10 Rahasia Mengejutkan Tentang Pesawat Terbang yang Harus Kamu Tahu

1375 views
Ayo! Bagikan artikel ini ke Facebook atau Twitter, biarkan teman-temanmu tahu...

Pesawat terbang dinilai sebagai transportasi yang paling efektif bila ingin bepergian pada rute-rute lokasi tujuan yang jauh. Pasalnya, pesawat terbang memang mampu mengantarkan para penumpangnya ke lokasi tujuan dalam tempo waktu yang sangat singkat.

Sejarah Pesawat dan Seluk Beluknya

pesawat terbang

Pesawat terbang atau pesawat udara adalah mesin atau kendaraan apapun yang mampu terbang di atmosfer atau udara. Pesawat terbang yang lebih berat dari udara diterbangkan pertama kali oleh Wright Bersaudara (Orville Wright dan Wilbur Wright) dengan menggunakan pesawat rancangan sendiri yang dinamakan Flyer yang diluncurkan pada tahun 1903 di Amerika Serikat. Selain Wright bersaudara, tercatat beberapa penemu pesawat lain yang menemukan pesawat terbang antara lain Samuel F Cody yang melakukan aksinya di lapangan Fanborough, Inggris tahun 1910. Sedangkan untuk pesawat yang lebih ringan dari udara sudah terbang jauh sebelumnya. Penerbangan pertama kalinya dengan menggunakan balon udara panas yang ditemukan seorang berkebangsaaan Perancis bernama Joseph Montgolfier dan Etiene Montgolfier terjadi pada tahun 1782, kemudian disempurnakan seorang Jerman yang bernama Ferdinand von Zeppelin dengan memodifikasi balon berbentuk cerutu yang digunakan untuk membawa penumpang dan barang pada tahun 1900. Pada tahun tahun berikutnya balon Zeppelin mengusai pengangkutan udara sampai musibah kapal Zeppelin pada perjalanan trans-Atlantik New Jersey 1936 yang menandai berakhirnya era Zeppelin meskipun masih dipakai menjelang Perang Dunia II. Setelah zaman Wright, pesawat terbang banyak mengalami modifikasi baik dari rancang bangun, bentuk dan mesin pesawat untuk memenuhi kebutuhan transportasi udara.

Namun sayang, tidak banyak penumpang yang mengerti rahasia tersembunyi dari transportasi yang sering mereka tumpangi. Bagaimanapun juga, kita sebagai salah satu penumpang maupun calon penumpang pesawat WAJIB untuk mengetahui hal ini agar kita tidak terkejut nantinya saat menumpang pada transportasi tersebut. Apa sajakah rahasianya ?

1. Pesawat Terbang Terkena Petir Setiap Saat

pesawat terbang kena petir

Ini bukan sesuatu yang harus kamu takuti. Mengapa ? karena Pilot pesawat sudah mengerti bagaimana cara mengatasinya. Jadi tenang saja, tidak usah khawatir akan hal ini ! (Baca juga : Inilah spesifikasi pesawat kepresidenan RI)

2. Headset Yang Disediakan, Tidak Selalu Baru

headset musik

Meskipun dibungkus dengan rapi, bahkan ada tag ‘New’, bukan berarti headset itu baru lho. Kebanyakan maskapai menggunakan headset lama, yang sudah dibersihkan lalu dibungkus ulang seperti baru.
Eits, meski bekas, tenang saja, headset ini sudah bersih kok. (Baca juga : Teknologi internet cepat untuk pesawat terbang masa depan)

3. Masker Oksigen Hanya Bisa Digunakan Selama 15 Menit

masker oksigen

Usut punya usut, ternyata oksigen pada masker yang tersedia dibangku hanya bisa dipakai selama 15 menit. Eits, tapi tenang dulu, waktu 15 menit tersebut sudah cukup untuk Pilot mencari ketinggian yang aman, sehingga kita bisa bernafas dengan normal lagi.

Baca Juga :  10 Manfaat Lain Tombol Windows Pada Komputermu

4. Pesawat Selalu Redupkan Lampu Saat Mendarat Malam Hari

pesawat terbang mendarat

Loh kenapa kok dimatikan ? Jawabannya, agar semua para penumpang terbiasa dengan gelap dan bila ada tanda evakuasi sedang menyala maka kamu bisa segera menyadarinya bahwa saat ini pesawat sedang mengalami keadaan darurat.

5. Setiap Pilot Disuguhkan Makanan Yang Berbeda-beda

makanan pilot

Mentang-mentang Pilot, makanannya istimewa dan selalu ganti-ganti menu. Eits, jangan berpikiran negatif. Namun sejujurnya, tujuan penggantian menu makanan tiap Pilot ini bertujuan untuk menjaga mereka agar tidak diracuni. Ih serem ya! (Baca juga : Inilah penjelasan ilmiah mengapa makan di pesawat terasa tidak enak)

6. Hewan Peliharaan Tidak Akan Diperlakukan Sebaik Penumpang

anjing

Lho kenapa? mereka kan juga makhluk hidup, naik pesawatnya juga bayar kok! Inget, para petugas maskapai memiliki hal-hal lain yang penting mereka kerjakan mengenai keselamatan penumpang, dan hewan peliharaan bukanlah prioritas yang utama.

Biasanya, para pramugari maupun pramugara memberi perintah agar para penumpang mematikan ponselnya. Namun, belum tentu pramugari/a itu sendiri mematikan ponselnya. Tapi, tidak semua pramugari ataupun pramugara seperti itu kok.

7. Pramugari Memberi Perintah Agar Kita Mematikan Handphone

pramugari pesawat

Biasanya, para pramugari maupun pramugara memberi perintah agar para penumpang mematikan ponselnya. Namun, belum tentu pramugari/a itu sendiri mematikan ponselnya. Tapi, tidak semua pramugari ataupun pramugara seperti itu kok. (Baca juga : Gunakan HP saat pesawat lepas landas jadi kenyataan)

8. Air Di Toilet Pesawat Belum Tentu Bersih

air toilet pesawat

Airnya memang sudah di-desinfeksi, tapi kuman-kuman masih ada lho. (Baca juga : Cerita lucu toilet pesawat udara)

9. Pesawat Selalu Landing Dengan Keras Saat Cuaca Buruk

pesawat terbang landing

Tenang, Pilot memang sengaja melakukan itu kok. Karena jika landasan tertutup air hujan pesawat harus turun lebih keras agar tidak tergelincir.

10. Jangan Minum Air Yang Tidak Didalam Kemasan Botol

pramugari pelayan

Lho kenapa memang? Saluran air untuk membersihkan kamar mandi pesawat dengan saluran untuk mengisi ulang air minum sangatlah dekat. Meskipun sudah dipastikan aman, tentu rasa khawatir dan cemas masih ada.

Ayo! Bagikan artikel ini ke Facebook atau Twitter, biarkan teman-temanmu tahu...


Tipsnesia