Meningkatkan EBT ( Energi Baru Terbarukan )

1197 views

EBT atau energi baru terbarukan merupakan sebuah energi yang memiliki lahan luas dan tidak akan pernah habis, karena energi ini didapat secara alami dari alam, beberapa energi yang kita akan rasakan manfaatnya secara berkepanjangan, seperti biofuel, panas bumi, panas surya, air, angin, biomassa, biogas, suhu kedalaman laut, dan ombak laut. Beberapa energi ini sudah yakin memiliki fungsi aman terhadap lingkungan meski dipakai dalam sekala besar.

Sebenarnya kalau kita memiliki jiwa kreatif dan inovatif semua energi yang ada di sekeliling kita bisa dimanfaatkan sebagai energi kebutuhan, seperti, listrik, bahan bakar, dan untuk memasak. Sungai yang memiliki kemiringan dan air besar, bisa dijadikan energi listrik melalui dinamo.

Daerah perkampungaan yang memiliki akses jalan terjal dan sulit dilalui kendaraan, sehingga tidak terpasok listik oleh pihak PLN, bisa menggunakan energi yang berasal dari air, atau udara, untuk mendapatkan energi listrik. Energi alam lainnya seperti batu bara sangat berpengaruh besar dalam pengadaan energi. Indonesia merupakan negara penghasil batu bara, namun dalam hal ini kita masih belum mampu memanfaatkan batu bara sebagai bahan energi secara menyeluruh, padahal energi listrik bisa dipasok melalui batu bara ini.

Energi baru terbarukan harus dipertahankan dengan cara kita peduli terhadap lingkungan, menjaga lingkungan dengan baik, serta harus berani melepas hal yang dapat merusak alam sekitar kita. Ketersediaan energi bumi tidak akan pernah habis kalau kita bisa memanfaatkan serta menjaganya dengan baik, disamping itu melestarikan alam harus menjadi tujuan utama kita.


loading...

Tags:
Wanwan Max
Hanyalah orang biasa (bukan luar biasa), pendiam (tapi banyak omong), suka hal-hal yang menarik (ya iya lah, kalo gak menarik gak mungkin suka dong...), dan asik juga kalo diajak ngobrol (kalo udah kenal sih....) apalagi diajak makan-makan bareng... Hehehe... (tapi dibayarin)