Jangan Mau Punya Teman Seperti Ini!

1078 views

Persahabatan sama seperti hubungan percintaan, tidak bisa dibangun dalam waktu yang singkat dan ditempa dengan berbagai hal. Sayangnya, tidak semua orang bisa memahami dan mensyukuri perjalanan waktu untuk membentuk nilai-nilai persahabatan tersebut sehingga kamu harus memilih teman yang benar-benar baik dan menghindari teman dengan sikap-sikap seperti ini :

Tidak Menghargai Usahamu

Ketika kamu berusaha untuk membahagiakannya dengan caramu, dia tidak menghargainya sehingga terkesan seolah-olah dia tidak memerlukan apa yang kamu usahakan. Hati-hati dengan orang seperti ini, karena dia bisa saja menyakiti hatimu dengan sikap yang tidak baik atau bahkan ucapan yang kurang baik pula.

Tidak Mau Mendengarkan

Ketika seorang teman menghampirimu dan menceritakan permasalahannya padamu, maka kamu berhak untuk memberikan saran dan kritik. Tapi, jika dia malah marah ketika dikritik dan diberi saran, sebaiknya segera jaga jarak dengan orang ini karena bisa-bisa kamu yang akan disalahkan atas apa yang nanti menimpa dirinya.

Tidak Mau Diberitahu

Saat dia melakukan kesalahan, maka sahabat yang baik akan memberi tahu bahwa tindakanmu salah dan kamu harus memperbaikinya. Namun, teman yang kurang baik justru akan mengira kalau kamu tidak memihak padanya dan berusaha untuk membebaninya. Untuk itu, hindari saja teman yang seperti ini karena persahabatan bukan untuk mengaggap benar sesuatu yang salah, membenahi yang salah jadi benar.

Mudah Marah Jika Tersinggung

Persahabatan yang sudah lama terbentuk akan memaklumi banyak hal, termasuk ketika kamu bercanda dan tidak punya niat apapun untuk menyakitinya. Namun, teman yang tidak baik bisa saja marah-marah dan mengeluarkan kata kasar ketika kamu bercanda padanya.

Enggan untuk Minta Maaf

Ketika seorang teman enggan untuk meminta maaf dengan tulus dan mengklarifikasi semua kesalahannya, maka sebaiknya kamu segera menjaga jarak karena hal ini bukan saja akan menyakiti dirimu sendiri, tapi juga akan membuat dia tidak bisa berpikir sebagaimana mestinya.

Bersumpah Serapah

Ketika seorang teman mengataimu dengan hal-hal yang kasar, tidak layak, bahkan sampai sumpah serapah karena hal yang sepele, maka sebaiknya kamu harus menjaga jarak karena jika hal ini terjadi untuk kedua kalinya, kamu akan merasa sangat tersakiti.

Membebani Kamu

Ketika seorang sahabat sudah membebani kamu dengan banyak hal tanpa melihat kondisimu, maka kamu perlu sedikit memberikan pelajaran kepadanya bahwa kamu juga punya banyak persoalan yang bukan hanya soal dirinya. Kamu harus mulai memperlihatkan padanya, bahwa kamu punya prioritas lain selain dirinya.

Tidak Jujur

Kejujuran adalah hal penting yang harus dibangun sejak dini dalam sebuah hubungan, baik itu percintaan maupun persahabatan. Jika kamu sudah mengetahui tabiat yang tidak baik dari seorang teman yang tidak jujur, sebaiknya kamu segera menjauh karena hal ini sangat berbahaya untuk hubunganmu dengan dia ke depannya.

Tidak Punya Tata Krama

Sedekat apapun kamu dengan sahabatmu, kode etik alias tata karma dalam menjalin sebuah hubungan tentu sangat diperlukan. Untuk itu, kamu tetap perlu meminta izin untuk melakukan sesuatu padanya atau meminta izin untuk hal apapun yang menurutnya itu adalah sesuatu yang bersifat privasi.

Tidak Menghargai Orang-orang yang Kamu Sayangi

Jika teman dekatmu hanya menghargaimu, tapi tidak menghargai orang lain yang kamu sayangi seperti keluarga atau bahkan pasanganmu, sebaiknya jagalah jarak dengannya jangan sampai ia menyakiti orang-orang terdekatmu yang lebih sayang padamu.

Terlepas dari 10 sikap yang sudah dijelaskan di atas, kamu tentu pernah mengalami hal lain bersama sahabatmu kan? Cobalah untuk mengambil pelajaran dari setiap masalah yang kamu hadapi agar tidak terjadi lagi untuk ke sekian kalinya.


loading...

Tags:
Wanwan Max
Hanyalah orang biasa (bukan luar biasa), pendiam (tapi banyak omong), suka hal-hal yang menarik (ya iya lah, kalo gak menarik gak mungkin suka dong...), dan asik juga kalo diajak ngobrol (kalo udah kenal sih....) apalagi diajak makan-makan bareng... Hehehe... (tapi dibayarin)