Ingin Diterima Kerja? Hilangkan 10 Kata ini Dalam Lamaran Kerja

 

AndaiKata.com - Anda harus mempersiapkan sebuah surat lamaran kerja secara seksama. Banyak orang yang memiliki kualitas individu yang baik gagal dalam mendapatkan pekerjaan impiannya hanya karena kesalahan kecil yang ada pada surat lamaran kerja. Apa saja yang perlu Anda perhatikan untuk menghindarinya?

Pilihan kata-kata yang Anda masukkan dalam surat lamaran pekerjaan dapat menunjukkan pribadi Anda sejak awal. Menurut sebuah riset yang dilakukan oleh situs lowongan pekerjaan terbesar di dunia, LinkedIn, kata-kata yang amat umum digunakan oleh para pelamar pekerjaan adalah sebagai berikut:

1. Responsible (bertanggung jawab)
2. Strategic (strategis)
3. Creative (kreatif)
4. Effective (efektif)
5. Patient (sabar)
6. Expert (ahli di bidangnya)
7. Organizational (teratur)
8. Driven (bisa dipimpin)
9. Innovative (inovatif)
10. Analytical (berkemampuan analisis)

Kemudian, LinkedIn juga menemukan bahwa banyak perusahaan menolak sebagian besar pelamarnya karena menggunakan 10 kata-kata di atas. Alasannya, sudah terlalu banyak orang yang memakai kata-kata tersebut dalam surat lamaran pekerjaan, dan perusahaan mencari karyawan yang 'tidak pasaran'.

Menurut salah satu konsultan LinkedIn, Nicole Williams, para pencari kerja di luar sana harus menunjukkan kelebihan apa yang mereka miliki sejak dari awal melamar kerja. Caranya? Carilah padanan kata yang lebih jarang dipakai orang-orang pada umumnya untuk mendeskripsikan maksud dari 10 kata-kata di atas. Atau, Anda juga bisa memilih alternatif lain dengan menggambarkan 10 kualitas individu di atas dengan gambar-gambar kreatif atau foto diri Anda.

 

@andaikatacom


loading...

Tags:
Wanwan Max
Hanyalah orang biasa (bukan luar biasa), pendiam (tapi banyak omong), suka hal-hal yang menarik (ya iya lah, kalo gak menarik gak mungkin suka dong...), dan asik juga kalo diajak ngobrol (kalo udah kenal sih....) apalagi diajak makan-makan bareng... Hehehe... (tapi dibayarin)