Cara Menurunkan Berat Badan Waktu Puasa Selama Ramadhan

2066 views

Cara menurunkan berat badan waktu puasa selama ramadhan bisa kita manfaatkan sebaik-baiknya untuk mendapatkan tubuh yang langsing dan ideal saat lebaran tiba nanti. Kita bisa mendapatkan hasil ganda, yaitu ibadah puasa dan tubuh yang ramping. Karena melakukan puasa hukumnya wajib bagi umat muslin yang sudah dewasa.

Namun terkadang tidak sedikit juga yang justru bertambah gemuk pada saat melakukan puasa ramadhan. Lantas bagaimana cara melakukan puasa yang baik dan benar agar dapat menurunkan berat badan secara maksimal? Simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Cara Menurunkan Berat Badan Waktu Puasa

Pada saat kita sedang berpuasa, tubuh mengalami perubahan. Jika biasanya kita mengkonsumsi makanan setiap hari, kini asupan makanan dibatasi hanya setelah maghrib sampai sebelum subuh. Perubahan pola akan ini seharusnya membawa dampak positif bagi kesehatan khususnya untuk menurunkan berat badan.

Seseorang yang berat badannya bertambah naik saat berpuasa karena mereka tidak mengatur pola makan dan kebiasaan sehari-hari. Sehingga bukannya badan langsing yang didapat justru tubuh bertambah melar.

Logikanya, pada saat kita berpuasa maka tubuh mendapatkan energi dengan cara membakar lemak. Oleh sebab itu tumpukan lemak pada tubuh dapat dikikis dan dirubah menjadi energi saat berpuasa. Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar berat badan turun pada saat berpuasa.

Kebutuhan gizi harus tercukupi
Pada saat sahur dan berbuka puasa, tubuh harus mendapatkan asupan gizi lemak, karbohidrat, mineral, vitamin, dan protein yang seimbang.

Konsumsi buah dan sayur
Masukkan menu buah dan sayur pada saat buka dan sahur. Buah-buahan dan sayuran merupakan sumber makanan yang kaya dengan vitamin, serat, dan membantu proses diet.

Hindari minuman dingin dan bergula
Sudah menjadi rahasia umum bahwa gula yang berlebihan dapat membuat tubuh menjadi semakin melar. Pada saat berbuka puasa sebaiknya hindari minuman yang teralu manis, karena pada saat berbuka inilah godaan terbesar untuk minum minuman yang dingin dan manis.

Konsumsi kurma
Sebagai ganti minuman yang dingin dan manis, Anda dapat mengkonsumsi buah kurma pada saat berbuka puasa. Rasa manis dalam buah kurma lebih baik karena merupakan rasa manis yang alami. Selain itu, banyak sekali manfaat untuk kesehatan yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi buah kurma.

Rubah pola makan
Jangan langsung makan besar ketika berbuka puasa, karena kebanyakan orang mengkonsumsi apa saja yang terlintas saat berpuasa sebagai bentuk balas dendam.

Jangan tidur setelah makan
Pasti Anda sudah pernah mendengar bahwa makan pada waktu malam hari dapat menyebabkan kegemukan. Hal ini disebabkan karena setelah makan kita langsung tidur. Sangat penting untuk menghindari tidur setelah makan. Biarkan makanan dicerna oleh perut terlebih dahulu selama 30-60 menit. Oleh sebab itu setelah sahur jangan terburu-buru tidur, Anda dapat menunggu hingga waktu subuh tiba. Begitu juga dengan malam hari, jika Anda makan setelah tarawih, sebaiknya tunggu hingga makanan dapat dicerna sempurna oleh perut.

Jadi seseorang yang mengalami kegemukan setelah puasa ramadhan mungkin mengabaikan beberapa hal diatas. Selain dapat menurunkan berat badan, puasa juga dapat menurunkan gula darah. Karena gula darah akan turun jika kita menghabiskan waktu berjam-jam tanpa makan. Selamat menunaikan ibadah puasa ramadhan!


loading...

Tags:
Wanwan Max
Hanyalah orang biasa (bukan luar biasa), pendiam (tapi banyak omong), suka hal-hal yang menarik (ya iya lah, kalo gak menarik gak mungkin suka dong...), dan asik juga kalo diajak ngobrol (kalo udah kenal sih....) apalagi diajak makan-makan bareng... Hehehe... (tapi dibayarin)