Tips Mengawetkan Makanan Ala Anak Kos, Biar Awet dan Tahan Lama

1497 views

Anak kos selalu identik dengan mie instan, obat mag, dan kekurangan gizi Tapi jangan khawatir ane akan memberikan tipsnya. Mengawetkan makanan juga berarti penghematan. Penghematan tak selalu tentang mie instan dan nasi garam Modalnya Cuma butuh heater (pemanas air) dan magic jar (optional tapi rekomended ) Ane jamin 1000000% aman dikonsumsi dan gak pake bahan kimia berbahaya.

1. Nasi Putih

nasi

Makanan pokok orang Indonesia. Kalo gak makan nasi belum afdol rasanya Sebenarnya cara mengawetkan nasi ini tergantung dari tekstur nasinya sendiri. Kalo nasi yang bertekstur agak kering dan tidak menggumpal (biasanya untuk nasi goreng) lebih mudah. Tuangkan saja nasinya di atas piring dan biarkan diangin-anginkan beberapa menit kemudian tutup nasinya karena gak baik membiarkan makanan terbuka gitu aja.

Untuk nasi yang bertekstur agak lembek dan menggumpal, sedikit beda caranya. Tuangkan nasi dalam piring kemudian aduk aduk jangan sampai menggumpal. Kemudian angin-anginkan sampai agak kering nasinya. Ingat gan jangan sampe masih basah nasinya. Kalo mau lebih cepat kipasi aja nasinya pake kipas angin meja Setelah itu beri tutup, karena sekali lagi gak baik membiarkan makanan terbuka gitu aja. Daya tahannya bisa sampe 1 hari 1 malam. Kalo mau lebih enak sebelum dimakan bisa diangetkan dulu pake magic jar.

2. Sate Ayam/Kambing

sate

Masakan yang satu ini identik banget dengan orang Madura Harga di sekitar tempat kos ane 1000/tusuk. Sate bisa untuk makan 2 atau 3 kali. Kalo ane biasa beli 6 tusuk buat 2 kali makan Cara mengawetkannya mudah banget. Pas beli satenya bilang ke yang jual buat misahin sate sama bumbu kacangnya dan inget gan bumbu kacangnya jangan dicampur pake sambal. Taruh sate dan bumbu kacangnya di piring atau wadah berbeda. Dan jangan lupa beri tutup biar gak didatangi cicak Oh iya, kalo bisa gajihnya dimakan aja dulu pokoknya jangan ikutan disimpan. Gajih ini cepet basi gan. Daya tahannya bisa sampe 1 malam (malam-sampe siang).

3. Nasi Goreng

nasgor

Menu ini agak mahal menurut anak kos Harga nasgor di tempat kos ane 9000/bungkus. Ada juga yang 10.000 atau 11.000. Ane sering beli yang 9.000 karena yang jual tiap malem lewat depan kos ane Nasi goreng bisa buat 3 kali makan. Kalo ane lagi gak berduit, 1 bungkus buat ane makan 3 kali dan ane oplos sama nasi putih dimakan sama kerupuk :ngakas Cara mengawetkan nasi goreng gampang banget gan. Tuang aja di piring sambil diaduk-aduk dan angin-anginkan. Yang terpenting buat nasi gorengnya sedingin mungkin gan. Dan seperti biasa beri tutup.

4. Bakso

bakso

Sebenernya yang bisa diawetkan adalah baksonya aja (pentolnya). Karena kuahnya kalo dimakan kelamaan bisa basi dan rasanya gak enak. Kalo di tempat kos ane ada yang jual bakso keliling harganya murah. Beli 5000 bisa buat 2 kali makan Cara mengawetkan gampang banget gan, pisahkan aja bakso (pentol) dengan kuahnya. Kalo mau bikin kuah bakso juga gampang gan. Beli aja bumbu kaldu bubuk yang biasa dijual di warung. Rebus air, campur dengan garam, kaldu bubuk, dan merica (optional). Bakso bisa awet sampe 1 hari loh...

5. Aneka Makanan Yang Di Goreng

gorengan

Telor ceplok, ayam goreng, tahu goreng, dsb, Ini dia makanan yang paling mudah banget diawetkan. Gak usah diapa-apain tinggal ditaruh di wadah. Tapi inget gan yang terpenting kalo dimasukkan wadah tertutup kondisinya jangan masih panas. Didinginkan aja dulu.

Kesimpulan :
1. Jangan pernah mencampur makanan apapun dengan sambal, karena cepat basi
2. Jangan pernah menyimpan makanan yang masih hangat dan basah ke dalam wadah
yang tertutup karena cepat basi
3. Makanan berkuah, seperti sayur mudah basi kalau tidak disimpan di dalam kulkas
4. Apapun makanannya jika ingin awet tanpa menyimpannya di kulkas, pastikan dalam kondisi kering


loading...

Wanwan Max
Hanyalah orang biasa (bukan luar biasa), pendiam (tapi banyak omong), suka hal-hal yang menarik (ya iya lah, kalo gak menarik gak mungkin suka dong...), dan asik juga kalo diajak ngobrol (kalo udah kenal sih....) apalagi diajak makan-makan bareng... Hehehe... (tapi dibayarin)