Kenali 10 Penyebab Terjadinya Polusi Udara

920 views

Setiap proses yang menghasilkan zat yang kecil dan cukup ringan untuk dibawa dalam pesawat, atau gas itu sendiri, dapat berkontribusi terhadap polusi udara. Sumber-sumber ini dapat alami atau buatan manusia dan terjadi sekaligus atau perlahan-lahan dari waktu ke waktu. Sumber dapat dilokalisasi, seperti kompleks industri, atau datang dari beberapa produsen, seperti mobil. Mereka bisa menjadi indoor atau outdoor, dan bahkan jika polutan yang hadir, ini tidak berarti bahwa mereka berbahaya untuk kesehatan, selama mereka tidak melebihi batas aman yang ditetapkan oleh organisasi seperti Badan Perlindungan Lingkungan AS.

Pembakaran dari Industri

asap pabrik

Hampir semua polutan udara umum dapat diproduksi oleh proses industri. Beberapa di antaranya diproduksi oleh pembakaran bahan bakar fosil yang mendorong proses industri, sehingga partikulat, ozon dan oksida nitrogen.

Emisi Transportasi

uji emisi

Bentuk umum transportasi seperti mobil, pesawat dan kapal umumnya menggunakan pembakaran untuk memanfaatkan energi dari bahan bakar fosil. Proses pembakaran melepaskan polutan ke udara, seperti partikel dan karbon monoksida, dan juga melepaskan zat yang cepat membentuk ke nitrogen oksida dan ozon, yang merupakan polutan udara penting.

Efek Samping Pertanian

traktor

Petani menggunakan mesin didorong oleh bahan bakar fosil untuk membajak sawah dan hasil panen, dan hewan yang dibesarkan dalam jumlah besar untuk makanan juga memproduksi jenis mereka sendiri polusi udara. Metana adalah gas yang menimbulkan efek rumah kaca yang memungkinkan pemanasan global; itu muncul dari gas usus yang dikeluarkan oleh hewan ternak.

Pemanas Rumah

rumah kaca

Menjaga rumah yang hangat umumnya pekerjaan bahan bakar fosil seperti minyak, gas dan batubara. Pembakaran mereka berarti bahwa pemanasan merupakan sumber penting dari polutan udara seperti sulfur dioksida. Jika listrik digunakan untuk memanaskan rumah, tanaman energi yang dihasilkan itu mungkin juga telah didorong oleh bahan bakar fosil.

Masakan Rumah

memasak

Energi yang digunakan dalam memasak mungkin berasal dari tanaman energi, dalam hal potensi polusi udara telah muncul sebelumnya. Atau, seperti di negara-negara berkembang, rumah memasak membutuhkan pembakaran langsung dari kayu atau batubara, yang menghasilkan polusi partikulat pada titik penggunaan.

Letusan Gunung Berapi

letusan gunung

Kadang-kadang orang berpikir polusi udara sebagai sepenuhnya buatan manusia. Bahkan, proses alam melepaskan banyak zat ke udara yang digolongkan sebagai polusi. Sulfur dioksida adalah besar polutan udara yang modern, dan menurut National Geographic, gunung berapi dapat melepaskan cukup sulfur dioksida ke udara untuk mempengaruhi pendinginan global.

Kebakaran Hutan

kebakaran hutan

Kebakaran hutan melepaskan polutan ke udara dengan cara yang sama seperti perapian pembakaran kayu menghasilkan polusi. Mereka menghasilkan partikel asap halus, yang, menurut EPA, cukup kecil untuk bisa masuk ke paru-paru dan merusak paru-paru dan jantung.

Asap Tembakau

asap rokok

Di negara berkembang, rumah mungkin memiliki terlihat asap yang berasal dari api yang digunakan untuk memasak dan memanaskan rumah. Di negara maju, asap tembakau umumnya satu-satunya jenis terlihat polusi udara di dalam rumah. Kedua jenis asap dalam ruangan terkait dengan penyakit pernapasan.

Peleburan Logam

peleburan logam

Industri tertentu menghasilkan profil polutan udara tertentu, dan sumber utama pencemaran logam seperti timah adalah peleburan logam, meskipun niche menggunakan timbal, seperti dalam pembuatan bahan bakar penerbangan tertentu, juga berkontribusi.

Aerosol dan CFC

aerosol dan cfc

Chlorofluorocarbons (CFC) dalam aerosol adalah penyebab utama kehancuran lapisan ozon, dan produksi mereka dilarang di Amerika Serikat pada tahun 1995. Meskipun larangan tersebut di seluruh dunia, National Library of Medicine AS mengatakan CFC dapat bertahan selama satu abad di atmosfer, di mana mereka terus melakukan kerusakan. Lapisan ozon membantu melindungi planet dari sinar ultraviolet yang berbahaya.


loading...

Wanwan Max
Hanyalah orang biasa (bukan luar biasa), pendiam (tapi banyak omong), suka hal-hal yang menarik (ya iya lah, kalo gak menarik gak mungkin suka dong...), dan asik juga kalo diajak ngobrol (kalo udah kenal sih....) apalagi diajak makan-makan bareng... Hehehe... (tapi dibayarin)

Jangan Lewatkan...