Tips Hindari Ketiduran Setelah Sahur

2185 views

Sahur merupakan sebuah rutinitas yang musti dilakukan selama mengerjakan ibadah puasa. Dengan melakukan sahur maka kita akan memiliki bekal untuk menjalankan ibadah puasa di siang harinya. Sehingga dengan adanya sahur tubuh akan lebih kuat dalam berpuasa. Insyaallah..

Namun terkadang setelah makan sahur, banyak diantara kita yang mungkin secara tidak sengaja ketiduran. Ketiduran setelah itu bisa saja disebabkan oleh berbagai alasan. Akibatnya kita telat shalat subuh. Dibawah ini sedikit tips untuk menghindari ketiduran setelah makan sahur. Simak infonya :

Jangan telat tidur.
Maksudnya jangan terlalu lama begadang. Atur jam tidur anda dalam bulan puasa ini. Jangan tidur beberapa jam sebelum sahur. Karena hal itu hanya akan membuat anda mengantuk saat sahur tiba. Dan mungkin saja anda tidak sahur gara-gara tidak bisa bangun karena terlalu mengantuk.

Gunakan baju hangat saat sahur.
Suasana saat sahur adalah suasana yang biasanya dingin. Suhu udara saat sahur terasa begitu dingin. Akibatnya jika tubuh tidak kuat menahan suhu udara yang dingin itu, setelah sahur kita malah balik keatas ranjang untuk menghangatkan tubuh. Kadang tanpa kita sadari dan mungkin sering terjadi malah ketiduran karena masih ada sisa-sisa kantuk mendera. Oleh sebab itu maka gunakanlah baju hangat untuk menghindari suhu udara yang dingin.

Cuci muka sebelum sahur.
Adakah diantara teman-teman yang malas untuk mencuci muka dan mulut saat bangun untuk sahur? Hehehe… kedengarannya agak jorok ya kalau ada yang suka tidak cuci muka terlebih dahulu.. Cuci muka setelah bangun tidur akan membuat kantuk menjadi berkurang. Sehingga kita bisa sahur dengan nyaman.

Jangan makan terlalu kenyang.
Sahur memang tujuannya agar tubuh menyimpan bekal cukup untuk berpuasa. Kadang kita berpikir jika makan banyak saat sahur bisa bertahan lebih kuat saat berpuasa. Padahal makan terlalu banyak sebenarnya juga tidak baik. Makanlah secukupnya jangan terlalu kekenyangan. Karena jika kekenyangan yang ada hanya akan menyebabkan kita mengantuk. Dan setelah sahur malah langsung tidur lagi.

Melakukan kegiatan setelah sahur.
Setelah kita sahur lalu apa yang sebaiknya kita lakukan? Agar kita tidak ketiduran saat menunggu waktu subuh tiba maka lakukanlah kegiatan yang bermanfaat yang dapat mengisi waktu saat suasana rawan ini. Kita bisa isi dengan menonton tv. Atau akan lebih baik jika kita mengisinya dengan mengaji. Selain bermanfaat juga bisa sekaligus beribadah dan menghasilkan pahala. Maka isilah dengan mengaji.. Tanpa kita sadari azan subuh akan berkumandang dan kita bisa langsung shalat subuh.

Bersegeralah shalat subuh.
Ketika azan subuh berkumandang maka bersegeralah untuk langsung menunaikan kewajiban pada Allah itu. Jangan mengulur atau melalaikan waktu yang ada. Karena kadang yang namanya cobaan saat sahur adalah ketiduran seperti yang kita bahas diatas. Karena asyik-asyiknya nonton tv sambil tidur-tiduran yang terjadi malah benar-benar ketiduran.

Shalat subuh adalah kewajiban yang harus dilakukan setiap muslim. Sebuah kewajiban yang memang diwajibkan oleh Allah SWT. Sahur itu penting namun shalat subuh jauh lebih penting. Kalau boleh memilih tidak sahur tapi harus shalat subuh. Oleh sebab itu marilah kita untuk langsung bersegera menunaikan shalat subuh ketika azan telah berkumandang. Jangan sampai ketiduran.

Kalau sampai ketiduran, kapan subuhnya? Biasanya di bulan puasa ini kita suka tidur lama. Kalau tidur setelah sahur biasanya bangunnya lama atau kesiangan. Bisa bangun diatas pukul Sembilan. Jika demikian halnya tentu ibadah puasa kita menjadi terasa kurang sempurna akibat menunaikan shalat subuh kesiangan.

Saya pernah mendengar penjelasan ustadz bahwa kita boleh telat melakukan shalat jika memang benar-benar tertidur. Tapi jika kasusnya ketiduran setelah sahur tentu rasanya itu kurang bisa diterima. Karena ada unsur disengaja untuk melalaikannya.

Seharusnya sahur aman, shalatnya juga aman… oke..? Ayo jangan sampai ketiduran setelah makan sahur ya..


loading...

Tags:
Wanwan Max

Hanyalah orang biasa (bukan luar biasa), pendiam (tapi banyak omong), suka hal-hal yang menarik (ya iya lah, kalo gak menarik gak mungkin suka dong…), dan asik juga kalo diajak ngobrol (kalo udah kenal sih….) apalagi diajak makan-makan bareng… Hehehe… (tapi dibayarin)