Fakta Unik : Ternyata Inilah Penyebab Warna Facebook Biru

1689 views

Pernah tidak terlintas pertanyaan di benak Anda, kenapa Facebook itu berwarna biru? Ternyata oh ternyata, Mark Zuckerberg sang penemu Facebook itu buta warna. Zuckerberg sendiri yang mengakui bahwa dia red-green color blind. Warna yang paling jelas dia lihat adalah warna biru.

“Biru adalah warna yang paling jernih bagi saya,” ungkap Zuck ke majalah The New Yorker. “Saya dapat melihat semua warna biru.” Imbuh Zuck.

 

Mark Zuckerberg Ternyata Buta Warna

Apa itu red-green color blind? penasaran kan?

Red-green color blindness is a generic term for protanopia (red-blindness), protanomaly (red-weakness), deuteranopia (green-blindness), and deuteranomaly (green-weakness).

 

Ayo tebak, angka berapa di bawah ini?

Protanopia (red-blindness) berarti sel kerucut warna merah di mata tidak ada sehingga tingkat kecerahan warna merah atau perpaduannya kurang jelas terlihat. Protanomaly (red-weakness) yaitu seorang yang buta warna lemah mengenal warna merah. Deuteranopia (green-blindness) maksudnya retina pada mata tidak memiliki sel kerucut yang peka terhadap warna hijau. Deuteromaly (green-weakness) artinya warna hijau sangat sulit dikenali oleh seorang penderitanya.

 

Warna Biru Facebook Pas Banget!

Namun lihatlah, walaupun pemilihan warna biru untuk Facebook karena ‘terpaksa’, namun dari sisi teori warna untuk pemasaran sungguhlah tepat.

 

Sudut Laman depan website Facebook

Apa arti warna biru menurut pakar marketing? biru itu dapat dimaknai: dapat dipercaya, dapat diandalkan, menenangkan, fokus, profesional, bijaksana, bisnis.

Cocok banget kan?

Menurut teori warna dalam marketing, biru itu menciptakan kesan dapat dipercaya, aman. Dan warna biru ini lazim kita lihat pada warna bank dan perusahaan bisnis. Ayo tebak, di Indonesia bank apa saja yang menggunakan warna biru? Smile

Baca Juga :  Mengapa Manusia Suka Ciuman? Inilah Alasannya

 

Warna pada logo perusahaan kelas dunia

Dan ternyata oh ternyata warna biru itu adalah warna yang lazimnya disukai oleh pria dan wanita. Kan ada tuh warna yang lazimnya hanya disukai oleh pria saja, namun tidak disukai wanita. Dan sebaliknya ada warna yang lazim disukai pria namun tidak disukai wanita. Coba bayangkan jika Facebook itu menggunakan warna pink atau ungu? hehehe…

 

Warna biru cocok untuk pria dan wanita

Pesan moralnya, hati-hati memilih warna. Apalagi bagi Anda seorang marketer. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

 

@andaikatacom


loading...

Wanwan Max
Hanyalah orang biasa (bukan luar biasa), pendiam (tapi banyak omong), suka hal-hal yang menarik (ya iya lah, kalo gak menarik gak mungkin suka dong...), dan asik juga kalo diajak ngobrol (kalo udah kenal sih....) apalagi diajak makan-makan bareng... Hehehe... (tapi dibayarin)

Jangan Lewatkan...