Inilah 8 Destinasi Wisata di Purworejo yang Wajib Dikunjungi Traveler

Jawa Tengah memang memiliki banyak sekali destinasi wisata yang menarik dan pas untuk dikunjungi saat liburan. Salah satu tujuan wisata yang paling banyak menarik perhatian banyak wisatawan adalah daerah Purworejo.

purworejo kota

Kabupaten Purworejo yang terletak di sebelah barat Provinsi Yogyakarta ini banyak sekali menyimpan tempat-tempat wisata seperti wisata pantai, wisata alam, dan masih banyak lagi tempat wisata lainnya. Ketika akan berkunjung ke Purworejo, pastinya Anda akan mencari informasi terlebih dahulu mengenai berbagai macam tempat wisata yang bisa dikunjungi.

Berikut 8 tempat destinasi wisata di Purworejo yang paling populer.

1. Wisata Alam Hutan Purworejo

Hutan Kusumo Asri Purworejo

Di Desa Mayungsari Kecamatan Bener, Purworejo terdapat objek wisata hutan, tempat ini merupakan tempat untuk perkemahan, di hutan ini anda dapat melakukan rekreasi bersama keluarga, anda juga dapat mengenalkan alam pada anak-anak anda, dengan berkemah bersama keluarga maka anda dapat membuat keluarga menjadi lebih harmonis, suasana hutan pinus yang sejuk alami di daerah pegunungan menjadikan tempat ini sangat cocok untuk sarana outbond dan kegiatan petualangan lainnya. Di hutan ini juga terdapat kebun binatang mini yang memiliki beberapa koleksi binatang yang terawat dengan baik, wisata alam Purworejo ini diberi nama Kusumo Asri.

2. Curug Siklotok

curug siklotok

curug 2 siklotok

curug silangit siklotok

Curug 3 tingkat ini berlokasi di Dusun Jeketro, Desa Kaligono, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, atau sekitar 20 Km dari pusat kota Purworejo. Curug diarea ini terdiri dari 3 tingkat curug yang terdiri dari curug Siklotok yang terletak paling bawah dengan ketinggian sekitar 15 meter, lalu ada curug yang berada ditengah dengan ketinggian sekitar 10 meter, dan yang paling atas dan paling tinggi adalah curug Silangit dengan ketinggian 30 meter. Bebatuannya yang indah dan terdapat jeram-jeram kecil yang sangat indah dengan kedalaman airnya yang beragam.

3. Pantai Ketawang

PANTAI KETAWANG

Suasana pantai yang masih asri dan alami merupakan pesona yang ditawarkan Objek wisata di Purworejo yang satu ini, pantai Ketawang merupakan pantai yang belum banyak dibangun sehingga anda dapat melihat pantai yang masih perawan, suasana di sore hari begitu indah anda melihat hamparan pasir yang luas, dipagari oleh rimbunya pohon pandan laut, serta pemandangan laut yang biru tak bertepi, dengan sinar Surya kekuningan menjelang terbenam. Di pantai ini masih jarang bangunan sehingga pandangan anda tidak akan terganggu karena terhalang oleh bangunan. Jika anda mau berkunjung silahkan datang ke Desa Ketawang Kecamatan Grabag sekitar 23 Km dari pusat Kota Purworejo.

4. Pantai Jatimalang

PANTAI JATIMALANG

Pantai Jatimalang merupakan pantai selatan pulau Jawa yang terkenal dengan keganasan ombak yang luar bisa. Keindahan pantai ini sudah dikenal oleh para wisatawan, beberapa bagunan untuk istrahat dan rumah makan sudah banyak dibangun di pantai ini, selain itu juga terdapat menara yang tinggi untuk melihat panorama pantai dari atas, di pantai ini anda juga dapat makan berbagai macam menu masakan ikan laut, yang di jual di warung-warung dekat pantai dengan harga yang terjangkau, pantai Jatimalang ini terletak di desa Jatimalang, Kecamatan Purwodadi dengan jarak sekitar 17 Km dari pusat kota Purworejo.

5. Museum Tosan Aji

MUSEUM TOSAN AJI

Museum Tosan Aji atau dikenal dengan nama Museum Pusaka ini menjadi tempat wisata di Purworejo yang menyimpan sejarah yang tinggi. Banyak peninggalan pusaka jaman kerajaan yang disimpan di Museum Tosan Aji. Banyak Pusaka yang dulunya berasal dari tanah Jawa disimpan di museum ini. Museum ini menghadirkan suasana masa lampau dengan kelengkapan koleksi pusaka tanah Jawa.

6. Masjid Agung Purworejo

Masjid Agung Darul Muttaqin Purworejo

Bedug Purworejo

Masjid Agung Purworejo digunakan sebagai tempat ibadah utama di Purworejo bagi masyarakat muslim. Selain sebagai tempat ibadah, Masjid Agung Purworejo juga dijadikan tempat wisata di Purworejo yang banyak diminati pengunjung. Di masjid agung ini Anda akan menjumpai sebuah bedug yang pembuatannya sekitar tahun 1800 an dan berdiameter 2 meter. Bedug ini merupakan bedug terbesar didunia tanpa sambungan. Keistimewaaan dari bedug ini adalah hanya digunakan pada saat akan shalat jumat, hari raya dan selama bulan ramadhan saja.

7. Goa Seplawan

goa seplawan

replika arca goa seplawan

kode etik masuk goa seplawan

Salah satu Goa yang terdapat di Kabupaten Purworejo adalah goa Seplawan. Goa seplawan terletak di Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah, sekitar 20 Km kearah timur dari pusat kota Purworejo, Goa Seplawan berada di ketinggian 700m dpl. Dengan tinggi tersebut maka udara disana sangat sejuk dan segar, goa ini juga berhubungan erat dengan sejarah Kabupaten Purworejo, karena nama goa tersebut tercantum dalam Prasasti Kayu Arahiwang. Dalam prasasti tersebut dengan jelas disebutkan bahwa salah satu tempat yang harus dijaga kesuciannya adalah Goa Seplawan.

8. Bukit Geger Menjangan

taman kota geger menjangan

pemandangan dari geger menjangan

makam kyai imam puro

Lokasi taman wisata Geger Menjangan terletak di timur laut Kota Purworejo. Masuk dalam wilayah Kelurahan Baledono Kabupaten Purworejo. Daya tarik dari Bukit Geger Menjangan yang memiliki ketinggian sekitar 175 m dpl ini bukan karena keindahan alamnya saja akan tetapi juga sebagai wisata ziarah yang cukup ramai dikunjungi para peziarah terutama saat menjelang bulan Ramadhan tiba, karena di lokasi bukit ini terdapat sebuah makam tua yakni makan Kyai Imam Puro. Kyai Imam Puro ini konon merupakan salah satu tokoh yang besar andilnya dalam sejarah keberadaan Kabupaten Purworejo, tak jauh dari makam tua ini terdapat sebuah sumur tiban yang dipercayai oleh masyarakat sekitar memiliki air ajaib dan airnya tidak kering walau di musim kemarau.

Itulah 8 destinasi wisata di Kabupaten Purworejo yang bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin pergi liburan.

Jika Anda bertempat tinggal di Purworejo atau sekitarnya mungkin bisa menambahkan destinasi wisata lain di daerah Purworejo pada kolom komentar dibawah...


loading...

Tipsnesia