Waspada! Terlalu Banyak Minum Es Teh Tingkatkan Risiko Terkena Batu Ginjal

Es Teh saat ini memang masih merupakan salah satu menu pelepas dahaga favorit orang Indonesia. Terlebih saat ini adalah momennya buka puasa. Sungguh sangat segar jika kerongkogan yang sudah terik sepanjang hari itu disiram dengan segar dan dinginnya es teh.

Namun nampaknya anda harus berhati-hati saat mengkonsumsi minuman yang satu ini, sebab menurut Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Loyola University Medical Center di Chicago, es teh bisa menyebabkan batu ginjal jika dikonsumsi terlalu banyak/berlebihan.

Hal ini disebabkan oleh es teh yang banyak mengandung zat bernama oksalat,yang merupakan Kristal kecil yang terbentuk dalam ginjal dan mengandung mineral dan garam. Secara alami batu tersebut bisa tumbuh membesar di dalam tubuh. Batu akan bersarang didalam tabung kecil yang mengalirkan urin dari ginjal ke kandung kemih.

Penelitian yang melibatkan partisipan pria dan wanita ini menyimpulkan kalau batu ginjal berkembang hingga 4x lebih cepat pada pria dibanding pada wanita, serta faktor umur berpengaruh karena usia diatas 40 tahun memiliki tingkatan risiko lebih tinggi. Pada wanita dipengaruhi fase menopause karena saat itu hormon estrogen menyusut dan risiko terpapar batu ginjal meningkat.

Selain sebabkan batu ginjal, apabila es teh ini dikonsumsi dengan menggunakan gula yang berlebihan juga bisa menyebabkan masalah lain, yaitu terkena penyakit diabetes dan kegemukan.

Karena itu, sebaiknya memang tidak berlebihan dalam mengkonsumsi sesuatu, karena berlebihan dalam menyikapi atau mengkonsumsi sesuatu ternyata tak pernah membawa kebaikan dalam catatan sejarah manusia.


loading...

Tags:
Wanwan Max
Hanyalah orang biasa (bukan luar biasa), pendiam (tapi banyak omong), suka hal-hal yang menarik (ya iya lah, kalo gak menarik gak mungkin suka dong...), dan asik juga kalo diajak ngobrol (kalo udah kenal sih....) apalagi diajak makan-makan bareng... Hehehe... (tapi dibayarin)