2 Faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Terhadap Perumahan

perumahan

Memiliki rumah sendiri bukan hanya menjadi cita-cita dan impian dari setiap pasangan baru ataupun keluarga, melainkan merupakan sebuah impian dari setiap orang. Hal ini karena tempat tinggal adalah sebuah kebutuhan primer yang sangat penting adanya. Namun dari kenyataannya ternyata tidak semua orang bisa mendapatkan rumah yang layak huni dan nyaman untuk ditinggali, karena beberapa faktor yang salah satunya adalah pembiayaan yang sangat mahal sekali. Apalagi sekarang ini bahan material bangunan yang setiap waktunya terus mengalami kenaikan berikut dengan harga bbm. Belum lagi dengan harga tanah yang semakin melambung tinggi, apalagi di daerah perkotaan ataupun tempat yang strategis seperti pinggir jalan, sekarang ini sudah sangat jauh harganya. Dan riset pasar perumahan menunjukkan bahwa masyarakat kini lebih memilih perumahan ketimbang harus membangun rumah sendiri.

Ada beberapa faktor yang membelakangi minat masyarakat untuk memilih perumahan diantaranya yaitu :

1. Pembiayaan yang ringan

uang-seratus-ribu-rupiah

Yang dimaksud di dalam pembiayaan disini yaitu adanya system KPR yang meringankan beban masyarakat menengah ke bawah untuk mencicil biaya rumah. Dengan cicilan yang ringan dan terjangkau, maka siapapun bisa mendapatkan hunian yang layak di tempat yang strategis sekalipun. Bahkan sekarang ini ada program subsidi perumahan bagi masyarakat dengan kategori tertentu dari pemerintah, sehingga lebih mudah dan ringan dalam pembiayaannya.

2. Lokasi yang strategis dan aman

perumahan strategis

Perusahaan yang mengelola perumahan tentunya memilih tempat yang lebih strategis dan mudah terjangkau, karena ini akan sangat berpengaruh terhadap riset pasar perumahan yang semakin bersaing sekarang ini. Keamanan dan kenyamanan calon konsumen menjadi tujuan utama pemilihan tempat oleh pengembang, sehingga daya jual rumah nantinya akan lebih baik. Dan ini adalah keuntungan tersendiri bagi konsumen yang sulit untuk mencari lokasi yang cocok untuk tempat tinggal terutama di daerah perkotaan untuk memilih lokasi yang strategis dan memiliki fasilitas umum yang terjangkau.

Kedua faktor tersebut tentunya sangatlah berpengaruh terhadap minat masyarakat dalam memilih perumahan ketimbang harus membangun rumah sendiri. Dan tidak menutup kemungkinan hal tersebut sama dengan pemikiran anda.


loading...

Yoga Saputra
Aku biasa aja sih, hanya anak orang biasa yang suka sama hal-hal yang luar biasa !