Saatnya Memanfaatkan Sampah untuk Mendulang Banyak Rupiah

364 views

Memulai bisnis nyatanya tidak sesulit yang Anda bayangkan. Kini bukan cuma peluang bisnis investasi yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan keuntungan. Hal-hal sederhana di sekitar Anda juga dapat menjadi sarana penghasil rupiah. Salah satunya adalah memanfaatkan sampah dengan cara yang tepat.

kerajinan tas dari limbah plastik

Sampah yang selama ini dianggap sebagai masalah besar ternyata bisa jadi sumber rezeki bagi sebagian orang. Inspirasi bisnis berikut ini tentu akan membuat Anda lebih peduli dengan sampah sekaligus cermat memanfaatkannya untuk memperoleh keuntungan:

Bisnis Kerajinan Tangan dari Limbah

Bisnis kerajinan tangan dari limbah bukanlah hal asing bagi masyarakat Indonesia. Kreativitas seniman tanah air mampu mengolah aneka jenis limbah menjadi kerajinan tangan bernilai ekonomis. Anda tentu sudah familiar dengan kerajinan tangan dari kemasan plastik, eceng gondok, atau limbah bubur koran. Berbekal ketelitian dan sentuhan seni yang tinggi, limbah-limbah tersebut tak akan mencemarkan lingkungan karena dimanfaatkan secara efektif.

Bijih Plastik Siap Pakai

Bijih plastik siap pakai yang dijual ke sejumlah industri penghasil barang plastik merupakan hasi daur ulang dari sampah plastik. Para pemulung dan pengepul barang bekas bahu membahu mengumpulkan sampah plastik untuk dijual dalam hitungan kilogram. Selanjutnya, sampah plastik tersebut diolah menjadi bijih plastik siap pakai dan dikelompokkan berdasarkan kualitasnya. Dengan demikian, risiko pencemaran akibat sampah plastik dapat diminimalkan.

Mengolah Sampah Kardus Agar Menjadi Produk Baru

Selain bijih plastik, geliat bisnis sampah kardus pun tak kalah menjanjikan. Sampah-sampah kardus bisa diolah menjadi aneka kerajinan tangan atau kardus baru dengan kualitas lebih rendah. Industri pengolahan sampah kardus memang selalu butuh persediaan kardus bekas dalam jumlah besar agar proses operasionalnya berlangsung lancar.

Melirik Peluang Bisnis Pupuk Kompos dan Pupuk Kandang

Bukan hanya sampah yang sulit diuraikan yang bisa dimanfaatkan untuk berbisnis. Anda juga bisa memanfaatkan sampah organik dan kotoran hewan untuk merintis bisnis pupuk. Industri pupuk alami kini semakin diminati karena minim efek samping terhadap tanaman. Proses pengolahan berteknologi modern pasti bisa menghasilkan pupuk alami yang tahan lama dan kaya manfaat.

Kalau nanti sudah berhasil mendapatkan keuntungan dari bisnis sampah, jangan lupa berinvestasi di Mekar.id. Selain menjadi sarana investasi terbaik, Mekar.id juga memudahkan Anda mendukung pengembangan UMKM lain. Bukan hanya mendapatkan keuntungan dan merintis bisnis besar, Anda juga bisa memberikan manfaat yang tak kalah baik bagi UMKM di Indonesia.


loading...

Wanwan Max
Hanyalah orang biasa (bukan luar biasa), pendiam (tapi banyak omong), suka hal-hal yang menarik (ya iya lah, kalo gak menarik gak mungkin suka dong...), dan asik juga kalo diajak ngobrol (kalo udah kenal sih....) apalagi diajak makan-makan bareng... Hehehe... (tapi dibayarin)