9 Tips untuk Berkemas secara Ringkas

904 views

Berkemas atau mengepak barang bawaan bisa menjadi hal yang paling memusingkan ketika mempersiapkan perjalanan. Banyak benda yang ingin dibawa, namun tak banyak tempat yang tersedia. Jika terlalu banyak membawa barang, biaya perjalanan bisa membengkak akibat besarnya biaya bagasi yang harus dibayar. Ingin mengepak barang dengan ringkas dan efisien? Ikuti 9 tips mengepak barang berikut ini.

Tips Mengepak Barang secara Ringkas

1. Pilih Tas yang Sesuai
Sebelum mulai mengepak barang, kamu harus menentukan jenis dan ukuran tas yang akan dibawa. Jika pergi menggunakan pesawat, pastikan ukuran tas yang akan kamu bawa tidak melebihi kapasitas bagasi yang tersedia. Setelah itu, kamu bebas memilih untuk menggunakan ransel atau koper dengan roda. Ransel menawarkan mobilitas yang lebih baik, sedangkan koper beroda membebaskanmu dari tugas membopong tas berat berisi seluruh barang bawaan di bandara.

2. Buat Checklist
Membuat daftar centang atau checklist mungkin terkesan kuno, namun sebenarnya sangat membantu dalam membuat barang bawaan jadi lebih efisien. Dengan menuliskan daftar barang-barang yang akan dibawa, kamu akan sadar mana benda yang benar-benar penting dan mana yang cuma memenuhi tas. Membuat checklist juga bisa mencegah tertinggalnya barang tertentu.

3. Bawa Pakaian dan Sepatu dengan Warna Netral
Pakaian dan sepatu dengan warna netral akan lebih mudah untuk dipadukan. Jika kamu bepergian untuk urusan bisnis, bawalah kemeja, celana atau rok, dan sepatu dengan warna hitam, putih, atau cokelat. Dengan demikian, kamu bisa memadukan pakaian dan sepatu secara bebas tanpa takut warnanya akan terlihat aneh dan bertabrakan. Jika kamu pergi untuk berwisata, bawalah setidaknya satu celana jeans, kaos atau kemeja santai.

4. Mulai Berkemas Setidaknya Sehari Sebelum Keberangkatan
Kamu mungkin tipe orang yang bisa bekerja dengan cepat. Namun, sebaiknya hindari berkemas di saat-saat terakhir menjelang keberangkatan. Berkemas pada saat-saat terakhir menjadi penyebab utama terbawanya benda-benda yang tidak diperlukan dan tertinggalnya barang-barang penting. Berkemas sebaiknya dilakukan minimal sehari sebelum keberangkatan. Sehingga kamu punya waktu yang cukup untuk mempertimbangkan barang apa yang seharusnya dibawa atau ditinggal.

5. Tinggalkan Baju-baju Tebal
Jangan tergoda untuk membawa mantel bulu atau jaket panjang berbahan kulit. Pakaian tersebut akan sangat memakan tempat dan hanya menyisakan sedikit ruang untuk pakaian dan benda lainnya yang lebih penting. Jika kamu akan pergi ke tempat yang dingin, bawa saja beberapa  sweater tipis dan benda penghangat. Di tempat tujuan, kamu bisa mengenakan sweater tersebut secara bertumpuk. Ketika cuaca menjadi hangat, sweater-sweater tersebut bisa menjadi pakaian cadangan. Jika kamu bersikeras untuk membawa jaket tebal, jangan masukan jaket ke dalam tas melainkan gunakan jaket tersebut ketika naik ke pesawat.

6. Masukkan Sepatu Duluan
Sepatu memiliki bentuk yang lebih solid dan kokoh dibandingkan pakaian. Oleh sebab itu, benda ini cukup memakan tempat ketika dikemas ke dalam tas. Untuk memaksimalkan kapasitas tas, sepatu sebaiknya dimasukkan terlebih dahulu. Simpan sepatu di bagian paling dalam yang menyentuh sisi tas. Ruangan yang tersisa bisa dimanfaatkan untuk benda-benda yang bentuknya lebih fleksibel.

7. Gulung Pakaian
Tahukan kamu kalau pakaian yang digulung akan jauh lebih menghemat tempat di dalam tas dibanding pakaian yang dilipat? Tips menggulung pakaian sudah digunakan oleh banyak orang yang sering bepergian. Selain menghemat tempat, pakaian yang digulung juga tampak lebih rapi ketika akan dikenakan dibanding pakaian lipat yang sudah bercampur baur dan tertindih oleh benda-benda lain selama berada di dalam tas.

8. Gunakan Kantung atau Tas Kecil
Sepatu dan barang bawaan yang besar sebaiknya dimasukkan ke dalam tas atau kantung kecil sebelum dipak ke dalam tas besar. Ketika tiba di tempat tujuan, kamu bisa meninggalkan barang-barang yang ada di kantung saat tidak diperlukan sehingga tas akan memiliki bobot yang lebih ringan.

9. Simpan Barang-barang Kecil Belakangan
Barang-barang kecil seperti perlengkapan mandi, charger ponsel, dan alat cukur sebaiknya dimasukkan terakhir di bagian tas paling atas. Pasalnya, benda tersebut biasanya paling pertama dibutuhkan ketika tiba ditempat tujuan. Selain itu, benda-benda kecil dapat disisipkan dengan mudah di antara barang-barang besar. Untuk lebih menghemat tempat, kamu bisa membawa pasta gigi berukuran kecil dan sampo dalam bentuk sachet.


loading...

Tags:
Wanwan Max
Hanyalah orang biasa (bukan luar biasa), pendiam (tapi banyak omong), suka hal-hal yang menarik (ya iya lah, kalo gak menarik gak mungkin suka dong...), dan asik juga kalo diajak ngobrol (kalo udah kenal sih....) apalagi diajak makan-makan bareng... Hehehe... (tapi dibayarin)