Bagaimana Cara Melatih Pandangan Mata Saat Mengemudi yang Aman?

Terkait dengan gerakan keselamatan bekendar alias safety driving, selain kondisi mobil hal lain yang perlu diperhatikan adalah gaya dan cara mengemudi. Bisa menyetir saja tidaklah cukup, pada saat mengemudi di jalan raya Anda juga dituntut untuk ekstra waspada dan konsentrasi.

ertiga

Salah satunya adalah kewaspadaan saat mengamati situasi jalanan yang dilewati. Melatih pandangan mata dapat membuat Anda mampu memprediksi situasi yang akan terjadi di jalanan saat mengemudi.

Disamping itu Anda dapat merencanakan tindakan yang akan diambil, menempatkan posisi kendaraan yang tepat, serta mengurangi resiko kecelakaan.

Nah, berikut terdapat beberapa petunjuk yang diinformasikan asuransi Astra tentang bagaimana cara melatih penglihatan saat berada di jalan raya:

  • Saat kendaraan mulai melaju, arahkan pandangan jauh ke depan secara menyeluruh. Tujuannya agar setiap perubahan yang terjadi di badan jalan dapat terlihat dengan jelas.
  • Saat Anda sedang melaju beriringan dengan kendaraan lain, arahkan pandangan mata meluas ke kiri dan ke kanan. Usahakan menghilangkan rintangan yang dapat mengganggu pandangan.
  • Saat kendaraan melalui persimpangan, arah pandangan mata harus berpindah. Sehingga Anda dapat mengetahui setiap aktifitas pengguna jalan yang lainnya yang dapat mempengaruhi situasi Anda di persimpangan.
  • Saat kendaraan bergerak mundur dan hendak berbelok, arahkan pandangan di sekitar lokasi.
  • Saat Anda akan memarkir kendaraan tetap berkomunikasi dengan lingkungan di sekitar lokasi parkir.
  • Saat memasuki daerah ramai untuk menghindari kecelakaan dengan pejalan kaki maka arahkan pandangan ke titik-titik keramaian. Hindari jarak yang terlalu dekat dengan kendaraan lain dan usahakan berkomunikasi dengan pejalan kaki.
Baca Juga :  4 Penyebab Kenapa Orang Kaya Bisa Semakin Kaya

loading...

Tags:
Wanwan Max
Hanyalah orang biasa (bukan luar biasa), pendiam (tapi banyak omong), suka hal-hal yang menarik (ya iya lah, kalo gak menarik gak mungkin suka dong...), dan asik juga kalo diajak ngobrol (kalo udah kenal sih....) apalagi diajak makan-makan bareng... Hehehe... (tapi dibayarin)

Jangan Lewatkan...