5 Pengobatan Tradisional Indonesia yang Tak Akan Pernah Punah

1356 views

Sebagai masyarakat asli Indonesia, tentunya kita telah mengenal berbagai pengobatan tradisional khas dari berbagai suku di Indonesia. Selain karena dilakukan menggunakan cara-cara tradisional, obat-obat yang digunakan juga berasal dari bahan-bahan alami. Harga yang terjangkau juga menjadi daya tarik orang Indonesia masih percaya dengan pengobatan tradisional.

Biasanya, pengobatan tradisional yang banyak dilakukan berdasarkan warisan turun-temurun keluarga. Ada juga berdasarkan adat istiadat setempat dan kebiasaan masyarakat sekitar. Menurut penelitian, pengobatan secara tradisional khas masyarakat Indonesia ini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan terutama dalam hal penyembuhan.

Baca Juga : Pengobatan tradisional ini disebut paling gila didunia

Pengobatan tradisional tentunya tak lepas dari obat-obatan tradisional yang juga merupakan paketan dari pengobatan tradisional. Sudah bayak pengobatan tradisional yang berkembang di kalangan masyarakat Indonesia. Mulai dari pengobatan yang berasal dari suku-suku setempat sampai pengembangan oleh masyarakat modern Indonesia bahkan adajuga pengobatan tradisional dari luar negeri. Karena perkembangannya mulai banyak dan ada juga sebagian pengobatan dilakukan hanya untuk mencari keuntungan dan tidak bermanfaat bagi pasien, oleh karena itu kita harus selektif dalam memilih pengobatan tradisional yang baik untuk kita.

Dibawah ini lima macam atau metode pengobatan tradisional asli Indonesia yang bermanfaat dan takkan pernah punah oleh zaman serta masih ada sampai saat ini.

1. Jamu

bakul jamu

Semua orang Indonesia pastinya mengenal obat yang satu ini. Obat tradisional dari Indonesia ini sangat populer dikalangan masyrakat menengah kebawah. Obat ini terbuat dari bahan-bahan alami yang bermanfaat seperti akar dari tumbuh-tumbuhan, daun-daunan, buah, kulit batang, kuning telur ayam kampung, empedu ular dan kambing, serta ada juga yang menggunakan tangkur buaya. Biasanya obat-obatan ini dijual menggunakan sepeda dan ada juga yang digendong yang biasa disebut jamu gendong.

Baca Juga :  Inilah 10 Kisah Erotis yang Disembunyikan Tokoh-tokoh Terkenal Dunia

2.Pijat

pijetan

Pijat juga merupakan salah satu pengobatan tradisional ala orang Indonesia. Pengobatan ini banyak memiliki manfaat seperti relaksasi untuk mengembalikan kebugaran, mengobati patah tulang, meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh dan banyak lagi.

3. Ruwat

ruwatan

Ruwat merupakan pengobatan khas adat Jawa. Istilah ruwat berasal dari Ngaruati yang berarti menjaga dari kecelakaan dewa Batara. Biasanya dilakukan ketika anak sedang sakit, ada juga ketika sedang terkena sial, susah mencari kerja, dll. Pada umumnya pengobatan ini dilakukan untuk menghilangkan segala sesuatu yang negatif di sekitar anda.

4. Gurah

gurah

Gurah merupakan pengobatan tradisional dengan mengeluarkan lendir dari dalam tubuh menggunakan ramuan herbal yang berupa ekstrak dari daun srigunggu. Namun dalam perkembangannya, ada juga beberapa pengobatan gurah menggunakan ekstrak daun berkhasiat lainnya. Biasanya pengobatan ini dilakukan dengan cara memasukkan ekstrak daun tersebut kedalam mulut atau hidung untuk membersihkan tenggorokan. Kini pengobatan ini juga dapat membersihkan bagian tubuh lainnya yang berlendir.

5. Kerokan

kerokan

Kerokan juga merupakan pengobatan alternatif secara tradisional untuk menghilangkan gejala masuk angin dengan metode pijat menggunakan koin atau bawang merah pada tubuh yang telah dilumuri minyak seperti minyak kelapa, minyak olive, minyak telon, dll. Pengobatan ini masih populer di kalangan anak kecil, dewasa bahkan orang tua di Indonesia.

Itulah kelima pengobatan tradisional yang masih ada sampai saat ini dan bahkan masih populer di kalangan masyrakat Indonesia.

Jangan lupa untuk tetap memperhatikan kesehatan.


loading...

Wanwan Max
Hanyalah orang biasa (bukan luar biasa), pendiam (tapi banyak omong), suka hal-hal yang menarik (ya iya lah, kalo gak menarik gak mungkin suka dong...), dan asik juga kalo diajak ngobrol (kalo udah kenal sih....) apalagi diajak makan-makan bareng... Hehehe... (tapi dibayarin)

Jangan Lewatkan...