Kondisi dunia hacker di Indonesia saat ini dipertanyakan

1972 views
hacker di Indonesia

[www.andaikata.com] - Dalam serangan hacker Indonesia ke situs pemerintahan Australia saat ini, banyak pihak mencoba mengakui diri mereka adalah hacker. Namun begitu, seorang hacker senior ternyata menanyakan kebenaran klaim ini.

Dalam sebuah laman di http://ezine.echo.or.id/, hacker dengan nama anonymous dan anonymous [[AT]] echo.or.id ini mencoba menyoroti dunia peretasan di Indonesia saat ini. Menurutnya, dunia hacking di nusantara sudah berubah drastis dari yang dulu diketahuinya.

"Dunia keamanan informasi memang tidak lagi seperti dulu. Tidak ada lagi hal-hal yang menarik. Tidak ada lagi tantangan. Tidak banyak hacker konsisten dengan aktivitasnya. Terlalu banyak geng hacking yang tidak jelas konsep dan tujuannya," tulisnya pada paragraf awal tulisan tersebut.

Hacker ini pun melihat bahwa minat para hacker muda untuk terus belajar sudah mulai menurun. Menurutnya sudah tak ada lagi hacker saat ini yang tertantang melakukan eksplorasi terhadap ilmunya.

"Atau... mungkin malah berpikir bahwa hacking itu adalah hal yang mudah yang dapat dipelajari dengan seminggu kursus dan kemudian akan mendapat gelar Certified Ethical Hacker?," sambungnya.

Dirinya pun kemudian menyoroti lesunya sarana komunikasi para hacker Indonesia saat ini. Menurutnya, hal ini pulalah yang menyebabkan komunitas hacker Indonesia makin kempis.

"Sekarang, hampir sebagian komunitas yang menggunakan mailing list maupun web forum selalu dipenuhi dengan pertanyaan yang sebenarnya dapat dengan mudah diperoleh jawabannya dengan lima menit googling. Karena tidak mendapatkan jawaban, sang pemula biasanya akan putus asa dan kemudian meninggalkan komunitas tersebut. Selain itu, "penghuni lama" komunitas tersebut juga menjadi bosan meladeni pertanyaan-pertanyaan dari para pemula, dan akhirnya juga meninggalkan komunitas tersebut," tambahnya.

Namun, ketika menanyakan apakah hacker underground di Indonesia sudah mati, dirinya mencoba menampik. Menurutnya, saat ini masih ada hacker seperti itu namun sudah berubah sifatnya.

"Jika dulu dikenal sebagai underground, maka saat ini lebih dikenal sebagai mainstream."




loading...

Tags:
Wanwan Max
Hanyalah orang biasa (bukan luar biasa), pendiam (tapi banyak omong), suka hal-hal yang menarik (ya iya lah, kalo gak menarik gak mungkin suka dong...), dan asik juga kalo diajak ngobrol (kalo udah kenal sih....) apalagi diajak makan-makan bareng... Hehehe... (tapi dibayarin)