8 Fitur Motor Jadul yang Hilang Pada Motor Jaman Sekarang

1366 views

Tak dipungkiri, kini kemajuan pasar dan tingginya tingkat persaingan antar pabrikan dalam menelurkan produk-produk baru kian memanas, kini konsumen benar-benar dibuat “mabok” dengan banyaknya pilihan yang disediakan oleh berbagai pabrikan besar motor di Tanah Air. Teknologi yang diterapkan pun semakin advanced walau tanpa disadari. Kini kita sudah kehilangan fitur-fitur “penting” yang dianggap sepele oleh konsumen. Apa sajakah fitur-fitur yang dimaksud?

1.Ketengkas / Tutup Rantai

tutup rantai

Ketengkas, yang berasal dari dua suku kata Keteng yang berarti rantai dan Kas / Case yang berarti pelindung atau penutup. Fitur ini sedianya berfungsi untuk melindungi kaki boncenger dari bahaya terselip di rantai gear terutama bagi kaum wanita yang suka dibonceng dalam posisi menyamping. Fungsi lain dari Ketengkas ini juga agar rantai terlindungi dari kotoran dan percikan air, sehingga pelumasan rantai lebih awet dan umur rantai lebih panjang. Sayang karena orang Indonesia sepertinya lebih suka kesan sporty fitur ini banyak dilepaskan dan akhirnya pabrikan pun menghapus fitur ini dari produk-produk motor barunya.

2. Kunci Garpu / Kunci Roda

Kunci Garpu

Dahulu fitur ini adalah fitur keamanan yang diberikan oleh pabrikan untuk sepeda motor yang dijual. Fitur ini amat berguna untuk mengantisipasi maling karena kuncinya sendiri berdesain khusus membentuk tiga sudut (pada motor-motor Honda). Namun sepertinya lagi-lagi masyarakat kita kurang memanfaatkan fitur ini karena dianggap tidak terlalu penting.

3. Sein bersuara

motor yamaha f1z R

“piiip…. piiiip…. piiipp” Ciri khas sign bersuara ini tentu lekat dengan bebek-bebek keluaran Yamaha. Yap, yang mengaplikasi buzzer sein bersuara ini adalah Yamaha Force One / F1zR. Walau dianggap lucu karena bunyinya seperti sein truk yang mau mundur fitur ini bagi dirasa berguna sekali lho ! Setidaknya bisa membuat kita aware bila ada yang mau menyalip dari belakang ketika berjalan pelan dan bagi si pengendara bisa aware ketika dia lupa mematikan seinnya. Sayang fitur ini sudah hilang.

4. Saklar Lampu Motor

Saklar Lampu Motor

Kalau yang satu ini lucu.. lucu banget !!! alasannya adalah agar kita mematuhi peraturan Lalu Lintas dengan menyalakan lampu besar pada siang hari, demi mengurangi angka kecelakaan karena pengendara dari arah lawan tidak menyadari ada kendaraan roda dua di depannya. Helloo… itu matahari masih kurang terang apa dan emang pengendara di jalan pada picek semua apa ngga bisa lihat objek didepannya? Mungkin kepengen ikut-ikutan tren DRL di Eropa yang notabene kawasan Eropa adalah negara-negara dengan berbagai musim. Wajar lah kalau DRL dibutuhkan misal musim salju pasti jarak pandang berkurang belum lagi negara-negara kawasan utara eropa terkadang siangnya tidak begitu terik cenderung bernuansa mendung. Mereka justru memberi nama fitur ini “AHO”. Hebat ya ini masih bisa dibilang fitur..

Baca Juga :  Inilah 10 Kisah Erotis yang Disembunyikan Tokoh-tokoh Terkenal Dunia

5. Jepitan Jok / Karet Jok / Jepitan Dokumen

motor jadul

Fitur ini lebih sering disepelekan kadang hampir tidak pernah digunakan. Dahulu punya sepeda motor dengan fitur ini lebih seringnya didudukin padahal selain cuma jadi hiasan seperi pita fitur ini bisa digunakan untuk menjepit dokumen, jas hujan, atau sebagai pegangan.

6. Rak Tambahan

motor jadul honda

Rak ini biasanya ditaruh di depan body motor dan sering terdapat pada varian motor bebek. fungsinya sama bisa buat jepitan dokumen atau bisa juga dijadikan cantelan kresek belanjaan.

7. Slot Gembok Di Standar Tengah

gembok motor

Fitur ini banyak yang tidak menyadarinya dan memang tidak pernah tahu. Karena kebanyakan pengguna motor di Negeri kita begitu beli motor ya dipakai aja, masalah keamanan? ya cukup dikunci stang.. Padahal fitur ini tercantum pada pedoman pemilik. Salah satunya terdapat pada Motor Honda Astrea Grand / Impressa. Jadi pas meninggalkan motor bisa digembok di standarnya.

8. Knalpot Full Chrome

knalpot motor

Manfaatnya ada di estetika motor dan di dompet !! Ya.. dengan knalpot full chrome kita tidak usah was-was knalpot bakal karatan terutama di lehernya seperti yang dialami motor-motor jaman sekarang. Efek di dompetnya ini adalah menghemat pengeluaran untuk belanja knalpot baru walau sudah berjalan pemakaian hingga lebih dari 5 tahun. Coba deh lihat motor sekarang pasti ada saatnya harus ganti knalpot atau jajan ke tukang reparasi / cat.


loading...

Tags:
Yoga Saputra
Aku biasa aja sih, hanya anak orang biasa yang suka sama hal-hal yang luar biasa !

Jangan Lewatkan...