7 Manfaat Baik Untuk Kamu yang Hobi Bersepeda

442 views

Bersepeda adalah aktivitas olahraga yang tidak hanya menyehatkan tetapi juga menyenangkan. Oleh sebab itu, maka tak heran jika bersepeda digemari semua kalangan orang, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Bahkan tidak sedikit orang yang mengandalkan olahraga bersepeda sebagai tips diet alami untuk menurunkan berat badan. Nah, disamping menyehatkan ternyata masih ada beberapa manfaat baik lainnya yang bisa kamu dapatkan dari olahraga bersepeda. Yuk simak semua manfaat tersebut disini.

olahraga bersepeda

Menurunkan Berat Badan Serta Merampingkan Tubuh

Layaknya olahraga, bersepeda juga dapat menguras lemak serta menurunkan kalori diseluruh tubuh mulai dari kaki hingga tangan. Bahkan menurut penelitian orang yang gemar pergi ke tempat gym selama 6 bulan dapat menurunkan lemak sebanyak 4,5 kg, sedangkan jika kita bersepada rutin dengan waktu yang sam maka akan mampu menguras lemak sebanyak 4,5 kg atau bahkan lebih. Bisa dibilang nyaris sama namun tentunya jauh lebih efektif bersepeda karena biayanya terjangkau.

Mengontrol Emosi dan Mengurangi Stres

Yoga adalah olahraga yang terbukti mampu mengusir stres serta menstabilkan emosi, hal ini ternyata juga sama dengan bersepeda. Olahraga ini tidak hanya sekedar peregangan tapi juga bisa menghilangkan stres dan mengontrol emosi. Bayangkan jika kamu bersepeda di tempat yang indah asri dan sejuk, tentu suasana hati akan terbawa tenang. Hal ini ditambah dengan gerakan ayunan kaki yang menggoes lebih santai secara tidak langsung akan memacu otak menjadi lebih bersemangat.

Mengurangi Resiko Diabetes

Diabetes adalah salah satu penyakit yang cukup berbahaya. Kurangnya berolahraga dianggap sebagai salah satu pemicu meningkatkan risiko diabetes. Nah, dengan bersepeda selama 35 menit setiap hari dikatakan bahwa kamu bisa menurunkan risiko terkena diabetes. Mungkin hal ini salah satu alasan mengapa banyak orang tua yang gemar bersepeda. Tentunya bagi kamu yang masih muda juga harus lebih bersemangat ya.

Mencegah Penyakit Jantung

Tidak hanya resiko penyakit diabetes saja yang berkurang, bersepeda setiap pagi maupun sore hari selama 30 menit ternyata dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung bahkan cenderung membuat jantung lebih sehat loh. Bersepeda juga bisa melancarkan peredaran darah sehingga bisa mencegah terjadinya serangan stroke yang berbahaya.

Membuat Sistem Pernapasan Lebih Sehat

Ketika harus mengayuh sepeda dengan jarak tempuh yang jauh serta lama, pastinya pernapasan kita akan terengah-engah. Hal ini ternyata justru akan membantu sistem pernapasan kita menjadi lebih baik loh, apalagi jika aktifitas bersepeda dilakukan di pagi hari di area alam terbuka yang sejuk dan bebas polusi, tentunya akan semakin menyehatkan paru-paru mu.

Mengatasi Sakit Punggung

Khususnya untuk kamu yang masih berjiwa muda dan gemar duduk berlama-lama saat bekerja, cobalah melakukan olahraga ini agar punggung menjadi lebih sehat dan keluhan pada punggung pun tidak lagi terasa. Karena dengan bersepeda secara rutin maka rangka dan otot-oto tubuh menjadi lebih kuat sehingga keluhan-keluhan pada punggung yang sering terjadi di saat tua nanti bisa terhindari.

Memiliki Lebih Banyak Teman

Selain menyehatkan, bersepeda juga bisa menambah teman loh. Dengan bersepeda tentu kamu akan bertemu banyak orang baru dari berbagai latar belakang. Oleh sebab itu, aktifitas bersepeda saat ini seringkali digunakan sebagai ajang sosialisasi dan mengumpulkan relasi. Selain itu, tidak menutup kemungkinan pula kamu bisa diajak bergabung  dengan klub atau komunitas sepeda. Selain memiliki banyak teman, kesehatan juga tetap terjaga kan.

 

Masih banyak lagi manfaat bersepeda yang bisa kamu nikmati dari bersepeda loh. Untuk itu jangan lupa rajin-rajinlah bersepeda jika ada waktu luang, paling tidak kamu bisa memanfaatkan momen hari libur kerja untuk bersepeda dengan mengajak keluarga agar makin seru dan bersemangat. Selain bersepeda kamu juga harus jaga pola makan dan mengikuti beberapa tips menjaga berat badan yang tepat ya, dengan begitu aktivitas olahragamu tidak sia-sia deh. Selamat mencoba !


loading...

Amel Widya
Gak ah, biar pada penasaran... Hehehe...