4 Kalimat yang Sering Diucapkan di Warteg

1055 views

Apa tempat makan favorit yang sering banget dikunjungi orang Indonesia, sudah pasti jawabannya adalah Warung Tegal atau Warteg. Warteg adalah warung makan untuk kelas menengah ke bawah, tapi gak menutup kemungkinan juga sih kalau orang tajir makan di sini paling mereka mintanya dibungkus dan yang disuruh beli asisten rumah tangganya.

Kalimat-yg-Sering-Diucapkan-di-Warteg
Pertumbuhan warung tegal atau warteg di Jakarta terbilang sangatlah signifikan. Di tahun 2010 saja ada hampir 26.900 warteg tumbuh di Jakarta. Saking banyaknya warteg di Jakarta, pemerintah sempet ingin menerapkan pajak bagi para pengusaha warteg ini. Tapi dibalik enak dan murah meriahnya warteg kadang kamu merasa kebingungan saat mendengar beberapa pertanyaan yang diajukan pelayan warteg. Maklum saja, namanya juga warung tegal sudah pasti karyawannya berasal dari etnis Jawa. Biar gak bingung saat masuk ke warteg sebaiknya simak beberapa kalimat yang sering diucapkan di warteg di bawah ini :

Karo Kikil, Karo Usus, Karo Orek

Biasanya kalimat ini muncul ketika kamu akan memilih lauk pauk untuk dikonsumsi. Kalimat ini pun sudah pasti langsung direspon oleh para karyawan warteg.

Mangane Karo Opo Mas?

orek-tempe

Kalimat pertanyaan ini muncul setelah kamu selesai bersantap ataupun saat akan bersantap. Para pelayan warteg bertanya agar mereka mengetahui lauk apa saja yang sudah kamu makan. Maklum saja, biasanya kalau kamu makan di warteg gak cuman nasinya aja yang banyak tapi juga lauk suka dicampur, karo usus, karo kikil, dan telur dadar.
Warteg-bayar-pajak

Setelah kamu menerima pertanyaan tersebut sudah saatnya kamu kembali bertanya berapakah harga makanan yang telah kamu konsumsi. Tapi ingat, usahakan kembali bertanya dengan menggunakan bahasa Jawa yaitu ‘Piro Mba’?

Wes Mba!

pelayan

Jangan ragu-ragu untuk mengeluarkan kalimat yang satu ini kalau kamu memang sudah merasa kenyang dan ingin segera membayar makannnya. Kalimat ‘Wes Mba’ adalah pertanda jika kamu menyudahi sebuah pembicaraan dengan pelayan warteg, atau juga bisa memberitahu pelayan warteg jika kamu telah selesai makan dan memintanya untuk berhitung berapa uang yang harus kamu bayar.


loading...

Tags:
Wanwan Max
Hanyalah orang biasa (bukan luar biasa), pendiam (tapi banyak omong), suka hal-hal yang menarik (ya iya lah, kalo gak menarik gak mungkin suka dong...), dan asik juga kalo diajak ngobrol (kalo udah kenal sih....) apalagi diajak makan-makan bareng... Hehehe... (tapi dibayarin)