Tips Mencegah Mata Agar Tidak Minus

1201 views

Mata adalah salah satu indera tubuh yang sangat penting bagi seseorang, karena tanpa mata maka seseorang tidak akan bisa melihat atau mengetahui bagaimana indahnya dunia. Terlepas dari itu, banyak sekali orang-orang yang mengalami berbagai macam penyakit mata, salah satunya mata minus.

Mata minus adalah salah satu penyakit yang membuat si penderita tidak bisa melihat suatu benda atau objek secara jelas atau normal. Mata minus memiliki 2 macam kategori, yakni mata minus rabun jauh yang tidak bisa melihat dengan jelas suatu objek yang berada jauh, dan mata minus rabun dekat yang kebalikan dari minus jauh.

Penyebab seseorang mengalami penyakit mata minus bisa bermacam-macam, akan tetapi penyebab paling umum yang sering terjadi yaitu dikarenakan mata fokus terlalu lama pada suatu objek seperti layar ponsel sehingga otot mata lama kelamaan akan kaku.

Mata minus memang salah satu penyakit mata yang sangat susah untuk disembuhkan jika tanpa tanpa dilakukan operasi, jadi jika anda tidak ingin mengalami suatu kondisi dimana mata anda tidak bisa melihat dengan normal maka lakukanlah pencegahan untuk mencegah mata minus seperti pada info dibawah ini.

1. Menjaga jarak pandang
Ini adalah sebab utama seseorang terkena mata minus rabun dekat, yakni melihat objek seperti menonton televisi secara dekat. Atur lah jarak pandang anda sampai kira-kira 50-100 cm dari layar tv. Selain itu bagi yang suka membaca buku juga usahakan tidak membaca sambil tiduran dan dengan cahaya yang kurang.

2. Konsumsi buah dan sayuran
Jika anda suka atau memang diharuskan bekerja di depan komputer, maka salah satu pencegahan agar mata anda tidak rusak yakni dengan mengkonsumsi buah dan sayuran. Sayuran yang paling direkomendasikan yakni wortel, karena wortel mengandung beta karoten dan juga Vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata.

3. Melatih otot mata
Seperti yang sudah dibahas sebelumnya yaitu salah satu penyebab mata minus disebabkan mata berfokus terlalu lama pada suatu objek seperti layar ponsel sehingga otot mata lama kelamaan akan kaku. jadi untuk mencegahnya dengan melatih otot mata anda, caranya yaitu fokuskan mata anda pada objek yang berada jauh, lalu objek yang dekat. Lakukanlah itu dengan rutin agar otot anda tidak kaku.

4. Istirahatkan mata
Mengistirahatkan mata juga sangat perlu, karena jika terlalu lama maka akan terasa sakit. Pejamkanlah mata untuk beberapa menit atau jam, lalu mulailah pekerjaan anda kembali.
Untuk mencegah mata minus memang sangat mudah, jadi lebih baik gunakan tips diatas dari pada penglihatan anda menjadi terganggu.


loading...

Tags:
Wanwan Max
Hanyalah orang biasa (bukan luar biasa), pendiam (tapi banyak omong), suka hal-hal yang menarik (ya iya lah, kalo gak menarik gak mungkin suka dong...), dan asik juga kalo diajak ngobrol (kalo udah kenal sih....) apalagi diajak makan-makan bareng... Hehehe... (tapi dibayarin)