Begini Cara Benar Cuci Rambut, Jika Ingin Hasil Sempurna!

1059 views

Mencuci rambut merupakan salah satu kebutuhan penting setiap wanita. Kamu bisa saja melakukannya tiap hari, tapi apa kamu tahu cara mencuci rambut yang benar? Dengan teknik pencucian yang baik, rambutmu bisa sesempurna bintang iklan sampo. Namun sebaliknya, kesalahan umum pencucian yang gak kamu sadari justru bisa merusak tiap helai rambutmu. Jika kamu belum mendapat hasil yang sempurna, jangan buru-buru menyalahkan sampo, karena seperti ini cara benarnya,

Mulailah dengan Membilas

Seperti cucian yang dibilas dulu sebelum diberi deterjen, rambut juga perlu dibasahi dulu sebelum diberi sampo. Gunakan air hangat agar kutikula rambut terbuka, sampo dan conditioner mudah terserap, dan semua kotoran tuntas menghilang.

Jika Rambutmu Panjang, Gunakan Dulu Conditioner

Jika rambutmu di bawah bahu, aplikasikan conditioner di bagian ujung rambut terlebih dulu sebelum keramas. Hal ini agar terhindar dari kerusakan lebih lanjut seperti kering dan rapuh, karena kutikulamu terjaga kelembabannya.

Aturan Keramas

Kamu hanya perlu keramas di bagian kulit kepala, terutama pada tengkuk. Karena bagian tersebut yang paling berminyak dan sering mengalami iritasi. Gunakan sampo sesuai dengan kebutuhan, setidaknya hingga rambutmu berbusa. Cuci rambut cukup sekali saja, karena mencuci dua kali bisa mengelupas rambut. Kecuali rambutmu sangat kotor dan pencucian pertama tidak menghasilkan busa.

Memijat, Bukan Menggaruk

Perlakukan rambutmu dengan lembut. Garukan dan gesekan di kulit kepala bisa merusak kutikula rambut secara permanen. Hasilnya, rambutmu mudah kusut dan mengalami kerusakan. Pijat rambutmu hingga berbusa dengan tekanan sedang, dimulai dari bagian depan rambut lalu ke belakang menggunakan gerakan vertikal, agar rambutmu tumbuh sejajar dan jatuh. Hindari gerakan melingkar karena akan membuat rambutmu kusut.

Baca Juga :  3 Merek Hardisk Eksternal Pilihan Terbaik dan Berkualitas

Selanjutnya, haluskan busa ke bagian ujung rambut dengan gerakan membelai lurus. Jangan menggosok ujung yang rapuh atau melakukan gerakan bolak-balik seperti ketika kamu mencuci kain kotor.

Tambahkan kondisioner dari Tengah rambut

Setelah membilas sampo, keringkan sedikit rambutmu, baru menggunakan conditioner dimulai dari tengah rambut hingga ke ujung. Lalu biarkan sebentar. Semakin lama kondisioner dibiarkan, akan semakin baik penyerapannya. Jangan menggunakan conditioner di akar rambut, karena minyak alami rambut yang terkonsentrasi di sana akan terserap.

Bilas Sisa Conditioner Dengan Air Dingin

Air dingin akan menutup kutikula secara ketat dan menyegel lapisan terluar rambut. Sehingga rambutmu terasa ringan dan bersinar.

Tips Untuk Rambutmu

Gunakan sampo dan kondisioner yang sesuai jenis rambutmu. Jika kering, pilih produk yang kaya pelembab. Jika menggunakan pewarna, pilih formula yang colour-save. Sampo "Volumizing" cenderung membuat rambut kering, sehingga tidak baik digunakan oleh rambut yang tidak normal.

Seberapa sering mencuci rambut tergantung pada jenis rambumu. Jika berminyak, baik untuk keramas tiap hari. Jika normal atau kering, cukup keramas tiga kali seminggu. Jangan lupa memastikan air yang kamu gunakan bersih dan menggunakan filter (jika kotor).


loading...

Tags:
Wanwan Max
Hanyalah orang biasa (bukan luar biasa), pendiam (tapi banyak omong), suka hal-hal yang menarik (ya iya lah, kalo gak menarik gak mungkin suka dong...), dan asik juga kalo diajak ngobrol (kalo udah kenal sih....) apalagi diajak makan-makan bareng... Hehehe... (tapi dibayarin)

Jangan Lewatkan...