Sejarah April Mop, Kisah Penipuan dan Pembantaian

1608 views

Setiap tangal 1 April, sebagian orang menyebut hari itu dengan perayaan April Mop. April Mop sendiri adalah suatu hari yang diperbolehkan melakukan kebohongan, kesaksian palsu atau lelucon kepada orang lain tanpa dianggap bersalah.

April Mop atau April Fools’ Day ditandai dengan aksi tipu-menipu dan candaan terhadap orang lain dengan tujuan mempermalukan mereka yang mudah ditipu.

Hingga sekarang, sejarah April Mop masih bersifat simpang siur. Artinya, April Mop masih menjadi misteri terkait banyaknya teori di masyarakat. Bahkan, sejumlah negara di dunia punya versi April Mop sendiri-sendiri.

April Mop

April Mop

Berikut ulasan selengkapnya tentang sejarah April Mop yang dihimpun dari berbagai sumber.

Versi Prancis

Mulai tahun 1582, Perancis sudah memperingati April Mop saat masa pemerintahan Raja Charles IX. Kala itu, Paus Gregory XIII merombak penanggalan kalender yang semula 1 tahun hanya terdiri dari 10 bulan menjadi 12 bulan seperti penanggalan kalender Masehi sekarang. Sehingga, perayaan tahun baru yang semula dirayakan mulai tanggal 25 Maret hingga pada 1 April, dimajukan ke tanggal 1 Januari. Tetapi, rakyat Perancis menentang keputusan Paus.

Para warga akhirnya menetapkan perayaan 1 April sebagai Tahun Barunya. Perilaku mereka ini malah ditertawakan oleh sejumlah masyarakat lainnya yang meledek mereka dengan cara memberikan lelucon palsu.

Meski diledek, masyarakat Perancis terus bertingkah aneh setiap tanggal 1 April dan menjadikannya sebuah tradisi tahunan.
Memasuki tahun 1782, tradisi itu justru ditiru oleh orang Inggris yang selanjutnya mempopulerkannya ke seluruh dunia.

Versi Spanyol

Sejarah April Mop pun datang dari Spanyol. Negara ini merayakan April Mop pada tanggal 28 Desember yang disebut Dia de los Santos Inocentes. Itu berarti sebagai hari anak tak bersalah sampai pemerintahan Spanyol mengeluarkan undang-undang baru agar tanggal 28 desember 1978 diundur sehari supaya tidak dijadikan bahan tertawan publik. Namun, pernyataan berbeda diungkapkan Joseph Boskin, profesor dari Boston University.

Boskin mengatakan, ide April Mop digagas oleh para pelawak Kerajaan Romawi pada masa pemerintahan Raja Constantin I di abad ketiga sampai keempat pasca Masehi. Mulanya, para pelawak kerajaan ini mengajukan petisi kepada Raja untuk mengizinkan mereka menjadi raja hanya untuk sehari saja.
Tak disangka, sang Raja setuju dengan petisi ini dan mengangkat salah satu pelawaknya yang bernama Jeter untuk menjadi Raja Sehari pada tanggal 1 April. Setelah naik tahta, Raja Jeter pun meresmikan tanggal 1 April sebagai hari kemustahilan.

Versi Perang Salib

Versi ini menjabarkan bahwa perayaan April Mop adalah hari kemenangan atas dibunuhnya ribuan umat Islam Spanyol oleh tentara salib yang dilakukan lewat cara-cara penipuan. Tak segan-segan, tentara salib merayakan April Mop dengan cara melegalkan penipuan dan kebohongan meski berniat hanya iseng.

Di masa itu, tentara salib menipu umat muslim Spanyol yang kalah perang. Mereka mengatakan bahwa warga Spanyol akan dibebaskan dan dibawa keluar dengan menggunakan kapal. Tetapi itu semua hanyalah bohong belaka. Ini merupakan cara tentara salib untuk menipu masyarakat Spanyol. Kala muslim Spanyol masuk ke dalam kapal, mereka justru dibunuh oleh tentara Salib. Peristiwa keji itu terjadi pada tanggal 1 April.

Sekian uraian mengenai sejarah asal mula April Mop. Pada intinya, April Mop adalah budaya barat yang bersifat jahil dan sangat merugikan orang lain. Jika aden & enon ingin merayakan April Mop, sebaiknya jangan sampai mengerjai teman-temanmu dengan sesuatu yang berlebihan. Karena itu akan bisa membuat orang lain marah.

April Mop

April Mop

Berita Palsu

Rutinitas lelucon April Mop sering membuat orang-orang yang memperingatinya sering meragukan liputan berita yang terbit pada tanggal 1 April.

* Tsunami April Mop di Hilo, Hawaii.

Pada 1 April 1946, gempa bumi disertai tsunami membunuh 165 orang di Hawaii dan Alaska mengakibatkan dibuatnya sistem peringatan tsunami. Di Hawaii, tsunami ini dikenal dengan "Tsunami April Mop", karena banyaknya orang yang mati karena tidak percaya berita akan kedatangan tsunami tersebut.

* Kematian Raja George II dari Yunani pada tanggal 1 April 1947.

* AMC Gremlin yang pertama kali diperkenalkan pada tanggal 1 April 1970.

* Pada tahun 1979, Iran menyatakan bahwa 1 April merupakan Hari Republik. Kabar ini dianggap sebagai lelucon hingga tiga puluh tahun kemudian.

* Pada tanggal 1 April 1984, penyanyi Marvin Gaye ditembak dan dibunuh oleh ayahnya. Awalnya, orang beranggapan bahwa itu adalah berita palsu, terutama mengingat aspek aneh ayah menjadi seorang pembunuh.

* Pada 1 April 1993, juara NASCAR Seri Piala Winston, Alan Kulwicki tewas dalam kecelakaan pesawat yang melibatkan eksekutif Hooters dari Amerika di Blountville, Tennessee dekat Bandara Tri-Cities. Perjalanan itu menuju ke Food City 500 yang dijadwalkan untuk hari berikutnya.

* Deathrock legenda Rozz Williams wafat karena bunuh diri pada tanggal 1 April 1998.

* Pada tanggal 1 April 1999 wilayah barat laut Kanada terpecah yang sekarang wilayah itu bernama Nunavut.

" Persaingan antara Merger Square dan perusahaan saingannya, Enix, terjadi pada 1 April 2003, dan pada awalnya dianggap sebagai lelucon.

* Leslie Cheung, penyanyi dan aktor terkenal asal Hong Kong, bunuh diri pada tahun 2003 karena depresi berat.

* Peluncuran Gmail pada April 2004 oleh Google juga awalnya dianggap lelucon, karena Google memang terkenal sering memasang lelucon April Mop pada situs mereka.


loading...

Wanwan Max
Hanyalah orang biasa (bukan luar biasa), pendiam (tapi banyak omong), suka hal-hal yang menarik (ya iya lah, kalo gak menarik gak mungkin suka dong...), dan asik juga kalo diajak ngobrol (kalo udah kenal sih....) apalagi diajak makan-makan bareng... Hehehe... (tapi dibayarin)