10 Fungsi Lain dari Kertas Koran yang Jarang Kalian Ketahui

1685 views

Sekarang mungkin koran sudah mulai tergantikan dengan media-media online. Selain koran mempunyai fungsi sebagai media informasi, berita dan cerita, bukan berarti sekali baca bisa kita buang, ssst, jangan dibuang... Berikut adalah fungsi kertas koran yang ajaib.

1. Mematangkan buah

buah pisang

Kertas koran yang tidak digunakan, bisa kita gunakan untuk mematangkan buah-buahan tertentu, diantaranya buah tomat, mangga dll. Misalnya buah tomat yang masih berwarna hijau atau orange dapat kita bungkus dengan kertas koran beberapa jam s/d 3 hari, tergantung tingkat kematangan buah tersebut. Cara itu dapat membuatnya menjadi lebih empuk dan matang, agar lebih mantap dipandang mata juga saat disantap.

2. Alas serba guna

lemari

Sebelum membuang koran bekas, itu dapat dimanfaatkan sebagai alas serba guna. Dapat sebagai alas sangkar burung, tempat menyimpan panci, alas baju di lemari, dan alas-alas lainnya. Tergantung kreatifitas kalian.

3. Membersihkan kaca

kaca jendela

Saat membersihkan kaca, kertas koran dapat digunakan untuk menyeka air sabun / air pembersih yang telah agan semprotkan ke kaca. Kertas Koran tidak terlalu menyerap air, maka saat membersihkan kaca, air pembersih jangan disiramkan, namun pakailah semprotan. Asal jangan digunakan untuk membersihkan kaca monitor laptop dan TV.

4. Media penyimpan barang yang mudah pecah

keramik

Ini biasanya pas mau pindahan rumah, bila memiliki keramik atau barang pecah belah, dapat memakai kertas koran ini sebagai pembungkus atau pengisi jeda antara keramik satu dengan lainnya, agar tidak langsung bersenggolan.

5. Pembungkus buku atau kado

bungkus kado

Kertas koran bekas juga bisa dijadikan pembungkus kado (pengiritan). Asal isi kadonya jangan barang bekas juga. Kado akan tampak unik, jangan takut dengan anggapan orang lain bahwa memberikan kado harus dibungkus kertas kado. Bagaimanapun juga, kado yang bernilai adalah isinya, bukan bungkusnya yaaa.

Baca Juga :  Mengapa Manusia Suka Ciuman? Inilah Alasannya

6. Sebagai tambahan komposter

pupuk kompos

Buat yang suka bercocok tanam, koran kadaluwarsa dapat dimanfaatkan sebagai penambah media kering dalam komposter, sehingga kompos yang dihasilkan akan menjadi lebih baik.

7. Sebagai sarana penahan laju pertumbuhan rumput

Ini mungkin sebagai jalan keluar alternatif bagi yang bermasalah dengan rumput dirumahnya. Letakkan Koran ini diantara tanaman, koran ini akan berfungsi sebagai penahan pertumbuhan rumput liar.

8. Menambah pendapatan

koran bekas

Koran kadaluwarsa yang melimpah ruah dirumah kita dapat pula menjadi penambah pendapatan kita. Caranya, cukup kita kumpulkan semuanya dan kita bawa ke penjualan barang bekas.

9. Media penghilang bau

sepatu bau

Bila kalian memiliki sepatu yang berbau "agak menganggu", apalagi sepatu boot atau futsal yang berbau, masukkan kertas koran ke dalam sepatu untuk menghilangkan baunya, cukup ampuh lho!

10. Dibuat kerajinan

topeng

Kertas koran bekas bisa juga dibuat untuk kerajinan yang menghasilkan nilai ekonomi. Misalnya di buat topeng dari koran.


loading...

Tipsnesia

Jangan Lewatkan...