliti. Kalau perlu service kendaraan anda sebelum berangkat mudik agar pada saat melakukan mudik kendaraan anda tidak mengalami kendala atau kerusakan. Nah berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan ketika mempersiapkan sepeda motor anda agar aman digunakan saat mudik
    • Periksa oli kendaraan anda, jika perlu ganti oli dengan oli yang baru 
    • Perhatikan rantai sepeda motor anda, rantai motor harus di atur dengan pas yaitu dengan ketegangan 5-25 mm
    • Periksa rem dengan cermat, jika perlu ganti kanvas rem agar rem bekerja lebih optimal
    • Wajib periksa keadaan lampu sepeda motor anda, baik lampu depan maupun belakang. Pastikan lampu dalam keadaan baik dan normal.
  • Gunakan Helm Standart Nasional Indonesia (SNI) dan pakaian yang dapat melindungi tubuh anda agar jika terjadi hal yang tidak di ingininkan dapat mengurangi resiko yang terjadi.
  • Siapkan surat-surat kendaraan, SIM, dan kartu identitas anda.
  • Jangan membawa muatan yang melebihi kapasitas atau yang dapat mengganggu kosentrasi anda dalam menyetir, packing dengan rapi barang bawaan anda.
  • Safety Riding ketika anda melakukan mudik, selalu patuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada.
  • Terakhir ingat baik-baik bahwasanya keluarga anda menanti di rumah, jadi tidak perlu ngebut atau ugal-ugalan yang penting adalah keselamatan anda.

loading...

Tags:
Wanwan Max
Hanyalah orang biasa (bukan luar biasa), pendiam (tapi banyak omong), suka hal-hal yang menarik (ya iya lah, kalo gak menarik gak mungkin suka dong...), dan asik juga kalo diajak ngobrol (kalo udah kenal sih....) apalagi diajak makan-makan bareng... Hehehe... (tapi dibayarin)