6 Kesalahan Fatal Dalam Film yang Justru Dipercayai Banyak Orang

Film bagaimanapun adalah rekaan, walau berbagai adegan di dalamnya selalu terlihat sangat nyata dan terjadi berulang kali dalam film lain, sehingga secara tidak langsung kerap dianggap nyata oleh penonton.

avengers age of ultron

Tapi sebenarnya hal itu salah besar atau tidak sesuai kenyataan. Penasaran apa saja hal-hal itu? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Sinar laser terlihat

pesawat star trek

Salah satu hal biasa dalam film-film Hollywood adalah senapan laser yang tembakannya terlihat mata telanjang. Jika dihubungkan dengan dunia nyata, sinar laser tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Sinar laser harus dipantulkan agar bisa terlihat.

2. Ledakan

ledakan dalam film

Hal yang satu ini sangat biasa muncul di film-film action. Semua tokoh protagonis film akan baik-baik saja, atau hanya terlempar karena sebuah ledakan. Padahal, jika terjadi di dunia nyata, ledakan itu tekanannya akan sangat mematikan. Dengan jarak tertentu, ledakan bisa membuat orang tewas seketika.

3. Pesawat sangat mudah dinyalakan

pesawat quin jet

Dalam berbagai film sering digambarkan tokohnya melarikan diri menggunakan pesawat atau helikopter yang sebelumnya belum dinyalakan. Mereka sepertinya hanya menekan beberapa tombol, kemudian pesawat tinggal landas. Hal ini sangat sulit untuk dilakukan karena untuk menyalakan pesawat ada berbagai langkah dan puluhan tombol yang harus dinyalakan berurutan. Contohnya, Boeing 747 memiliki 123 tombol yang harus dinyalakan sebelum siap melakukan lepas landas, bahkan jet tempur butuh 15 menit untuk persiapan tinggal landas.

4. Melacak telpon dalam sekejap

menelpon seseorang

Proses pelacakan telepon yang digambarkan film Hollywood juga tidak nyata. Dalam film selalu memperlihatkan pihak berwajib harus mengulur waktu pembicaraan agar bisa melacak lokasi penjahat. Hal ini seharusnya tidak terjadi, karena polisi memiliki alat yang secara langsung mengetahui keberadaan penelepon. Jikalau yang dipakai penelepon adalah telepon genggam curian, polisi masih tetap bisa melacaknya kurang dari 1 menit setelah sambungan telepon terjadi.

5. Hacker adalah penjahat

hacker

Peretas atau hacker dalam film selalu digambarkan sebagai orang yang melanggar hukum. Padahal di dunia nyata ada mata pencaharian menjadi hacker dan legal. Mereka biasanya dibutuhkan untuk melakukan tes pada sistem keamanan hal-hal yang berhubungan dengan siber.

6. Komunikasi antar planet

alat komunikasi nasa

Film fiksi ilmiah sering menggambarkan tokoh-tokohnya berkomunikasi dalam jarak jauh, hingga antar planet. The Martian contohnya, komunikasi berjarak dari bumi ke Mars dan sebaliknya berjalan sangat lancar, tanpa jeda sedikitpun. Jika dilihat dalam kehidupan nyata, pastinya kamu akan kecewa. Komunikasi dua orang yang ada di bumi dan Mars akan memiliki jeda setidaknya 21 menit untuk tiap pesannya.


loading...

Tags:
Yoga Saputra
Aku biasa aja sih, hanya anak orang biasa yang suka sama hal-hal yang luar biasa !