7 Karir di Bidang IT ini Tidak Memerlukan Kemampuan Coding

1462 views

Kamu lulusan IT yang seharusnya berkarir di bidang IT, namun kamu tidak memahami coding sama sekali? Jangan khawatir ada beberapa pilihan karir di bidang IT tanpa perlu memahami coding. Berikut pilihan posisi pekerjaan yang bisa kamu pilih :

kerja di depan komputer

1. User Experience Designer

User Experience (UX) Designer adalah pembuat produk berdasarkan mindset pengguna akhir yang ditargetkan dari produk tersebut. Pada dasarnya, tujuan utama posisi ini adalah meningkatkan kepuasan pengguna.

Bidang UX sangat bervariasi. Beberapa UXers fokus pada penelitian pengguna secara eksklusif, sementara yang lain mungkin lebih terlibat dengan prototyping produk. Tanggung posisi ini meliputi:

  • Penelitian pengguna: memahami pengguna melalui wawancara atau metode lain seperti kartu penyortiran
  • Arsitektur informasi: mengetahui cara yang paling efektif untuk struktur konten di situs atau aplikasi
  • Desain data-driven: membuat pilihan desain berdasarkan analisis data
  • Wireframing dan prototyping: Bangunan versi uji website / aplikasi web

2. User Interface Designer

Mirip dengan UX, tetapi desainer user interface (UI) memberikan penekanan yang lebih besar pada desain antarmuka. Desainer UI bertanggung jawab untuk :

  • Desain visual melalui setiap tahap dari brainstorming untuk engineering
  • Komunikasi yang jelas dari ide-ide dan instruksi kepada pengguna melalui wireframes yang dirancang dengan baik, storyboard, arus pengguna, dan peta situs
  • Membuat antarmuka keseluruhan kohesi dengan sengaja merancang setiap elemen dari situs atau web app untuk memastikan mereka semua bekerja bersama-sama.

3. Software Quality Tester

Sebagaimana sebutan posisi ini, Kamu akan menguji kualitas software sebelum diluncurkan, memastikan bahwa mereka bekerja dengan benar sebelum dipublikasikan.

Pada dasarnya, Kamu menjalankan berbagai jenis tes, meliputi tes fungsional, skenario pelanggan, stress testing, pengujian skalabilitas, dan lain-lain. Tujuan akhirnya adalah untuk menghilangkan bug dan meningkatkan kualitas produk akhir.

4. Search Engine Optimization Spesialist

Search engine optimization (SEO) , sering kali diidentikkan dengan pemasaran. Spesialis SEO dapat bekerja dengan pengembang dan desainer web untuk memastikan praktik terbaik SEO yang sedang dilaksanakan di seluruh aplikasi website / web. Tanggung jawab spesialis SEO meliputi:

  • Meneliti kata kunci
  • Bekerja dengan tim konten untuk mendorong SEO dalam pembuatan konten
  • Mengoptimalkan copy pada halaman untuk meningkatkan peringkat mesin pencari
  • Pelacakan, pelaporan, dan menganalisis analisis situs web dan kampanye PPC

5.Web Analytics Spesialist

Web analytics berhubungan dengan SEO dan pemasaran digital. Spesialis Web Analytics biasanya melakukan hal-hal seperti mengukur lalu lintas situs, menetapkan tujuan untuk elemen situs, memvisualisasikan pengalaman pengguna melalui Google Analytics, dan pemantauan keberhasilan perubahan posisi situs.

Biasanya, kamu akan bekerja dengan sebuah lembaga yang memiliki beberapa klien, sehingga kamu akan menangani lebih dari satu situs (meskipun mungkin tidak semua sekaligus-itu tergantung pada ukuran badan dan alur kerja).

6. Enterprise Software Sales

Jangan meremehkan posisi ini, karena kamu dapat membuat banyak uang dalam penjualan software perusahaan. Seperti pekerjaan di bidang penjualan pada umumnya, kinerja yang luar biasa akan membuat kamu mendapatkan komisi dan bonus.

7. Technical Support Spesialist

Untuk beberapa jenis pekerjaan technical suppoprt, kamu perlu gelar, terutama jika support yang kamu berikan sangat teknis. Ada banyak fleksibilitas dalam bidang ini, terkadang kamu bahkan dapat bekerja dari rumah. Selama kamu dapat terlibat dengan pelanggan dan membantu mereka dengan masalah teknologi mereka.

Apapun permasalahan yang ditangani, kamu harus akrab dengan berbagai macam produk teknologi dan berbagai macam permasalahannya, selain itu kamu juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

Kesimpulan

Berkarir di bidang IT tidak harus langsung mendapatkan posisi yang kamu inginkan. Kamu bisa memulai bekerja diperusahaan IT dengan posisi apapun yang sedang dibutuhkan saat itu. Ketika kamu sudah tergabung di Perusahaan IT maka jalan untuk mendapatkan posisi yang kamu inginkan akan terbuka lebar dengan membangun dan memanfaatkan jaringan di lingkungan pekerjaan yang kamu tekuni.


loading...

Amel Widya

Gak ah, biar pada penasaran… Hehehe…