Inilah 6 Mata Uang Paling Unik dan Aneh di Dunia

157 views

Benda yang satu ini pasti banyak disukai orang dari berbagai belahan Bumi. Yups, siapa sih yang nggak suka uang? Ada di setiap negara di dunia, tentu masing-masing dari mereka punya perbedaan.

Mulai dari desain gambar hingga bahan pembuatnya, ternyata ada beberapa mata uang yang sangat unik di dunia. Inilah beberapa mata uang dunia yang paling unik dan menakjubkan.

1. Uang Kertas Penghematan dari Zaire

uang kertas zaire

Pada tahun 1997, rezim totaliter Joseph Mobutu, pendiri Negara Afrika Zaire terjungkal. Akibat kondisi keuangan negara yang seret, Republik Demokratik Kongo, nama baru dari negara tersebut, memutuskan untuk melakukan penghematan. Mereka tidak mencetak mata uang baru, tapi malah memotong bagian wajah pemimpin lama mereka dari lembaran kertas uang yang beredar. Lembaran-lembaran uang kertas bolong pun beredar di seluruh negara Kongo.

2. Dollar Zimbabwe

Uang-Dollar-Zimbabwe

Berbeda dengan keunikan dari uang-uang lainya yang terletak pada desainya, uang yang berasal dari satu negara yang ada di Afrika ini terletak pada nominalnya. Satu lembar dolar Zimbabwe punya nominal 100 miliar, guys.

Uang yang diterbitkan oleh Pemerintah Zimbabwe pada tahun 2009 ini dikeluarkan sehubungan adanya hiperinflasi yang melanda negara ini. Akibat embargo dunia, nilai mata uang negara ini terus menurun tiap tahunya. Anehnya lagi, meskipun bernilai 100 miliar, konon satu lembar uang ini hanya bisa dipakai untuk membeli sepotong roti atau tiga butir telur.

3. Koin Kanada yang bisa menyala dalam gelap

Koin Kanada

Guys, kamu pasti mengira ini adalah uang mainan yang ada di dalam hadiah makanan ringan. Jangan salah, ini ternyata uang dari Kanada, lho.

Kanada menciptakan koin koleksi yang bisa bersinar dalam gelap. Saat gelap, koin bergambar dinosaurus itu menampilkan gambar kerangka dari jenisnya. Di sisi sebelahnya ada gambar Ratu Elizabeth tapi tidak menyala.

4. Dollar Antartika

Uang Dollar Antartika

Kalian pasti nggak nyangka bila Kutub Selatan yang daratannya dipenuhi es ternyata punya mata uang. Diproduksi oleh “Antarctica Overseas Exchange Office”, nilai tukar uang dan muka uang ini sama dengan dolar Amerika Serikat.

5. Uang lima Lirot Bergambar Einstein

Uang lima Lirot Bergambar Einstein

Tahukah kamu, pada tahun 1952, Albert Einstein diminta untuk menjadi Presiden Israel? Negara Yahudi yang baru terbentuk itu berharap bisa menghormati fisikawan luar biasa yang berkontribusi untuk ilmu pengetahuan. Meskipun Einstein ternyata menolak, Negara Israel tetap merilis uang bernominal 5-lirot pada tahun 1968 dengan memasang gambar ilustrasi Einstein.

6. Rand Afrika Selatan

Uang Rand Afrika Selatan

Afrika Selatan Reserve Bank pada tahun 2005 merilis serangkaian uang kertas dengan ikon hewan-hewan safari khas Afrika.


loading...

Tags:
Dea Lova
Kalo bercanda jangan kelewatan yaaa, kalo kelewatan muternya jauuuhhh... :)