Ini 5 Media Telekomunikasi yang Sekarang Dilupakan!

1450 views

Tahukah kamu kalau saat ini semakin berkembangnya teknologi , banyak alat atau media telekomunikasi yang sudah ditinggalkan. Bahkan alat telekomunikasi yang dulu sangat berjasa bagi banyak orang sudah dilupakan begitu saja bahkan hilang terlekang zaman. Seperti 5 media telekomunikasi berikut ini :

1. Merpati Pos

Tradisi mengirim pesan melalui burung merpati ini sudah digunakan sejak zaman dahulu kala yakni pada zaman romawi dan persia kuno. Diamana mereka melatih burung merpati untuk mengirim pesan pada pasukan militer. Untuk mengirim pesan sebelumnya burung merpati harus diatih dahulu agar dapat melakukan tugasnya. Tapi saat ini mana ada ya orang yang mau mengirim surat pakai burung merpati? Kaena lebih cepat menggunakan burung biru alias twitter.

2. Telegram

Telegram merupakan fasilitas yang digunakan banyak orang untuk mengirim sebuah pesan secara cepat dan akurat. Telegram sendiri berisi kombinasi kode yang ditransmisikan oleh sebuah alat yang disebut telegraf, cara kerja dari alat ini menggunakan jaringan kabel yang meghubungkan satu lokasi dengan lokasi lain dari bawah laut.

Di Indonesia sendiri telegram digunakan pertama kali pada tahun1856 dimana telegram menjadi saksi sejarah layanan pertama dari PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom). Untuk pesan yang dikirim melalui telegram juga harus singkat dan tanda baca harus diganti dengan huruf. Jika ditelusuri melalui google, terlihat telegram di Indonesia masih digunakan pada tahun 1993 setelah itu perlahan telegram mulai bergeser karena jaringan telepon sudah mulai banyak digunakan.

3. Pager

Sebelum era handphone booming orang-orang lebih menggunakan pager untuk berkomunikasi. Karena saat itu telepon genggam masih terbilang barang mewah dengan biayanya cukup mahal. Namun penggunaan pager bukan telekomunikasi langsung dua arah seperti mengirim sms, karena untuk mengirim pesan pada pager kamu harus menghubungi operator untuk menitipkan pesan yang akan kamu kirim ke penerima no. pager.

4. Telepon Umum

Telepon umum saat ini dibeberapa tempat di Jakarta sudah hampir sulit ditemukan, jika ada mungkin kondisinya sudah banyak tidak berfungsi bahkan rusak. Dahulu telepon umum menjadi primadona karena biayanya relatif murah menggunakan koin pecahan 50,100,500rupiah atau menggunakan kartu telepon magnetik atau chip.

5. Bis Surat

Kapan terakhir kali kalian mengirim surat atau kartu pos melalui kantor pos atau bis surat? Di era 90-an mengirim kartu ucapan menjelang Hari Raya menjadi hal yang sangat seru untuk dilakukan. Namun semakin hari tradisi tersebut semakin berkurang karena banyak orang yang memilih untuk mengrim ucapan dengan sms, email, sosial media hingga aplikasi chatting karena pesan yang dikirim sampai lebih cepat bahkan langsung.


loading...

Tags:
Wanwan Max
Hanyalah orang biasa (bukan luar biasa), pendiam (tapi banyak omong), suka hal-hal yang menarik (ya iya lah, kalo gak menarik gak mungkin suka dong...), dan asik juga kalo diajak ngobrol (kalo udah kenal sih....) apalagi diajak makan-makan bareng... Hehehe... (tapi dibayarin)