Cara Bikin Masakan Enak Tanpa Penyedap Rasa

1262 views

Kebanyakan perempuan merasa ada yang kurang jika memasak tanpa menggunakan MSG, vetsin, atau penyedap rasa jenis lainnya. Penyedap rasa memang secara instan akan menyedapkan rasa masakan. Namun penggunaannya yang masif dan terus menerus dapat berdampak negative di masa depan. Dampak negatif dari penggunaan penyedap rasa memang masih kontroversial dan masih menjadi perdebatan.

Tapi pada dasarnya sesuatu yang digunakan secara berlebihan pasti akan berdampak negatif. Terlebih jika yang digunakan itu berasal dari bahan kimia. Jadi sebaiknya hindari atau kurangi penggunaan penyedap rasa kimiawi dengan menggantinya dengan yang berasal dari bahan-bahan alami di bawah ini.

Kaldu Ayam/Sapi

Kaldu ayam/sapi yang berasal dari air bekas rebusan daging atau tulang ayam/sapi memang tidak diragukan lagi dapat menyedapkan rasa masakan. Ketika Bunda merebus daging/tulang ayam atau sapi jangan buang air bekas rebusannya, karena air ini mengandung kaldu yang jika ditambahkan ke dalam masakan akan menjadi bertambah lezat. Cara ini efektif untuk menyedapkan masakan tanpa menggunakan penyedap rasa yang berasal dari bahan kimia.

Udang atau Ebi

Udang atau ebi mengandung penyedap rasa alami di dalamnya. Bunda bisa membuktikannya sendiri dengan merasakan udang/ebi tawar langsung tanpa bumbu. Pasti rasanya sudah enak dan gurih, bukan? Nah jika udang/ebi ditambahkan ke dalam masakan Bunda maka makanan buatan Bunda akan ikut terasa lezat dan gurih.

Bawang Putih

Bawang putih dapat membuat masakan terasa lebih lezat dan gurih. Cukup tumis beberapa bawang putih yang telah dicincang halus/kasar. Lalu tambahkan ke dalam masakan Bunda. Maka hasilnya, masakan akan terasa kuat gurihnya. Selain dapat melezatkan makanan, bawang putih dapat bermanfaat bagi kesehatan. Salah satunya mencegah dan mengobati penyakit jantung. Jadi jangan ragu untuk menggunakan banyak bawang putih ke dalam masakan Bunda, ya!

Jamur

Seperti halnya udang dan ebi, jamur juga memiliki penyedap rasa alami di dalamnya. Ini bisa dibuktikan sendiri oleh Bunda di rumah. Coba masak tumis jamur tanpa menggunakan MSG. Bisa dipastikan akan tetap terasa gurih meskipun tidak menggunakan penyedap rasa kimiawi.

Gula Pasir

Penggunaan gula pasir dapat menggantikan penyedap rasa kimiawi. Tambahkan sedikit saja gula pasir ke dalam masakan, maka rasa gurihnya akan keluar. Jika ingin rasa gurihnya semakin terasa, kombinasikan penggunaan gula pasir dengan sedikit garam.


loading...

Tags:
Wanwan Max
Hanyalah orang biasa (bukan luar biasa), pendiam (tapi banyak omong), suka hal-hal yang menarik (ya iya lah, kalo gak menarik gak mungkin suka dong...), dan asik juga kalo diajak ngobrol (kalo udah kenal sih....) apalagi diajak makan-makan bareng... Hehehe... (tapi dibayarin)