7 Efek Mengagumkan di Balik Stres

1010 views

Keadaan stres merupakan hal yang paling dihindari karena menjadi penyebab menurunnya beragam aktivitas dan produktifitas seseorang. Apalagi stres juga mampu menyebabkan masalah kesehatan dan nantinya berpengaruh pada kecantikan. Namun, di balik itu semua ternyata stres yang dikelola dengan baik juga memiliki beragam manfaat yang mengagumkan. Seperti berikut ini:

Menjaga Tetap Fokus

Stres terbukti menjaga otakmu dalam keadaan tetap fokus, karena kemampuannya untuk merangsang pergerakan di otak. Sehingga tidak jarang ketika stres melanda, kamu justru akan merasakan peningkatan produktivitas dan daya konsentrasi yang meningkat.

Meningkatkan Daya Ingat

Seperti orang yang kelaparan, sekalipun cara kerjanya menjadi lebih lambat, orang yang sedang stres akan memiliki kemampuan mengingat yang lebih tajam. Hal ini terjadi karena hormon memasuki wilayah otak yang penting dan berfungsi mengendalikan kognisi dan emosi sehingga meningkatkan kerja daya ingat.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Ketika stres, tubuh akan mempersiapkan diri dari kemungkinan cedera dan infeksi. Karena tubuh melepaskan kortisol yang berfungsi menanggapi stres dan memproduksi interleuikin tambahan, sebuah bahan kimia yang mengatur kekebalan tubuh.

Mempercepat Pemulihan Penyakit

Setiap kali sakit, tidak jarang orang ikut merasakan stres. Namun, sebuah studi menyatakan bahwa keadaan stres tersebut justru direspon oleh tubuhm, dengan menghasilkan sejumlah besar sel pelawan patogen agar tubuh lebih cepat pulih.

Melatih Kemampuan Bertahan

Stres membuat seseorang terlatih menangani kondisi ini. Bukan hanya kuat secara fisik, tapi juga mental dan psikologis. Stres yang berulang membuatmu lebih siap dan mampu beradaptasi menghadapi tantangan berikutnya dengan menciptakan kontrol terhadap permasalahan.

Memotivasi Kesuksesan

Baca Juga :  Mengapa Manusia Suka Ciuman? Inilah Alasannya

Apa yang terjadi jika deadline makin mepet? Atau waktu mengerjakan sesuatu hampir habis? Mungkin kamu pernah merasakan munculnya energi tambahan dan ide-ide cemerlang di saat genting. Tentu saja, karena keadaan stres mampu merangsang serta memaksa diri untuk mengubah prilaku dalam mengelola situasi menjadi efektif, cepat, dan lebih produktif agar pekerjaan bisa selesai.

Meningkatkan Keterampilan Bayi dalam Kandungan

Pada masa kehamilan, tak jarang seorang ibu akan mengalami stres. Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2006, stres tingkat rendah atau sedang yang dialami ibu hamil tersebut justru akan merangsang keterampilan perkembangan bayi dalam kandungan.

Jadi, jika kamu sering mengalami stres, namun lebih cepat menghadapi serta mengatasi sebuah situasi, dan juga merasa jauh lebih sehat dibanding orang lain.


loading...

Wanwan Max
Hanyalah orang biasa (bukan luar biasa), pendiam (tapi banyak omong), suka hal-hal yang menarik (ya iya lah, kalo gak menarik gak mungkin suka dong...), dan asik juga kalo diajak ngobrol (kalo udah kenal sih....) apalagi diajak makan-makan bareng... Hehehe... (tapi dibayarin)

Jangan Lewatkan...