5 Kerajaan Gaib yang Konon Ada di Beberapa Wilayah Indonesia

2145 views
Ayo! Bagikan artikel ini ke Facebook atau Twitter, biarkan teman-temanmu tahu...

Mitos atau legenda yang melekat pada suatu tempat memang tidak bisa dilepaskan dari masyarakat Indonesia, karena itu merupakan suatu kepercayaan yang diturunkan oleh leluhur bangsa Indonesia. Maka tak heran, jika di masa modern seperti sekarang ini, masih banyak orang yang memegang teguh kepercayaan terhadap kekuatan spiritual atau gaib yang berada pada suatu tempat.

Cerita-cerita yang beredar pun beragam, karena setiap suku bangsa di Indonesia ini memiliki kebudayan masing-masing yang berbeda satu sama lain. Anda pasti sering juga mendengar tentang istilah kerajaan ghaib, bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang kerajaan-kerajaan ghaib yang dipercaya ada di Indonesia sampai saat ini, simak informasi berikut ini.

1. Kerajaan Gaib Laut Selatan

Keberadaan Ratu Pantai Selatan dan kerajaanya adalah mitos yang hingga kini masih banyak diperbincangkan dan menuai kontroversi. Banyak sekali versi yang beredar di masyarakat terkait sosok penguasa laut selatan Pulau Jawa ini. Keberadaan kerajaan laut selatan juga dihubung-hubungkan dengan raja kerajaan Mataram dan keturunannya.

penguasa pantai laut selatan

Salah satu cerita yang sangat dipercaya oleh masyarakat yang tinggal di dekat pantai selatan adalah kisah ratu pantai selatan yang sebelumnya merupakan permaisuri Prabu Siliwangi. Ia melakukan ritual mekso atau mengubah diri menjadi makhluk ghaib dengan menceburkan diri ke laut. Karena saat itu ia mengandung, maka dikemudian hari dua orang putrinya masing-masing menguasai pantai selatan pulau jawa dengan sebutan Nyi Roro Kidul, sedangkan di utara dikuasai oleh Dewi Lanjar.

2. Kerajaan Ghaib Alas Purwo

Kerajaan ghaib yang berada di Alas Purwo dipercaya sebagai kerajaan jin paling besar di Indonesia. Berlokasi di Banyuwangi Jawa Timur, merupakan hutan lindung yang suasana mistisnya akan sengat terasa bila Anda berkunjung ke tempat ini.

taman nasional alas purwo

Banyak yang percaya bahwa alas purwo adalah tempat berkumpulnya para jin. Selain itu, juga sebagai tempat yang digunakan orang untuk bersemedi, termasuk juga Ir. Soekarno juga kerap mengujungi tempat Alas Purwo. Kabarnya dulu hutan belantara ini dijadikan sebagai tempat berlindung bagi raja-raja yang tidak mau masuk islam.

3. Kerajaan Ghaib Gunung Merapi

Tak hanya hutan belantara dan lautan saja yang diyakini sebagai tempat tinggal para makhluk ghaib, tapi gunung-gunung juga diyakini sebagai tempat yang angker dan mistis. Ada yang percaya bahwa terdapat sebuah kerajaan ghaib di tempat itu, salah satunya adalah Gunung Merapi.

gunung merapi

Gunung Merapi berada di Pulau Jawa dan menjadi salah satu dari 10 gunung berapi aktif paling berbahaya di dunia. Masyarakat disekitar lereng Merapi percaya bahwa daerah bebatuan di dekat puncak merupakan pusat dari kerajaan ghaib gunung merapi yang dipimpin oleh Eyang Merapi, tempat ini bernama pasar bubrah.

4. Kerajaan Ghaib Pulomas

Pulau Jawa seakan menjadi tempat bersarangnya makhluk-makhluk astral. Indramayu yang terletak di Pulau Jawa dipercaya juga memiliki kerajaan ghaib Pulomas yang berbentuk rawa-rawa. Mungkin orang biasa takkan bisa melihat ada hal lain ditempat itu, tapi bagi orang yang memiliki penglihatan khusus, maka ia akan melihat adanya sebuah kerajaan besar dengan tembok kokoh terbuat dari emas, begitulah kata Wak Cartim seorang juru kunci setempat.

kerajaan gaib pulomas

Sebelum Indramayu didirikan seorang raja yang bernama Wiralodra, ia memimpin pembabatan hutan untuk mendirikan kerajaan. Tak terima dengan hal itu, raja ghaib Werdinata yang menguasai hutan, menantang Wiralodra untuk bertarung hingga 11 bulan. Dengan bantuan Raja ghaib dari kerajaan lain yang bernama Kalacungkring, akhirnya mereka berdua berdamai dengan syarat Wiralodra harus menikahi putri dari Raja Werdinata. Kerajaan Ghaib Pulomas diyakini masih ada hingga saat ini dan tetap dipimpin oleh Raja Werdinata.

5. Kerajaan Ghaib Uwentira

Tidak hanya Pulau Jawa, Pulau Sulawesi juga memiliki cerita tersendiri tentang keberadaan kerajaan ghaib. Bagi sebagian orang, keberadaan makhluk ghaib yang mendiami suatu lokasi, akan membuat suasana tempat itu menjadi terasa angker. Kadangkala keberadaan mereka juga dibuktikan dengan penampakan-penampakan makhluk ghaib.

Tugu Uwentira

Banyak yang meyakini dan tidak meragukan adanya kerajaan ghaib yang disebut Uwentira, yaitu sebuah kebun kopi yang terletak diantara Kota Palu dan Kabupaten Parigi Moutong. Jika Anda mengunjungi tempat ini, maka Anda akan menemukan sebuah tugu berwarana kuning. Masyarakat setempat percaya bahwa di tempat itulah berdiri gerbang ghaib menuju Uwentira.

Itulah beberapa tempat yang diyakini sebagai lokasi berdirinya sebuah kerajaan ghaib. Memang hal ini sulit dibuktikan, karena keberadaanya tak kasat mata. Tapi kita tetap harus menghargai keyakinan tersebut sebagai bagian dari budaya masyarakat. Karena setiap orang boleh memiliki keyakinannya masing-masing terkait dengan tempat tertentu, termasuk juga dalam hal keberadaan makhluk ghaib yang menguasi tempat tersebut.

Ayo! Bagikan artikel ini ke Facebook atau Twitter, biarkan teman-temanmu tahu...


Investiga Six
Mengungkap hal-hal "ganjil" yang tengah terjadi di lingkungan masyarakat sosial.