9 Peluang Usaha yang Cocok di Bulan Puasa

1396 views

Bulan suci ramadan memang selalu menjadi bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat Muslim setiap tahunnya berlomba-lomba melaksanakan ibadah. Tak hanya itu, bulan puasa ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mencari keuntungan yang besar dengan membuka usaha dadakan, mulai dari saat menjelang bulan puasa hingga memasuki hari raya lebaran.

Meningkatnya kebutuhan masyarakat selama bulan ramadan yang dipengaruhi oleh pola konsumsi yang sangat tinggi ini membuat sejumlah orang yang tergerak pada berbagai bidang usaha dari mulai skala yang paling kecil, yaitu membuka lapak dadakan di rumah-rumah sampai pada tingkat tertinggi yang biasa dilakukan pebisnis lama untuk meningkatkan jumlah produksinya.

Berikut ini adalah sembilan jenis usaha yang paling dilirik untuk dijadikan peluang yang besar selama bulan ramadan hingga menjelang Hari Raya Lebaran.

1.Makanan Takjil

Segala jenis makanan yang disajikan pada saat berbuka puasa atau biasa disebut dengan takjil selalu menjadi incaran. Berbagai jenis makanan, seperti risol, bakwan, tempe goreng, tahu goreng, pisang goreng, kroket, pastel, martabak, asinan, kolak, dan bubur sum-sum menjadi incaran orang-orang yang ingin berbuka puasa.

2. Minuman Berbuka Puasa

Ramainya jalanan menjelang berbuka puasa juga dikeliling oleh penjual minuman. Berbagai jenis minuman, seperti es teh, es kelapa, es campur, es buah, sop buah, es pisang ijo, segala macam jus buah juga menjadi buruan orang-orang yang akan berbuka puasa.

3. Kue Lebaran

Memasuki bulan suci ramadan, masyarakat tentunya juga menunggu datangnya hari kemenangan di Hari Raya Idul Fitri. Di hari kemenangan tersebut, masyarakat menyiapkan segala hidangan yang akan disajikan kepada para tamu yang akan berkunjung ke rumahnya.

4. Busana Muslim

Dimulai dari bulan suci ramadan, seringkali terlihat jelas dari tampilan para wanita yang tiba-tiba tergerak untuk mengenakan busana muslim atau biasa disebut dengan hijab. Bagi muslimah yang saat ini berani tampil fashionable sejalan dengan perkembangan mode kini bisa hadir dengan berbagai tampilan, seperti kerudung, jilbab, bergo, inner ninja, asesoris bros, shawl, kaftan, kimono dress, victorian dress, half batwing dress, hareem pants, dan berbagai model busana tertutup lainnya.

5. Perlengkapan Ibadah Salat

Gencarnya umat muslim yang sedang menjalankan ibadah sebanyak-banyaknya di bulan suci ramadan ini membuat mereka mempersiapkan perlengkapan sholat agar ibadah yang mereka semakin giat menjalankan ibadahnya. Beberapa perlengkapan ibadah ini, antara lain mukena, kain sarung, sajadah, tasbih, dan al-Qur’an.

6. Buah-buahan

Selain makanan yang sebelumnya telah disebutkan, buah-buahan ternyata juga tetap laris selama bulan puasa. Buah-buahan ini tetap dicari oleh masyarakat pada saat berbuka puasa karena mengandung berbagai vitamin yang diperlukan tubuh agar tetap fit. Ada beberapa jenis buah yang laris menjelang buka puasa, yaitu timun suri, blewah, kolang-kaling, dan kurma.

7. Ketupat

Makanan pada saat bulan puasa hingga menjelang hari raya lebaran memang menjadi kebutuhan utama yang selalu laris untuk dijadikan peluang usaha. Jenis makanan berikutnya adalah ketupat yang biasa identik dengan ciri khas hari lebaran.

8. Kembang Api

Bulan ramadan memang membawa berkah bagi setiap umat muslim dan memberikan keceriaan bagi yang merayakannya. Keceriaan pada malam-malam bulan puasa biasanya diwarnai oleh kembang api.

9. Parsel

Barang yang biasanya ditunggu-tunggu saat menjelang hari raya lebaran adalah kiriman parsel dari rekan-rekan. Parsel ini menjanjikan peluang yang cukup besar di hari raya, termasuk di hari lebaran. Meskipun, saat ini ada peraturan untuk menolak kiriman parsel yang diidentikan sebagai bentuk suap.


loading...

Wanwan Max
Hanyalah orang biasa (bukan luar biasa), pendiam (tapi banyak omong), suka hal-hal yang menarik (ya iya lah, kalo gak menarik gak mungkin suka dong...), dan asik juga kalo diajak ngobrol (kalo udah kenal sih....) apalagi diajak makan-makan bareng... Hehehe... (tapi dibayarin)