Manfaat Kesehatan Dari Donor Darah

1126 views

Kita semua tahu tentang donor darah, menyumbangkan darah dapat menolong seseorang. Tapi, kita semua melakukan kegiatan ini sebagai tugas sosial. Sangat sedikit orang yang tahu bahwa ada manfaat kesehatan dari menyumbangkan darah. Selain memberi ketenangan mental, menyumbangkan darah memiliki beberapa manfaat bagi tubuh. Ingin tahu bagaimana manfaatnya ??

Berikut ada beberapa Manfaat kesehatan dari donor darah:

Menyeimbangkan kadar zat besi: Ini adalah salah satu manfaat kesehatan terbaik dari donor darah. Menurut studi penelitian, telah menemukan bahwa banyak orang memiliki tingkat kelebihan zat besi yang dikonsumsi melalui makanan. Jadi, untuk menyeimbangkan kadar zat besi dalam tubuh, sangat baik untuk menyumbangkan darah. Memiliki terlalu banyak zat besi dalam darah bisa berbahaya bagi jantung. Untuk mencegah penyakit kardiovaskular, itu  sangat baik untuk melakukan donor darah. Wanita menstruasi menyeimbangkan kadar zat besi melalui periode (menstruasi). Namun laki-laki, dan perempuan setelah menopause perlu menyeimbangkan kadar zat besi dalam tubuh mereka. Setelah menyumbangkan darah, dokter mengambil tes untuk memeriksa sehingga kadar zat besi tidak turun.

Pemeriksaan kesehatan: Sebelum menyumbangkan darah, riwayat donor darah kita diperiksa. Bahkan para dokter melakukan beberapa tes dasar untuk melihat apakah darah dapat disumbangkan atau tidak. Jadi, itu adalah salah satu alasan untuk mendapatkan pemeriksaan kesehatan gratis. Melalui tes ini, Anda bisa mengetahui apakah Anda sehat atau tidak. Dengan cara ini, Anda dapat dibuat sadar akan masalah kesehatan yang mempengaruhi tubuh Anda.

Mengurangi risiko kanker: Tingkat zat besi yang rendah dalam tubuh mengurangi risiko mengembangkan gejala kanker. Kemungkinan untuk menderita kanker terutama kanker usus besar, paru-paru, hati, tenggorokan dan kanker paru-paru akan lebih rendah jika kita mendonorkan darah.

Kontrol tekanan darah tinggi: Ini adalah salah satu manfaat kesehatan dari donor darah. Bila Anda menyumbangkan darah, volume darah seimbang. Hal ini untuk mencegah peningkatan tekanan darah. Jadi, hati yang sehat adalah baik untuk mencegah penyakit kardiovaskular.

Mengurangi kolesterol: sel darah mengandung kolesterol. Kolesterol buruk dan yang baik bagi tubuh  ditemukan dalam sel-sel darah merah. Salah satu manfaat kesehatan dari darah donor adalah bahwa hal itu membantu mengurangi kadar kolesterol.

Membantu mengatasi kehilangan darah: Bila Anda menyumbangkan darah, dibutuhkan 4-8 Jam bagi tubuh untuk mengisi kehilangan darah. Sel-sel darah merah mengisi kesenjangan. Sampai saat itu, tubuh Anda melakukan penyesuaian pengisian ini. Jadi, jika Anda kehilangan beberapa darah dalam kecelakaan atau cedera, tubuh Anda dapat mengatasi hal ini karena sudah terbiasa dengan anda mendonorkan darah tadi. Ini adalah manfaat kesehatan donor darah. Pria dapat menyumbangkan darah setiap 3 bulan sedangkan perempuan dapat menyumbangkan setiap 4 bulan. Tapi, pastikan berkonsultasi dengan dokter sebelum  melakukan donor darah.


loading...

Wanwan Max
Hanyalah orang biasa (bukan luar biasa), pendiam (tapi banyak omong), suka hal-hal yang menarik (ya iya lah, kalo gak menarik gak mungkin suka dong...), dan asik juga kalo diajak ngobrol (kalo udah kenal sih....) apalagi diajak makan-makan bareng... Hehehe... (tapi dibayarin)