5 Dampak Buruk yang Bisa Terjadi Karena Pamer Foto Selfie

1287 views

Beberapa orang ‘ketagihan’ foto selfie karena mendapat respon positif dari orang lain ketika di-posting melalui sosial media, terutama bagi yang tidak memiliki kegiatan. Psikolog klinis dan forensik, Kasandra Putranto, menuturkan bahwa foto selfie hanya berguna untuk diri sendiri. Misalnya saja menjadi salah satu cara untuk menghibur diri atau mengisi waktu luang.

Sayangnya, bila foto selfie disebarkan ke dunia maya bisa menimbulkan kerugian yang tentu berdampak buruk bagi pelakunya. Tidak menutup kemungkinan foto tersebut mengundang kejahatan yang merugikan dirinya sendiri. Tak hanya itu, ada empat dampak buruk lainnya yang terjadi karena sering menyebarkan foto selfie ke media sosial. Apa saja dampak yang dimaksud? Berikut infonya.

1. Mengundang Kejahatan

Psikolog yang memulai karir sejak 1997 itu menuturkan, foto selfie yang disebarkan ke jejaring sosial bisa mengundang kejahatan. Tak sedikit wanita yang foto selfie dengan pakaian seksi sehingga mempengaruhi orang lain untuk memanfaatkan peluang itu. Ini perlu diperhatikan terutama bagi orang yang tidak memiliki kegiatan.

2. Tugas Utamanya Terbengkalai

Orang yang sudah ketagihan foto selfie bisa membuat pekerjaan utamanya terbengkalai. Hal ini karena ia sibuk mempersiapkan diri untuk selfie dan lupa dengan tugas yang sebenarnya. Wanita lulusan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia itu memberikan contoh, ada seorang ibu rumah tangga yang memiliki anak dua. Sejak tren selfie di media sosial booming, sang ibu bukan mengurus anak tapi sibuk memotret diri sendiri. Ia merasa ada kegiatan baru dengan dandan dan foto selfie. Akhirnya ini membuat anak-anaknya kurang perhatian karena sang ibu ‘ketagihan’ menyebarkan foto selfie.

Baca Juga :  Jika Matahari Hilang dalam Seminggu, Inilah yang Terjadi di Bumi?

3. Mengganggu Orang Lain

Awalnya mungkin hanya ingin menghibur diri dan mengisi waktu luang dengan foto selfie yang disebar ke media sosial. Ternyata efek dari hiburan itu membuat ia merasa senang kemudian diulang kembali. Pengulangan terus-menerus itu yang akhirnya bisa mengganggu orang lain karena setiap manusia memiliki rasa toleransi yang berbeda.

bFoto selfie juga bisa mempengaruhi orang lain yang melihatnya. Kasandra menuturkan, beberapa orang yang sudah ‘ketagihan’ selfie juga mem-posting fotonya saat sedang suntuk atau sedih. Aura yang ditimbulkan dari foto tersebut tentu negatif yang bisa mempengaruhi orang lain. Belum lagi dengan wanita yang hobi foto selfie mengenakan pakaian seksi. Ini bisa mempengaruhi pikiran orang lain untuk menirunya, yang akhirnya menjadi celah melakukan kejahatan.

5. Picture Exchange Affair

Menurut Kasandra, dari menyebarkan foto selfie ke akun sosial pribadi kini berkembang menjadi picture exchange affair atau bertukar foto dengan kekasih. Tidak menutup kemungkinan bahwa foto tersebut akhirnya digunakan untuk merugikan orang lain.


loading...

Tags:
Wanwan Max
Hanyalah orang biasa (bukan luar biasa), pendiam (tapi banyak omong), suka hal-hal yang menarik (ya iya lah, kalo gak menarik gak mungkin suka dong...), dan asik juga kalo diajak ngobrol (kalo udah kenal sih....) apalagi diajak makan-makan bareng... Hehehe... (tapi dibayarin)

Jangan Lewatkan...