Agar Kuat Puasa Meskipun Tidak Sahur

1691 views

Di bulan Ramadhan, semua umat Muslim wajib menjalani puasa selama sebulan penuh sampai datangnya hari Raya. Pada bulan yang penuh berkah ini, ada yang namanya sahur yaitu makan dan minum sebelum dtangnya waktu Shubuh. Meskipun makan sahur ini bukan wajib tetapi hukumnya sunnah, namun sangat penting untuk dilakukan. Makan sahur yang kita jalani dapat membuat kita tetap kuat selama puasa.

Tapi untuk orang memiliki kesibukan di malam harinya, bisa saja ketiduran dan melewatkan waktu sahur. Lalu bagaimana agar kuat puasa meskipun tidak sahur? Apakah Anda akan kuat menjalani puasa seharian?

Cara agar kuat puasa saat tidak makan sahur

1. Kuatkan niatcara kuat puasa saat tidak makan sahur

Mungkin Anda tidak sempat makan sahur, karena tidak sengaja seperti ketiduran atau terlambat bangun. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menguatkan niat untuk berpuasa. Mungkin akan ada banyak godaan seperti rasa lapar yang tidak bisa ditahan karena tidak sempat makan sahur, namun jika sudah diniati mudah-mudahan puasa yang Anda jalankan akan akan lancar. Mungkin Anda akan merasa haus, lemas, atau lelah sepanjang hari. Tapi dengan niat yang teguh, Anda pasti dapat menjalani ibadah puasa dengan optimal.

2. Atur jadwal kegiatan

Anda wajb mengatur kembali  jadwal kegiatan yang harus dilakukan. Pastikan apakah Anda mampu melakukan kegiatan tersebut dengan baik. Jika diperkirakan tidak mampu, tundalah kegiatan yang bisa ditunda untuk hari lain agar Anda tidak merasa kelelahan.

3. Cari kesibukan

Jika Anda ada tidak melakukan apa-apa atau dalam waktu luang, cobalah cari kesibukan. Kesibukan yang dijalani akan mengalihkan fokus Anda pada rasa lapar yang dialami.  Hindari pandangan Anda dari makanan dan minuman yang menggoda. Daripada digunakan untuk tidur, maka waktu Anda akan lebih produktif jika digunakan untuk melakukan sesuatu.

4. Lakukan ibadah

Tidak usah menyesali karena Anda tidak sempat makan sahur. Lebih baik gunakan waktu yang ada untuk memperbanyak ibadah. Ibadah bisa dilakukan dengan banyak hal, seperti menolong orang atau bersedekah.

5. Tersenyum

Dengan tersenyum, Anda akan tetap kuat puasa meskipun tidak sahur.Rasa lapar yang Anda alami mungkin tidak ada apa-apanya dibanding mereka yang kesusahan dan kelaparan berhari-hari. Tersenyumlah dan ambil hikmah dari semua ini agar rasa lapar yang Anda alami bisa menjadi berkah karena telah sabar menghadapinya.

Tips di atas bisa Anda lakukan ketika lupa makan sahur agar tetap kuat berpuasa. Namun sebaiknya usahakan untuk selalu makan sahur ketika puasa, karena makan sahur yang kita jalani juga dihitung sebagai ibadah.


loading...

Tags:
Wanwan Max
Hanyalah orang biasa (bukan luar biasa), pendiam (tapi banyak omong), suka hal-hal yang menarik (ya iya lah, kalo gak menarik gak mungkin suka dong...), dan asik juga kalo diajak ngobrol (kalo udah kenal sih....) apalagi diajak makan-makan bareng... Hehehe... (tapi dibayarin)