7 Hal Paling Menakjubkan yang Hanya ada di Asia Tenggara

226 views

Benua Asia merupakan tempat dari segala keunikan dan keanehan dunia. Asia merupakan surganya kuliner ekstrem, tradisi nyeleneh, dan keajaiban-keajaiban alam. Kalau selama ini kata nyeleneh selalu dikaitkan dengan China dan Jepang, mungkin kita perlu berkenalan dengan fakta-fakta tersembunyi dari Asia Tenggara. Vietnam, Myanmar, Kamboja, Singapura, Thailand, Malaysia, Laos, Filipina, dan negara kita Indonesia memiliki keunikan tersendiri yang tak bisa ditemui di negara lain.

Berikut ini kami sajikan beberapa hal paling unik dan aneh yang hanya bisa ditemui di Asia Tenggara.

1. Happy herb pizza

Pizza Ganja

Mau tahu apa bahan istimewa yang ditambahkan sebagai topping happy herp pizza? Rempah happy alias daun ganja. Benar, happy herb pizza adalah kuliner khas yang biasa dijajakan di Kamboja. Biasanya makanan ini disajikan di kedai-kedai yang ada di kota besar, terutama di kawasan yang sering didatangi wisatawan asing.

Biasanya kedai-kedai yang menjual happy herb pizza bersedia membuatkan pizza 'ekstra happy' dengan biaya tambahan. Kadang mereka juga menyediakan minuman segar dengan tambahan ganja pula, misalnya milk shake dan jus. Herannya, kedai-kedai ini bisa terus beroperasi tanpa masalah dengan pihak yang berwajib. Padahal ganja untuk kepentingan rekreasional terhitung ilegal di Kamboja.

2. Ladyboy paling jelita

Banci Thailand

Ladyboy alias wanita transgender tampaknya sudah menjadi sesuatu yang identik dengan Thailand. Konon ladyboy Thailand terkenal jelita. Wajah dan tubuhnya persis dengan wanita tulen.

Beberapa hal tentang ladyboy Thailand yang tersohor hingga ke seluruh dunia antara lain Nong Poy si transgender jelita yang sudah merambah dunia perfilman Hong Kong, Miss Tiffany Universe, ajang ratu kecantikan serupa Miss Universe khusus kaum transgender, dan Tiffany Cabaret yang menjadi salah satu atraksi wisata malam populer di Pattaya.

3. Satwa-satwa eksotis nan langka

Banteng Jawa

Kawasan Asia Tenggara memiliki keanekaragaman hayati yang luar biasa, terutama spesies vertebrata besar. Menurtu laporan WWF, dari kelas mamalia saja ada sekitar 160 spesies yang sudah berhasil diidentifikasi, antara lain harimau, gajah Asia, lutung Jawa, macan tutul, banteng, badak Jawa, dan beruang madu. Beberapa di antaranya merupakan satwa langka yang hampir punah.

alam liar Asia Tenggara juga menjadi habitat bagi 455 spesies burung. Yang terancam punah antara lain ayam hutan berleher oranye (Arborophila davidi), ibis raksasa (Pseudibis gigantea), dan mentok rimba (Cairina scutulata).

4. Buku terluas di dunia

Pagoda Kuthodaw

Bukan buku terbesar, tetapi buku terluas di dunia. Satu halaman di Pagoda Kuthodaw yang ada di Mandalay, Myanmar adalah sebuah buku yang utuh. Buku tersebut berisi ajaran Buddha yang dikutip dari Tripitaka. Masing-masing halaman berupa tablet batu dengan lebar 107 cm dan panjang 153 cm yang dilindungi cungkup bercat putih. Total ada 1.460 halaman yang dibagi menjadi 729 tablet berada di halaman kuil.

Kitab Tripitaka di halaman kuil dikerjakan selama 8 tahun, sejak tahun 1860 sampai 1868. Buku tersebut sempat rusak pada masa penjajahan Inggris, namun segera direstorasi kembali setelah Myanmar merdeka.

5. Gua terbesar di dunia

Goa Han Song Doong Vietnam

Vietnam memiliki Han Song Doong, gua terbesar di dunia yang diakui sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO sejak tahun 2009. Letaknya di perbatasan Vietnam dan Laos. Jarak dari tanah sampai ke langit-langit gua saja mencapai 200 meter lebih. Sementara bagian dalam yang sudah dieksplorasi baru 5 kilometer saja.

Gua ini menyimpan banyak keajaiban. Bagian dalamnya seolah dunia lain. Ada hutan lebat, kolam jernih, dan sungai yang mengalir deras. Iklim di dalam pun berbeda dengan alam sekitarnya. Selalu ada kabut tipis yang menyelimuti gua.

6. Angels Billabong

Wisata Angels Billabong

Bagi yang belum mengetahui arti billabong, ini adalah istilah untuk menyebut muara sungai yang buntu. Kata ini kemungkinan berasal dari bahasa Aborigin. Kalau biasanya billabong berupa ceruk berair keruh kecokelatan, di Indonesia ada sebuah billabong yang dekat dengan laut dan memiliki pemandangan luar biasa.

Angel's Billabong merupakan permata tersembunyi di Nusa Penida, Bali. Ceruk yang ditinggalkan sungai membentuk kolam temporer dengan air berwarna hijau biru yang indah dipandang. Bisa juga digunakan untuk berendam atau berenang, asalkan air laut tidak sedang pasang.

7. Durian

buah Durian

Seluruh dunia mengenal buah berduri lancip ini sebagai salah satu makanan dengan aroma paling tak sedap yang pernah ada. Tetapi di negara-negara Asia Tenggara, durian merupakan rajanya buah. Meskipun beraroma menyengat, daging buahnya yang tebal dan memiliki citarasa manis bikin banyak orang ketagihan.

Ada ratusan varietas durian yang dibudidayakan di Asia Tenggara. 300 Di antaranya berasal dari Thailand. Tetapi Indonesia dan Malaysia pun memiliki puluhan varietas durian unggul dengan kualitas ekspor. Ada pula jenis durian yang aromanya tak menyengat. Tetapi bagi para penggemar durian sejati rasanya dianggap kurang 'nendang'.

Itulah hal-hal unik dan aneh yang cuma ada di Asia Tenggara. Ternyata cukup banyak keajaiban yang dimiliki kawasan ini, bukan?


loading...

Tags:
Amel Widya
Gak ah, biar pada penasaran... Hehehe...