Orang Indonesia Pasti tak Asing Lagi dengan 9 Menu Sarapan Ini

Sarapan pagi merupakan salah satu langkah awal untuk mengisi energi tubuh, sehingga bisa tahan menjalani rutinitas harian yang padat. Jika kamu tinggal di luar negeri mungkin kamu akan sarapan dengan roti tawar dengan ditemani segelas kopi atau teh manis. Tentu hal ini jarang terjadi di Indonesia, orang Indonesia lebih senang sarapan dengan menu-menu yang mengeyangkan perut.

Indonesia dengan beragam suku dan budayanya memiliki banyak sekali menu makanan yang bisa kamu pilih untuk mengisi energi dipagi hari. Beragam masakan khas Indonesia ini bisa kamu peroleh dengan mudah karena banyak warung makan yang menyediakannya.

1. Nasi Kuning

nasi kuning

virginmojito.wordpress.com

Nasi kuning merupakan makanan khas Indonesia. Nasi yang dimasak dengan kunyit, santan dan juga beberapa bumbu rempah-rempah ini memiliki cita rasa gurih dan lezat. Nasi kuning sering digunakan sebagai tumpeng yang disajikan dengan berbagai lauk pauk. Biasanya setiap pagi banyak sekali orang yang menyediakan nasi kuning sebagai menu sarapan pagi.

Tidak ada sejarah yang menjelaskan asal usul dan dari mana nasi kuning berasal. Jadi, sampai hari ini, kita bisa menjumpai nasi kuning di setiap sudut kota-kota Indonesia. Ini seperti menjadi makanan sejuta umat.

2. Nasi Uduk

nasi uduk

resepmakansedap.com

Sepintas nasi uduk terlihat sama dengan nasi putih biasa, tapi sebenarnya berbeda. Nasi uduk tidak terlihat putih dan butiran nasinya tidak lengket serta memiliki bau yang harum. Biasanya nasi uduk disajikan bersama telur, tempe atau tahu goreng, ayam goreng, sambal serta taburan bawang goreng.

Nah, kalau nasi uduk asalnya dari Betawi. Nasi uduk yang terkenal paling enak ya nasi uduk Jakarta, maksudnya nasi uduk Betawi. Karena rasanya yang gurih, makanan ini sekarang juga menjadi menu makan rakyat sejuta umat.

3. Lontong Sayur

lontong sayur

resepcaramasak.info

Menu yang satu ini pasti bikin kamu ngiler. Lontong adalah masakan yang terbuat dari beras yang dibungkus daun pisang lalu direbus selama beberapa jam. Selain disajikan bersama sayur, lontong juga bisa disajikan bersama sate.

Buat yang tinggal di perumahan, makanan kayak begini dateng sendiri. Si abang penjualnya keliling komplek sambil teriak-teriak.

4. Nasi Pecel

nasi pecel

greenicicleblog.com

Nasi pecel merupakan makanan khas yang berasal dari Jawa. Berbagai sayuran hijau yang direbus lalu disiram dengan bumbu sambal kacang yang khas dan dihidangkan dengan menggunakan pincuk (daun yang digunakan sebagai pengganti piring). Kelezatan pecel ini sudah diakui dunia lo, jadi tidak usah ragu lagi sarapan dengan menu ini.

Baca Juga :  6 Perubahan Menakjubkan pada Hidup Ketika Seseorang Bertemu Jodoh

Yang terkenal adalah nasi pecel Madiun. Belum makan nasi pecel kalau belum makan makanan ini di daerah asalnya. Dan bener, penulis juga merasakan sangat sulit menemukan pecel yang nikmat di luar kota Madiun.

5. Ketoprak

ketoprak

worldrecipes.expo2015.org

Makanan ini terbuat dari lontong yang diiris tipis dicampur dengan tauge segar, mie bihun serta irisan mentimun lalu disiram dengan bumbu kacang yang enak serta taburan bawang goreng melengkapi hidangan ini.

6. Bubur Ayam

bubur ayam

harianlampung.co.id

Bubur nasi dibuat dengan cara memasak beras dengan air yang banyak sehingga menciptakan tekstur makanan yang lembut dan berair. Bubur ayam biasa dilengkapi dengan taburan bawang goreng, daun bawang cincang, daun seledri, kedelai goreng, serta cakwe dan kerupuk.

7. Mie

mie goreng

perusahanku.co

Mie menjadi salah satu alternatif menu sarapan yang bisa kamu nikmati. Biasanya menu ini sering dinikmati pada akhir bulan ketika keuangan mulai menipis, hehehe. Mie instan yang diolah dengan resep sendiri ini juga mempunyai rasa yang makyus, dengan tambahan telur dan cabe yang pedas akan membuat kamu berkeringat ketika memakannya.

8. Soto Ayam

soto ayam

caramembuat123.blogspot.com

Soto ayam merupakan makanan sejenis sup ayam yang disajikan dengan sayuran seperti kentang, irisan telur, daun kol, dan juga seledri. Ciri khas dari soto adalah memiliki kuah dari kaldu ayam yang dibumbui dengan berbagai bumbu rempah. Bagaimana apakah kamu mau mencoba sarapan dengan soto ini?

9. Nasi Gudeg

nasi gudeg

thejavanese.com

Gudeg merupakan makanan khas dari Yogyakarta. Biasanya menu ini disajikan dengan nasi liwet dan juga ayam atau tahu bacem sebagai lauknya. Cita rasa yang dimiliki oleh makanan ini sangat khas sekali, jadi kamu wajib mencobanya.

Beberapa orang tidak cocok dengan makanan Jogja yang katanya serba manis. Tapi bagi yang sudah menyukai salah satunya, biasanya akan suka dengan makanan khas Jogja yang lain. Jadi, untuk menilai apakah kamu cocok untuk jadi orang Jogja, ada baiknya ngetes lidah kamu untuk mencicipi gudeg yang banyak bertebaran di kota romantis nan mistis ini.

---

Baca juga: Menebak Kepribadian Cewek dari Sarapannya


loading...

Yoga Saputra
Aku biasa aja sih, hanya anak orang biasa yang suka sama hal-hal yang luar biasa !

Jangan Lewatkan...