Macam-macam Pemanas Air Listrik untuk Rumah Anda

1824 views

Electric water heater merupakan salah satu jenis pemanas air yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan air panas yang dikonsumsi atau digunakan sehari-hari. Pemanas air listrik yang satu ini dipakai karena cukup praktis dan bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan masing-masing. Harus diketahui bahwa electric water heater terdiri dari 2 macam produk yang berbeda satu sama lain, yaitu pemanas air dengan tangki dan pemanas air tankless atau tanpa tangki. Meski berbeda jenis, keduanya tetap dioperasikan dengan tenaga listrik alias pemanas air elektrik.

pemanas air listrik

Pemanas air dengan tangki merupakan salah satu jenis pemanas yang paling banyak digunakan di zaman dulu. Pemanas ini cukup besar dengan bentuk tangki bundar horizontal atau vertical. Karena bentuk fisiknya yang besar, rata-rata pemanas air tersebut diletakkan di luar kamar mandi dan beberapa diantaranya digantungkan di dalam kamar mandi. Cara kerja yang terbilang sederhana membuat pemanas air ini disukai banyak orang. Namun karena pemakaiannya kurang efisien, maka pemanas air yang satu ini cukup terbilang boros listrik bila jarang dipakai. Di samping itu, pemanas yang satu ini juga terbilang mahal karena harganya di atas 2 juta tergantung dari ukuran tangki.

Sedangkan untuk pemanas air elektrik tanpa tangki, bentuk dan ukurannya relative lebih kecil sehingga pemasangannya bisa dilakukan dengan mudah dan terlihat cantik. Proses pemanasan air yang dilakukan juga sangatlah cepat dan praktis. Akan tetapi, pengonsumsian daya listrik yang sangat besar harus diperhitungkan apabila Anda tertarik untuk menggunakan alat pemanas yang satu ini. Karena tipe pemanas tankless tidak memakai tangki, maka harga yang ditawarkan relative lebih murah dari pada tipe sebelumnya yaitu sekitar ratusan ribu rupiah.

Itulah dua macam electric water heater yang bisa Anda pilih untuk memenuhi kebutuhan air panas sehari-hari. Kedua jenis pemanas air tersebut bisa Anda pilih sesuai kebutuhan saat ini. Bagi Anda yang ingin memiliki pemanas air dengan tangki, maka siapkanlah budget yang cukup untuk membeli, sedangkan bagi Anda yang ingin menggunakan pemanas air listrik tanpa tangki, pastikanlah suplai listrik di rumah cukup dan memadai.


loading...

Wanwan Max
Hanyalah orang biasa (bukan luar biasa), pendiam (tapi banyak omong), suka hal-hal yang menarik (ya iya lah, kalo gak menarik gak mungkin suka dong...), dan asik juga kalo diajak ngobrol (kalo udah kenal sih....) apalagi diajak makan-makan bareng... Hehehe... (tapi dibayarin)