Derajat pada Luka Bakar

45 views

derajat luka bakar

Luka bakar memiliki derajatnya sendiri. Derajat yang dimaksud diukur berdasarkan tingkat keparahan luka bakar yang ada. Perbedaan derajat pada luka bakar ini juga memiliki perbedaan dalam perawatan di setiap derajatnya. Berikut adalah penjelasan mengenai derajat dan perawatan pada luka bakar.

Derajat Luka Bakar dan Penanganannya

1. Derajat 1

Pada tingkat ini luka bakar hanya merusak bagian paling luar kulit. Luka bakar tidak sampai merusak bagian dalam epidermis kulit. Salah satu contoh penyebab luka bakar jenis ini adalah terkena paparan sinar matahari yang begitu terik.

Salah satu perawatan luka bakar derajat satu adalah dengan memberikan salep atau krim. Biasanya yang digunakan adalah krim yang berbahan dasar aloe vera atau lidah buaya. Lidah buaya bersifat dingin sehingga dapat menghentikan proses pembakaran.

2. Derajat 2

Luka bakar yang terjadi bisa sampai merusak sebagian dermis pada epidermis. Dengan kata lain kondisi lukanya lebih parah dibandingkan level satu. Salah satu contoh penyebabnya adalah apabila anda terkena knalpot motor. Hal ini sangat sering terjadi.

Anda dapat memberikan obat luka bakar kena knalpot atau yang lainnya. Salah satunya adalah dengan memberikan obat yang sudah diresepkan oleh dokter kulit.

3. Derajat 3

Ini merupakan luka bakar yang paling parah tingkatannya. Luka bakar ini merusak bagian paling dalam kulit. Salah satu contoh penyebab terjadinya luka bakar ini adalah apabila salah satu bagian tubuh ketumpahan minyak yang begitu panas. Minyak panas mampu membakar dan merusak kulit sampai ke bagian dalam.

Penanganannya membutuhkan tenaga yang berpengalaman. Anda perlu dokter untuk melakukan treatment pada kulit. Biasanya anda akan di infus untuk menghindari infeksi kulit. Dengan kata lain anda tidak bisa hanya mengobatinya dengan memberikan obat luka bakar kena minyak panas.

Menentukan Luka Bakar

Ada dua jenis luka bakar. Luka bakar jenis pertama adalah luka bakar minor. Luka bakar ini dapat terjadi di bagian tubuh manapun. Lebar luka biasanya 5-7 cm.

Sementara itu untuk luka bakar jenis lainnya adalah luka bakar major. Lebar luka bakar jenis ini lebih lebar dari jenis sebelumnya. Lebar lukanya bisa mencapai lebih dari 7cm.


loading...

Tags:
Yoga Saputra
Aku biasa aja sih, hanya anak orang biasa yang suka sama hal-hal yang luar biasa !