Inilah Penjelasan Ilmiah Kenapa Makanan di Pesawat Terasa Tidak Enak

Kamu mungkin pernah bertanya-tanya kenapa makanan di pesawat rasanya tidak enak, aneh, dan tak sesuai dengan rasa semestinya makanan tersebut. Apakah ada yang salah dengan makanannya? Kini, para ilmuwan telah menemukan jawabannya.

makanan pesawat

Menurut penelitian yang dilakukan Cornell University, Amerika Serikat, makanan tidak terasa nikmat karena fungsi lidah bagian perasa manis melemah, sedangkan perasa gurih akan menguat ketika seseorang berada di dalam pesawat yang bising. Inilah yang menjadi penyebab makanan terasa tidak karuan.

"Penelitian kami menegaskan bahwa dalam lingkungan suara keras, indera perasa kita akan terganggu," kata Robin Dando, asisten profesor ilmu makanan di Cornell University seperti dikutip dari Daily Mail.

Dalam studi yang diterbitkan dalam Journal of Experimental Psychology tersebut, para peserta yang terdiri dari 48 orang diminta untuk mencicipi 5 jenis konsentrasi makanan dengan rasa yang berbeda dalam kondisi bising seperti berada di kabin pesawat dan juga dalam keheningan.

Selain itu, para ahli menemukan bahwa lingkungan yang bising seperti di pesawat tidak berpengaruh terhadap makanan gurih seperti tomat, bahkan rasanya malah makin nikmat.

Namun untuk rasa manis, para ahli menemukan bahwa paparan suara keras membuat makanan manis kurang terasa manis. Sementara untuk rasa asin, asam, atau pahit tidak ada bedanya.

Baca Juga :  Tahukah Kamu? Apa Fungsi Lekukan di Bagian Tengah Bibir Atas

loading...

Tipsnesia

Jangan Lewatkan...