Ini Dia Beberapa Ramuan Alami Yang Ampuh Mengobati Batuk dan Pilek

ramuan alami

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa cuaca pada saat ini kurang bersahabat bagi kesehatan tubuh. Dengan demikian, maka tak heran juga jika banyak orang yang menderita sakit batuk yang disertai pilek. Berbicara soal cara mengobati batuk dan pilek, mungkin kebanyakan dari kita akan mengonsumsi obat-obatan yang biasa dibeli di apotik. Namun, di bawah ini ada beberapa ramuan alami yang tidak kalah ampuhnya dalam mengobati batuk dan pilek :

1. Menggunakan Madu

Ramuan alami pertama yang ampuh untuk mengobati batuk dan pilek, yakni dengan menggunakan madu. Mengapa harus madu? Berdasarkan dari hasil penelitian, madu mempunyai sifat antimikroba yang mampu dalam membantu system imun tubuh menjadi lebih efektif untuk melawan peradangan akibat pilek. Dalam hal ini, kamu bisa mengonsumsi madu secara langsung sebanyak 1 sendok makan pada pagi hari atau malam hari. Jika terlalu manis, kamu bisa melarutkan madu tersebut kedalam segelas air hangat. Dengan mengonsumsi madu, maka batuk dan pilek yang kamu derita akan berangsur-angsur sembuh. Namun perlu diingat, bahwa madu ini tidak boleh dikonsumsi oleh balita yang usianya di bawah 1 tahun ya!

2. Menggunakan Jahe

Selain menggunakan madu, kamu juga bisa menggunakan jahe untuk mengobati batuk dan pilek. Jahe ini dapat melemaskan otot pada saluran pernafasan, sehingga hidunga yang tersumbat akan kembali plong. Bukan hanya itu saja, tanaman yang satu ini juga dapat menangkal rasa mual serta dapat mengembalikan stamina tubuh yang sedang drop. Mengenai cara menggunakannya, siapkan 1 ruas jahe berukurang sedang, cuci sampai bersih, kemudian geprek hingga hancur. Masukan jahe tersebut kedalam panci yang sudah diisi air, dan masaklah hingga airnya mendidih. Sari air rebusan jahenya, tambahkan perasan lemon, dan tunggu hingga hangat. Jika sudah hangat, minumlah ramuan jahe ini sampai habis tak tersisa.

3. Menggunakan Garam

Tak banyak orang yang tahu, bahwa garam dapat mengobati batuk dan pilek secara alami. Padahal, garam yang dilarutkan kedalam air hangat ini mampu mencairkan lendir yang lengket sehingga dapat dengan mudah dikeluarkan. Lantas, bagaimanakah cara menggunakannya? Siapkan garam dapur sebanyak 1 sendok teh, larutkan kedalam segelas air hangat, kemudian berkumurlah selama beberapa detik dan muntahkan kembali. Agar hasilnya lebih maksimal, gunakan larutan air garam ini sebanyak 2 kali dalam sehari.

4. Menggunakan Daun Mint

Daun yang satu ini memiliki rasa dan aroma yang sangat khas. Ya, ekstrak daun mint dipercaya mampu mencairkan lendir yang menjadi penyebab dari hidung tersumbat. Bukan hanya itu saja, sensasi hangat dari daun mint ini juga dapat melancarkan aliran udara dalam saluran pernafasan lho. Melihat akan hal itu, maka tak heran jika daun mint sering dilibatkan dalam proses pembuatan obat-obatan batuk dan pilek.

5. Mengonsumsi Sup Ayam dan Bawang Putih

Ramuan alami berikutnya yang bisa kamu coba untuk mengobati batuk dan pilek, yakni dengan mengonsumsi sup ayam dan bawang putih. Berdasarkan dari hasi penelitian, bawang putih mempunyai vitamin C dan senyawa alicin yang mampu memperkuat system kekebalan tubuh guna melawan kuman penyakit. Bukan hanya itu saja, kandungan vitamin C tersebut dapat membantu dalam mempercepat proses penyembuhannya lho. Dalam hal ini, kamu bisa mengonsumsi bawang putih yang dibuat sup ayam.

Nah, itulah beberapa ramuan alami yang ampuh untuk mengobati batuk dan pilek. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mencobanya?


loading...

Taufiq

Jangan Lewatkan...