Kiat Hindari Tertular Radang Tenggorokan Saat Naik MRT

384 views

Potensi penularan penyakit ada di mana-mana, termasuk di MRT. Karena itu, yuk terapkan empat kiat ini agar terhindar dari radang tenggorokan.

radang tenggorokan

Beberapa waktu lalu, masyarakat Jakarta kedatangan alat transportasi baru, yaitu MRT. Tak pelak, MRT jadi salah satu moda transportasi favorit warga. Namun begitu, Anda tetap harus mewaspadai penyakit yang dapat menyebar di dalam MRT. Salah satunya adalah radang tenggorokan.

Penyakit radang tenggorokan terjadi ketika tenggorokan mengalami peradangan atau iritasi. Penyebab umumnya adalah infeksi bakteri dan virus.

 “Jenis bakteri yang sering menyebabkan radang tenggorokan adalah bakteri Streptococcus pyogenes dan Streptococcus kelompok A. Sedangkan jenis virus yang sering menyebabkan radang tenggorokan adalah influenza, virus penyebab campak, dan virus penyebab cacar air,” ujar dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter.

Bakteri penyebab radang tenggorokan dapat mudah menyebar dari satu orang ke orang melalui kontak dengan droplet (cairan) yang keluar dari sistem pernapasan orang yang terinfeksi. Droplet itu menyebar saat penderita radang tenggorokan batuk atau bersin.

Nah, agar Anda tidak terinfeksi radang tenggorokan, kiat berikut dapat Anda terapkan saat naik MRT :

1. Pakai masker

Salah satu cara aman agar terhindar dari virus dan bakteri saat berada di MRT –termasuk tempat umum lain– adalah dengan menggunakan masker. Ini juga berlaku saat Anda sakit radang tenggorokan. Untuk menekan risiko penularan, tutuplah mulut dan hidung, atau menutupnya dengan tisu saat bersin atau batuk agar tidak menyebarkan droplet.

2. Cuci tangan

Tangan adalah media penyalur virus dan bakteri paling mudah. Karena itu, biasakan mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun agar tangan selalu bersih. Jika tak ada toilet umum, siapkan hand sanitizer. Pembersih itu mengandung alkohol yang dapat membantu membunuh kuman penyakit.

3. Hindari berbagi minuman

Anda harus menghindari berbagi minuman dengan orang yang sedang sakit tenggorokan. Bahkan sebaiknya, Anda tidak menggunakan alat makan secara bersama-sama untuk mencegah efek buruk dari droplet yang mengandung bakteri.

4. Banyak makan sayuran dan buah

Agar daya tahan tubuh tetap baik, Anda bisa memperbanyak asupan sayuran dan buah setiap hari. Imunitas yang baik akan melindungi tubuh dari kuman.

Ingatnya ya, potensi penularan penyakit ada di mana-mana –termasuk di MRT. Karena itu, terapkan empat kiat di atas agar terhindar dari radang tenggorokan. Dengan kondisi yang bugar dan bebas radang, Anda tentu akan lebih nyaman dalam perjalanan, bukan?


loading...

Amel Widya
Gak ah, biar pada penasaran... Hehehe...

Jangan Lewatkan...