Mengapa Rel Kereta Api Menggunakan Kerikil ? Inilah Alasannya

Kereta api jadi alat transportasi andalan di kota besar dan dianggap bisa mengatasi masalah kemacetan. Pasalnya kereta api memili lintasan sendiri. Tetapi sadarkan anda, di lintasan kereta api itu selalu dilapisi kerikil? Kemudian mengapa lapisannya tidak menggunakan aspal seperti jalan raya agar lebih terlihat stabil?

Ada alasan khusus mengapa rel kereta api dilapisi batu koral atau kerikil. Salah satunya alasan paling mendasar, karena batu tidak perlu memakan biaya yang mahal untuk membuat pondasi rel kereta api.

Apabila menggunakan beton atau aspal yang akan memakan biaya yang besar, tapi jika dengan batu, biaya yang dikeluarkan pun tidak besar. Walau sekedar batu, tapi ini efektif untuk membuat pondasi rel kereta yang kokoh.

Selain itu, batu-batu kecil ini disebut sebagai pemberat rel yang membuat rel kereta api tetap pada tempatnya. Pasalnya, rel kereta api dapat berubah posisi karena panas matahari, udara dingin, getaran tanah atau bahkan ada rumput yang tumbuh di sekitar rel kereta api.

Berikut beberpa alasan lain dibalik adanya batu-batu kerikil tersebut

1. Berguna Sebagai Ballast

sinyal elektrik kereta api

Batu-batu kerikil yang berada diantara sela-sela rel kereta api disebut dengan istilah ballast. Berfungsi sebagai pemberat atau penyeimbang agar lintasan kereta api selalu berfungsi dengan semestinya. Meski terlihat sepele, keberadaan batu-batu kerikil sebagai ballast ini sangatlah diperlukan dan penting.

2. Stabilitas Lintasan Kereta Api

kereta api indonesia

Batu-batu kerikil ini digunakan sebagai material khusus penopang stabilitas antara kendaraan dan struktur rel kereta api itu sendiri. Seperti halnya bantalan balok kayu di bawah rel besi yang berguna untuk menahan kedua jalur besi agar tidak goyah atau bergeser. Tentu saja ada rumus teknik tertentu untuk menghitung jarak antar kayu agar rel terbentuk dengan kuat dan kokoh.

Baca Juga :  Mengapa Manusia Suka Ciuman? Inilah Alasannya

3. Mencegah Balok Kayu Bergeser

jalur rel kereta api

Batu-batu kerikil yang tajam berguna untuk mencegah bantalan balok kayu agar tidak bergeser. Hal ini juga merupakan salah satu alasan kenapa ada beberapa batu kerikil yang dipotong agak lebih tajam di seberang rel kereta api.

4. Menambah Ketinggian

masinis kereta

Batu-batu kerikil ini berguna untuk menambah ketinggian struktur tanah dan sekaligus mencegah rel terkena banjir atau lumpur dari air yang mengalir ke jalur kereta api.

5. Mencegah Pertumbuhan Gulma

rel kereta api

Keberadaan batu-batu ini juga berguna untuk mencegah pertumbuhan gulma dan jenis vegetasi lain yang dapat menutupi rel. Jadi sangat penting sekali ternyata fungsi dari kerikil yang berada di setiap lintasan jalur kereta.


loading...

Yoga Saputra
Aku biasa aja sih, hanya anak orang biasa yang suka sama hal-hal yang luar biasa !

Jangan Lewatkan...