10 Tips Menikmati Hari Minggu dengan Maksimal

1163 views

Hari Minggu adalah hari yang paling ditunggu – tunggu oleh sebagian besar orang Indonesia. Dimana hari ini kita akan memiliki 1 hari penuh tanpa bekerja, tanpa lembur dan tanpa macet. Memang banyak yang merasakan hari libur dari hari Sabtu, namun hari Minggu masih menjadi hari yang paling dinanti. Bagi agan yang merasa lelah bekerja dari pagi sampai tengah malam selama 5 atau 6 hari penuh, maka cobalah untuk memaksimalkan hari Minggu dengan beberapa cara di bawah ini.

1. Sekalipun libur cobalah untuk bangun lebih pagi

bangun pagi

“Bangun agak siang saja, ini kan hari Minggu” Sering kita menolak ajakan untuk bangun pagi di hari Minggu. Karena hari Minggu adalah hari bermalas – malasan dan hari dimana kita bisa tidur lebih lama dari biasanya. Cobalah untuk bangun lebih pagi. Agan bisa melakukan banyak hal di hari Minggu, karena 1 hari agan dimulai lebih awal dari yang lainnya. Agan bisa merasakan udara segar di hari Minggu, berkeliling lingkungan sekitar rumahpun agan tidak akan menemukan kemacetan dan polusi. Dan inilah yang agan butuhkan.

2. Hari minggu itu hari keluarga

sarasehan

Gunakan hari Minggu agan untuk berkumpul bersama keluarga. Bermain bersama anak, saudara ataupun bertamasya bersama mereka. Nikmati hari keluarga ini dengan maksimal, karena hampir setiap hari berkumpul bersama keluarga adalah hal yang sangat langka didapati. Maka ketika kesempatan itu ada, jangan sia – siakan untuk tidak berkumpul dan bertukar cerita bersama keluarga.

3. Jika agan punya hobi maka lakukanlah di hari Minggu

Mountain peak

Jika agan merasa hobi agan tidak bisa dilakukan karena terlalu sibuk bekerja atau sekolah, maka lakukan itu di hari Minggu. Berenang, bersepeda, jogging, membaca, menulis, dan apapun itu lakukan secara maksimal di hari Minggu. Buat jadwal kapan agan bisa melakukan hobi ini dengan baik. Jika memang ingin agan bisa melakukannya di luar rumah, mencari tempat yang sepi untuk sekaligus memberikan refleksi pada tubuh agan.

4. Masukkan olahraga dalam agenda wajib

lari

Dan yang ini tidak boleh dilewatkan. Jika agan berada di kota – kota besar, seperti Jakarta, Surabaya, Malang dan lainnya, berolahraga di hari Minggu adalah sebuah agenda wajib. Selain bisa menyehatkan badan walaupun hanya jogging di taman, tapi ini juga membuat agan bisa merasakan 1 hari tanpa macet. Karena di kota – kota besar saat ini telah disediakan 1 lokasi yang khusus digunakan untuk berolahraga, yang biasa kita sebut Car Free Day. Agan juga bisa mengajak keluarga untuk bersama – sama berenang, bermain bulu tangkis, basket dan lain sebagainya. Olahraga harus selalu ada di dalam agenda hari Minggu, karena di hari ini kesempatan agan untuk menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga.

5. Jangan sentuh gadget agan untuk 1 hari ini saja

baca buku

Terkadang kita tidak sadar, bahwa gadget atau teknologi bisa membuang – buang waktu kita untuk berlibur. Karena sosial media saat ini sudah sangat menjamur dan bahkan seolah tidak bisa lepas dari fikiran dan hati setiap orang. Tapi cobalah untuk tidak menyentuh gadget agan barang hanya 1 hari saja. Abaikan saja segala gangguan yang ada, kecuali agan rasa itu penting untuk agan lakukan. Nikmati waktu libur agan tanpa gangguan kecil sedikitpun.

6. Pergi mengunjungi tempat wisata

berkuda

Tempat wisata yang bisa agan kunjungi bukanlah yang harus mahal, jauh dan populer. Agan bisa pergi ke daerah di sekitaran puncak atau daerah perbukitan untuk sekedar menghirup udara segar. Bukan hanya itu, pantai juga bisa menjadi pilihan bagi tujuan wisata singkat agan. Yang terpenting adalah kualitas agan menikmati liburannya, bukan seberapa mahal, lama ataupun populer tempat itu bagi agan.

7. Agan bisa pergi sendiri, berdua atau beramai – ramai

tepi sungai

Jangan kita pikir menikmati liburan sendiri itu menyedihkan. Ketika agan sibuk bergelut dengan banyak orang setiap harinya, dan agan rasa sudah menikmatinya, pasti suatu waktu agan membutuhkan waktu untuk sendiri. Pergi dan menikmati waktu untuk diri agan sendiri. Tapi berlibur dengan orang lain juga tidak ada salahnya. Dengan keluarga, teman dan atu dengan lainnya juga bisa menjadi pengobat rasa lelah agan saat bekerja.

8. Jangan sekalipun menyentuh pekerjaan!

tepi danau

Dan ini yang paling penting. Gunakan hari libur agan sebagai hari dimana agan melepas penat dan mengembalikan stamina untuk bekerja kembali. Jangan usik hari Minggu agan dengan melihat bahkan benar – benar mengerjakan tugas kantor lainnya. Jadikan hari Minggu agan tetap hari Minggu. Manfaatkan saja hari ini untuk melakukan apa yang agan suka bukan yang terus membuat agan terbebani hingga menjadi semakin lelah.

9. Temukan hobi baru agan

berkebun

Saat agan benar – benar menikmati hari Minggu ini, tentu akan ada kegiatan baru yang belum pernah agan lakukan sebelumnya. Jika agan suka melakukan hal tersebut, agan bisa menjadikannya sebagai hobi baru. Hobi yang bisa agan lakukan di hari libur selanjutnya.

10. Tutuplah hari Minggu agan dengan menuliskan cerita 1 hari penuh dalam jurnal

menulis

Ketika hari Minggu agan hampir usai, agan bisa meluangkan waktu untuk sekedar menuliskan sesuatu pada jurnal harian agan. Tulis saja kegiatan dan kejadian apa saja yang agan alami selama 1 hari penuh ini. Tujuannya adalah untuk memberikan kenangan dan membangkitkan semangat agan saat kembali beraktivitas esok hari. Jangan ragu untuk menulis sekalipun agan merupakan orang yang jarang sekali menulis. Gunakan saja buku atau note kecil yang bisa agan gunakan dan isi secara rutin. Jika agan melihat halaman demi halaman jurnal itu, maka agan akan merasa ingin melakukan hal baik yang ada di dalamnya lagi.

Jadi, manakah yang ingin agan lakukan di hari Minggu ini? Pastikan hari Minggu agan menjadi hari yang menenangkan dan menyenangkan, agar esok hari agan bisa terbebas dari rasa stres bekerja dan akan lebih bersemangat lagi.

happy sunday


loading...

Tags:
Wanwan Max
Hanyalah orang biasa (bukan luar biasa), pendiam (tapi banyak omong), suka hal-hal yang menarik (ya iya lah, kalo gak menarik gak mungkin suka dong...), dan asik juga kalo diajak ngobrol (kalo udah kenal sih....) apalagi diajak makan-makan bareng... Hehehe... (tapi dibayarin)