Danau Paling Berbahaya, Bisa Meledak dan Membunuh Ribuan Nyawa !

1860 views

Bencana alam yang terkait dengan ledakan yang sering kita dengar adalah gunung merapi atau sambaran petir, pernahkan anda mendengar ada Danau yang bisa Meledak ? Memang terdengar sangat aneh namun di dunia ini benar-benar terdapat Danau yang bisa meledak, seperti Danau Kivu di perbatasan Rwanda dengan kongo dan Danau Nyos di Kamerun.

Mengapa Danau dapat meledak ? Jauh di kedalaman 300 meter, Danau kivu menyimpan 65 kilometer kubik gas metana yang dihasilkan oleh bakteri dan sangat berbahaya, serta 256 kilometer kubik karbon dioksida, dua hal tersebut bisa menjadi bom waktu yang bisa meledak suatu waktu.

Gas metana dan karbon dioksida yang mengendap dibawah permukaan danau akan menjadi sangat berbahaya jika terjadi aktivitas gunung vulkanik yang ada diseitarnya, aktivitas dari gunung vulkanik dapat menyebabkan tekanan pada permukaan danau dan gas metana serta karbon dioksida yang ada didalamnya dapat naik ke permukaan kemudian meledak.

Profesor Brian Moss dari University of Liverpool mengatakan "Bayangkan saja seperti minuman soda. Jika ada guncangan dan tutup botol dibuka, maka sodanya akan meledak keluar dengan cepat. Sama seperti itu, kandungan gas di dalam Danau Kivu akan meledak jika terguncang oleh aktivitas vulkanik. Apalagi, daerah di sekitarnya banyak gunung vulkanik," .

Danau Nyos di kamerun yang memiliki kesamaan dengan Danau Kivu telah memperlihatkan ledakan dahsyatnya pada tahun 1986, tidak kurang dari 1.700 orang meninggal dan 3.500 hewan ternak mati akibat keracunan gas yang keluar dari dalam danaunya dan tercampur dengan udara.

Dampak Ledakan Danau Nyos

Peristiwa itu menjadi sejarah kelam di Afrika yang sama sekali tidak diduga, dan hal yang akan membuat semua orang tercengang adalah fakta bahwa potensi ledakan di Danau Kivu 1.000 kali lipat dari Danau Nyos.

Untuk mencegah hal buruk terjadi, beberapa ilmuan dan pemerintah Rwanda melakukan proses pengolahan gas metana menjadi tenaga listrik, berlangsung sejak tahun 2011.

 

@andaikatacom


loading...

Tags:
Wanwan Max
Hanyalah orang biasa (bukan luar biasa), pendiam (tapi banyak omong), suka hal-hal yang menarik (ya iya lah, kalo gak menarik gak mungkin suka dong...), dan asik juga kalo diajak ngobrol (kalo udah kenal sih....) apalagi diajak makan-makan bareng... Hehehe... (tapi dibayarin)